Dampak Dari Minum Kopi Secara Berlebihan Bagi Kesehatan

kopi

kopi

Belakangan ini kegiatan minum kopi sudah seperti suatu keharusan tersendri bagi masyarakat dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan. Hampir diseluruh belahan dunia, minum kopi sudah menjadi budaya tersendiri bagi kalangan masyarakat.

Biasanya orang-orang minum kopi saat di pagi hari setelah sarapan. Selain itu orang-orang yang hidup di cuaca yang dingin juga suka mengkonsumsi kopi yang hangat untuk menghangatakan tubuhnya. Dan bagi pekerja kantoran, minum kopi umumnya dilakukan saat siang hari untuk mengusir stres.

Banyak sekali alasan yang membuat mereka menjadikan minum kopi sebagai sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Salah satu alasan yang paling umum sekali untuk mengkonsumsi kopi adalah untuk mengusir rasa kantuk.

Minum kopi dalam jumlah wajar yaitu 1 sampai 2 cangkir per hari tidaklah berdampak buruk bagi kesehatan, karena justru membuat tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Namun, yang dikhawatirkan adalah mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan. Minum kopi dalam jumlah yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kali ini kami akan membahas tentang dampak buruk dari minum kopi secara berlebihan bagi kesehatan kita, yaitu:

  • Mempercepat detak jantung

Minum kopi secara berlebihan lebih dari 4 cangkir dalam sehari, dapat mempercepat detak jantung. Dengan semakin cepatnya detak jantung maka hal seperti ini akan memicu munculnya penyakit jantung yang sangat berbahaya. Untuk pencegahan sebaiknya berhentilah minum kopi atau setidaknya kurangi asupan kopi harian anda.

  • Dapat memicu munculnya penyakit maag

Minum kopi secara berlebihan dapat memicu munculnya penyakit maag. Minum kopi dapat mempengaruhi produksi asam lambung. Bila kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak, maka asam lambung akan semakin meningkat dan nantinya akan memicu munculnya penyakit maag.

  • Sakit jantung dan stroke

Seperti point pertama, minum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain penyakit jantung, konsumsi kopi terlalu banyak juga dapat memicu munculnya penyakit stroke. Mengkonsumsi kopi terlalu banyak menyebabkan darah menyadi lebih pekat yang nantinya akan menimbulkan endapan lemak serta menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang nantinya menyebabkan penyakit jantung khususnya penyakit jantung koroner serta stroke.

  • Memicu insomnia

Minum kopi dalam jumlah wajar akan mencegah kantuk. Bila kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak, maka akan dapat mengganggu kesehatan kita. mengkonsumsi kopi terlalu banyak akan membuat kita mengalami insomnia atau sulit tidur. Akibatnya waktu istirahat kita menjadi semakin berkurang dan esok harinya kita jadi merasa lebih ngantuk lagi.

  • Berbahaya bagi wanita hamil

Wanita yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi. Mengkonsumsi kopi yang mengandung 100 mg kafein saja, akan dapat menyebabkan wanita tersebut mengalami keguguran. Alasan utama dari bahaya minum kopi bagi wanita hamil adalah, kopi dapat meningkatkan denyut jantung yang nantinya akan berpengaruh pada janin dalam kandungannya serta mampu menyerang plasenta dan kemudian masuk ke dalam sirkulasi darah bayi yang ada dalam kandungannya.

  • Membuat tubuh semakin lemah

Anda boleh percaya juga boleh tidak percaya. Minum kopi terlalu banyak dapat membuat tubuh menjadi semakin lemah. Karena, kandungan kafein dalam kopi mampu menyerap mineral serta vitamin yang sangat kita butuhkan dalam tubuh kita. Maka dari itu, tubuh kita justru menjadi semakin lemah setelah kita mengkonsumsi kopi

  • Menyebabkan dehidrasi

Minum kopi secara berlebihan juga dapat menyerap cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan kita dehidrasi. Untuk mencegah hal seperti ini cobalah untuk minum air putih sebanyak 2 gelas setelah anda mengkonsumsi kopi.

kopi dan biji kopi

kopi dan biji kopi

Selain bahaya mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak seperti diatas, bahaya lain dari mengkonsumsi kopi ternyata juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol seseorang. Sebenarnya, yang membuat kopi dapat mempengaruhi kadar kolesterol pada seseorang bukanlah berasal dari kandungan kafein yang ada dalam kopi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di US National Institute of Health pada tahun 2005 lalu terhadap beberapa responden yang suka mengkonsumsi kopi tanpa kafein sebanyak 6 cangkir dalam sehari selama 3 bulan lama, telah terbukti bahwa para responden tersebut memiliki kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuhnya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan orang yang jarang maupun pada orang yang tidak minum kopi.

Dalam penelitian ini membuktikan bahwa mengalihkan kebiasan minum kopi berkafein ke kopi yang tidak berkafein tidak berpengaruh secara signifikan pada kadar kolesterol dalam tubuh seseorang.

Yang menyebabkan kadar LDL para responden dalam penelitian tersebut adalah kebiasaan minum kopi tubruk atau kopi yang tidak disaring yang nantinya memicu meningkatnya kadar LDL seseorang secara signifikan.

Para peneliti menyebutkan bahwa biji kopi juga mengandung senyawa yang dapat membuat kadar kolesterol menjadi semakin meningkat yang bernama kafestol. Senyawa yang bernama kafestol ini nantinya akan keluar saat air panas dituangkan secara langsung ke dalam cangkir yang berisi kopi tubruk atau kopi yang tidak disaring. Selain itu kafestol juga bisa muncul saat bubuk kopi direbus dalam air mendidih dalam beberapa kali.

Dalam satu cangkir kopi tubruk terdapat lebih dari 4 mg kafestol, yang efeknya dapat meningkatkan LDL dalam tubuh kita sebanyak 1%. Bayangkan, 1 cangkir akan menambah LDL sebanyak 1%. Berapa banyak peningkatan LDL dalam tubuh kita bila kita mengkonsumsi kopi sebanyak lebih dari 2 atau 3 cangkir kopi dalam sehari?

Cup_Of_CoffeeCara untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi konsumsi kopi harian anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan paper filter atau penyaring kertas ketika anda akan menyeduh kopi. Cara seperti mampu membuat kandungan senyawa kafestol dalam kopi akan tertinggal dalam saringan tersebut.

Selain itu, anda juga perlu lebih waspada pada bahan-bahan tambahan ketika anda membuat kopi yang juga bisa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh kita. Penambahan creamer atau krim juga dapat meningkatkan kadar LDL. Dan penambahan makan kecil yang berlemak serta berkalori tinggi yang biasa disajikan sebagai pelengkap juga bisa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh.

Buanglah bubuk kopi yang sudah diseduh sebelumnya, cuci teko kopi, saringan serta semua peralatan untuk menyeduh kopi lainnya sesegera mungkin setelah anda menggunakannya. Dan yang perlu diingat lagi, jangan mengkonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir perhari. Agar kesehatan anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai bahaya seperti diatas.