Cara Yang Tepat Untuk Menambah Efektifitas Obat

pengobatan diabetes

pengobatan diabetes

Obat dapat digunakan untuk menentukan diagnosis, meredakan dan menyembuhkan keluhan suatu penyakit, merawat kondisi tubuh si pengidap penyakit serta mencegah terjadinya penyakit.

Cara yang paling tepat untuk menambah efektifitas obat, umumnya obat diharuskan untuk diminum dengan air putih. Sebaiknya jangan minum obat dengan menggunakan minuman, seperti teh, susu, kopi, soda, minuman beralkohol, minuman energi mapupun dengan jus buah dan sayur.

Bila kita minum obat selain dengan air putih, dikhawatirkan dapat merubah sifat serta kerja dari obat yang kita minum tadi dalam pencernaan. Kecuali, ada beberapa obat yang memang membutuhkan pelarut yang khusus. Jika cairan pelarut khusus tersebut sudah kita dapatkan, baru obat tersebut bisa diminum beserta dengan pelarut khususnya.

Cara minum obat juga berbeda-beda menurut kelompok atau jenis obatnya. Ada obat yang diminum sebelum makan, ada yang diminum sesudah makan atau bahkan ada juga obat yang diminum pada saat kita makan. Semuanya tergantung dari jenis dan sifat dari obat itu sendiri.

Ada jenis obat yang baru bisa diserap serta dapat bekerja dengan baik ketika lambung dalam keadaan kosong. Obat seperti ini tidak boleh diminum dengan menggunakan pisang karena lambung harus dalam keadaan benar-benar kosong. Maka, bila obat ini diminum dengan pisang maka reaksinya akan berbeda.

Ada juga obat yang baru bisa bekerja ketika lambung dalam keadaan sudah terisi.Maka dari itu, ada baiknya untuk lebih mengenali jenis obatnya agar proses pengobatan menjadi lebih efektif. Selain itu kita perlu mengetahui fungsi dari obat yang kita minum dan kondisi seperti apa yang bisa membuat obat tersebut dapat diserap oleh tubuh kita dengan baik.

Ada obat yang hanya diminum 2 kali atau 3 kali, bahkan ada juga obat yang baru bisa bekerja dengan baik setelah diminum sampai 8 kali. Biasanya obat yang harus diminum sampai 8 kali seperti ini funginya untuk mempertahankan kadar obat dalam tubuh kita tetap ada.

Dari berbagai macam pilihan metode serta berbagai jenis pengobatan yang ada di jaman modern seperti sekarang ini, tidak sedikit masyarakat yang memilih obat-obatan yang harganya murah, dengan maksud agar tubuhnya kembali sehat seperti sedia kala dengan biaya yang lebih murah.

obat-obatan

obat-obatan

Namun, penurut para pakar kesehatan dibidang obat-obatan, mereka mengatakan bahwa hubungan antara harga serta keampuhan dari suatu jenis obat tidak dapat disamakan.

Obat-obatan yang harganya lebih mahal belum tentu lebih ampuh untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Maka dari itu, perlu pembuktian yang semuanya sangat tergantung pada jenis kasus penyakitnya.

Selain itu, untuk mengurangi ongkos atau biaya pengobatan suatu jenis penyakit, kita juga tidak diharuskan untuk memilih obat yang harganya lebih murah. Jadi, intinya disini metode pengobatan yang efisien tidak hanya dilihat dari segi kualitas saja, kita juga harus melihatnya dari segi kuantitas.

Selain melihat segi kuantitas dan kualitas dari jenis obat untuk metode pengobatan penyakit tertentu, kita juga bisa melakukan beberapa cara yang lain agar obat yang kita minum dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit yang kita alami.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menambah efektifitas dari metode pengobatan, meliputi:

  • Mengetahui obat yang cocok untuk diri sendiri

Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang berbeda-beda. Agar metode pengobatan lebih efektif lagi, maka kita perlu mengetahui obat apa yang paling cocok untuk diri kita sendiri. Ada begitu banyak obat yang dijual bebas dipasaran. Misalnya, obat sakit kepala. Merk obat sakit kepala saja sudah begitu banyak yang ada di pasaran. Obat yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok juga untuk kita. Jadi kita harus mengetahui dan mencoba, sampai kita menemukan jenis obat yang paling tepat untuk kita agar obat yang kita minum tadi dapat mempercepat kesembuhan.

  • Kepatuhan dalam minum obat
minum obat

minum obat

Obat yang kita minum akan memberikan reaksi yang baik pada tubuh kita. Agar tubuh kita bisa kembali seperti sedia kala,minum obat saja tidak cukup. Kita juga perlu patuh dan disiplin dalam minum obat. Bila anda sudah mematuhi aturan dalam minum obat namun penyakitnya masih belum sembuh juga, berarti obat tersebut dapat dikatakan tidak manjur karena tidak memberikan reaksi yang baik sesuai dengan yang kita inginkan.

Meskipun obat yang paling ampuh sudah kita minum, namun bila kita tidak mematuhi aturan dalam hal minum obat, maka obat terebut tidak akan menimbulkan reaksi apa-apa. Penyakit yang anda alami juga tidak akan sembuh-sembuh. Seandainya obat yang anda minum tadi harganya mahal, dan anda tidak disiplin dalam hal minum obat tersebut, maka semuanya akan percuma. Maka dari itu, agar metode pengobatan yang kita jalani lebih efektif lagi, sebaiknya kita patuh dan disiplin dalam minum obat.

  • Catatan tentang obat

Biasakan untuk membuat semacam catatan tentang obat apa aja yang pernah anda minum. Catat nama atau merk dari obat tersebut dan catat juga semua reaksi pada tubuh kita dari obat tersebut. Catatan seperti ini akan sangat berguna bagi anda nantinya. Karena pemberian obat yang tidak sesuai dengan penyakit anda nantinya bisa saja memperpanjang dan bahkan bisa saja memperparah kondisi penyakit yang anda alami.