Dampak Dari Kekurangan Serta Manfaat Dari Vitamin B12

vitamin B12

vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin, merupakan salah satu vitamin yang penting bagi kesehatan kita. Vitamin B12 dapat kita peroleh dari protein yang ada dalam tubuh selama proses pencernaan protein. Kondisi seperti ini snagat membutuhkan asam klorida.

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Vitamin B12 memiliki fungsi sebagai menjaga otak, system saraf serta ikut berperan dalam pembentukan sel darah. vitamin B12 juga ikut terlibat dalam proses metabolism sel dalam tubuh, khususnya dalam proses sintesis serta regulasi DNA pada system asam lemak, serta dalam peroses produksi energy.

Vitamin B12 merupakan kumpulan berbagai senyawa yang terhubung secara kimiawi dan semuanya memiliki aktivitas sebagai vitamin. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat kompleks serta mengandung elemen kobal yang jarang tersedia secara biokimia.

Kobal hanya bisa disintesis oleh bakteri dan diubah menjadi berbagai bentuk yang berbeda dalam tubuh. Salah satu bentuk sintesis dari kobal adalah sianokobalamin. Sianokobalamin tidak tersedia di alam. Sianokobalamin nantinya akan diubah lagi menjadi metilkobalamin serta adenosilkobalamin.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berkurangnya sensasi pada tangan maupun kaki, hilangnya memori, buruknya koordinasi saat berjalan, mengantuk, insomnia, sembelit serta sakit kepala.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 terkadang ditandai dengan adanya depresi, masalah pada organ mata, pembengkakan lidah, gangguan pada pendengaran, gangguan pada system saraf serta rasa nyeri pada bagian mulut. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B12 juga cenderung mengalami penurunan berat badan secara drastic, mual-mual serta kelelahan kronis.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Beberapa jenis makanan, seperti hati sapi, tiram, tuna, daging ayam, keju, salmon, susu serta yoghurt, kaya akan vitamin B12. Makanan lainnya, seperti telur, daging domba, kefir, kerang serta produk hewani lainnya juga mengandung vitamin B12.

Sebenarnya vitamin B12 banyak terdapat pada berbagai jenis makanan produk hewani. Vitamin B12 juga terdapat dalam kacang-kacangan, almond, sayuran berdaun hijau serta sereal.

Ada begitu banyakan mafaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin B12, seperti:

  • Memelihara sel

Vitamin B12 mampu menjaga serta memelihara berbagai jenis sel dalam tubuh kita. Vitamin B12 ikut berperan dalam pembentukan, perbaikan serta menjaga kesehatan sel-sel darah merah. Selain itu, vitamin B12 juga ikut memelihara sel-sel saraf yang ada dalam tubuh. Dnegan adanya vitamin B12, maka berbagai sel serta system saraf akan menjadi semakin kuat dan sehat.

  • Mencegah Alzheimer
alzheimer

alzheimer

Vitamin B12 juga mampu mencegah terjadinya Alzheimer. Alzheimer ditandai dengan gejala seperti kebingungan serta menurunnya fungsi kognitif. Banyak sekali laporan medis yang menyatakan bahwa pengidap Alzheimer cenderung memiliki kadar vitamin B12 yang sangat rendah dalam tubuhnya. Alzheimer terjadi karena kurangnya sel darah merah pada organ otak serta degenerasi sel-sel organ otak. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 akan meningkatkan produksi sel darah merah dan memperbaiki sel-sel otak, sehingga nantinya akan menjauhkan kita dari Alzheimer.

  • Mencegah kanker payudara

Banyak sekali pengidap kanker payudara yang ternyata mengalami kekurangan vitamin B12. Dalam tubuh, vitamin B12 akan ikut menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin B12 akan baik sekali untuk mencegah terjadinya maupun perkembangan dari sel kanker dalam tubuh.

  • Ikut membentuk DNA

Vitamin B12 merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan DNA yang ada dalam tubuh manusia. Sel-sel dalam tubuh akan bergabung dengan berbagai vitamin dalam proses pembentukan DNA. Bila seseorang mengalami kekurangan vitamin B12, maka formasi selnya menjadi tidak beraturan dan tidak dapat berfungsi secara normal. Hal ini nantinya akan menyebabkan terjadinya anemia dalam tubuh manusia.

  • Mengurangi kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 akan ikut membantu dalam hal menurunkan kadar kolesterol, khususnya kolesterol jahat dalam tubuh kita. Selain itu, vitamin B12 juga ikut mengendalikan kadar trigliserida, yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan organ hati.

  • Mencegah anemia

Vitamin B12 dianggap sebagai komponen alami yang baik dalam mengobati berbagai bentuk dari penyakit anemia. Vitamin B12 nantinya akan mengisi kekurangan dalam hal produksi maupun menjaga kesehatan sel-sel darah merah dalam tubuh. Sehingga sel darah merah dalam tubuh kita menjadi tetap sehat dan selalu dalam keadaan normal.

  • Mencegah anemia sel sabit
anemia sel sabit

anemia sel sabit

Anemia sel sabit merupakan salah satu penyakit keturunan yang ditandai dengan adanya sel darah merah yang berbentuk seperti sabit. Sel darah merah yang normal seharusnya berbentuk bulat pipih, bukan berbentuk seperti sabit. Vitamin B12 mampu mencegah serta mengobati masalah kesehatan yang berbahaya seperti anemia sel sabit. Mengkonsumsi vitamin B12 nantinya akan membuat produksi sel darah merah menjadi semakin meningkat serta sel darha merah menjadi semakin sehat.

  • Mencegah kelelahan

Vitamin B12 mampu mencegah terjadinya kelelahan maupun kelemahan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 akan ikut meningkatkan stamina dan membuat tubuh anda tetap berenergi, untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.