Efek Kekurangan Serta Manfaat Dari Vitamin B2

manfaat vitamin B2

manfaat vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin, merupakan vitamin yang sangat penting dalam hal produksi energy untuk tubuh kita. Vitamin B2 ikut membantu dalam hal metabolism karbohidrat menjadi gula, yang merupakan bahan bakar dalam berbagai macam fungsi tubuh.

Selain itu, vitamin B2 juga ikut berperan dalam kelancaran peredaran electron yang nantinya untuk menghasil energy antar sel dalam tubuh. Vitamin B2 juga ikut berperan dalam pengolahan asam amino, lemak serta berperan sebagai agen antioksidan yang nantinya akan memperlambat proses penuaan.

Vitamin B2 dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, walaupun kadarnya berbeda-beda. Kebanyakan vitamin B2 terkandung didalam kacang kedelai, edamame, susu, ragi, hati, daging tanpa lemak, brokoli, jamur, alpukat, salmon serta tiram.

Berbagai jenis ikan maupun belut juga banyak mengandung vitamin B2. Kacang polong, biji bunga matahari, nasi, telur, kerang, bayam, gandum dan asparagus, juga mengandung vitamin B2. Kubis, wortel, buah ara maupun apel juga mengandung vitamin B2, namun jumlahnya tidak begitu banyak. Vitamin B2 tidak mudah hancur saat dimasak, kecuali bila terkena cahaya yang terlalu kuat maupun dicampur dengan baking soda.

Kekurangan vitamin B2 akan menghambat proses metabolism karbohidrat, lemak serta protein. Gejala lainnya dari kekurangan vitamin B2, seperti mata merah, sensitive terhadap cahaya, sensasi rasa seperti terbakar di mata, bibir kering, radang dalam mulut, sakit pada lidah, rambut kusam, keriput pada kulit serta kuku mudah rapuh.

Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan kerja kelenjar adrenal tidak sempurna, sehingga dapat menyebabkan beberapa kondisi, seperti anemia, kelelahan kronis serta dapat menyebabkan katarak. Kekurangan vitamin B2 juga dapat menyebabkan terjadinya preeklamsia pada ibu hamil.

Kekurangan vitamin B2 akan menimbulkan gambaran yang nyata, seperti lesi pada kulit, lidah serta sekitar sudut mulut. Jika tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan pembengkakan pada lidah serta dapay menyebabkan gangguan fungsi saraf.

Munculnya ketombe pada rambut, kurangnya sel darah merah, sariawan , susah tidur, rambut rontok, gangguan pencernaan serta lambatnya respon mental juga bagian dari gejala kekurangan vitamin B2.

Vitamin B2 merupakan vitamin yang mudah sekali untuk diserap dan larut dalam air. ada begitu banyak manfaat dari vitamin B2 untuk kesehatan, seperti:

  • Membantu proses pembentukan energy

Vitamin B2 berperan penting dalam proses produksi serta pembentukan energy bagi tubuh kita. Vitamin B2 ikut berperan dalam proses metabolism karbohidrat, lemak serta protein dalam tubuh, yang nantinya dirubah menjadi energy yang dapat kita gunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Produksi sel darah merah
manfaat B2 untuk kesehatan

manfaat B2 untuk kesehatan

Vitamin B2 ikut berperan dalam pembentukan serta produksi sel darah merah. Selain itu vitamin B2 ikut berperan juga dalam antibody tubuh manusia. Dengan begini, peredaran darah akan semakin lancar serta memperlancar proses oksigenasi ke berbagai system organ tubuh.

  • Pengatur perkembangan hormone

Vitamin B2 ikut berperan dalam pengaturan pertumbuhan serta perkembangan hormone maupun system reproduksi. Selain itu, vitamin B2 ikut berperan dalam proses pertumbuhan jaringan tubuh, seperti kulit, jaringan ikat, mata, selaput lendir, system saraf serta system kekebalan tubuh. Vitamin B2 juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan kulit, kuku serta rambut.

  • Mampu mencegah penyakit

Vitamin B2 mampu mencegah beberapa jenis penyakit, seperti sakit kepala, migraine, jerawat, katarak, dermatitis, rheumatoid arthritis, maupun eksim.

  • Mencegah jerawat

Vitamin B2 ikut berperan dalam produksi minyak alami pada kulit. Selain itu, vitamin B2 juga ikut mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

  • Melindungi system saraf

Vitamin B2 ikut membantu dalam hal mengobati serta melindungi system saraf. gangguan pada system saraf, mampu menyebabkan munculnya berbagai kondisi, seperti mati rasa, Alzheimer, multiple sclerosis, depresi maupun epilepsy. Bahkan vitamin B2 dapat dikombinasikan dengan vitamin B6 untuk mengobati gejala Carpal Tunnel Syndrome.

  • Ikut menunjang pertumbuhan

Vitamin B2 sangat erat kaitannya dengan formulasi protein. Protein diperlukan untuk pertumbuhan serta pembentukan massa otot.

  • Menjaga kesehatan mata

Vitamin B2 ikut berperan dalam menjaga kesehatan mata, khususnya kesehatan kornea mata. Sehingga daya penglihatan menjadi semakin baik.

  • Meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral

Berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B1, B3, B6, asam folat serta zat besi akan semakin mudah diserap oleh tubuh dengan adanya vitamin B2. Sehingga kita akan menjadi semakin sehat.

  • Perbaikan jaringan

lukaVitamin B2 penting sekali peranannya dalam hal perbaikan jaringan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka maupun penyembuhan cedera lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2, maka proses penyembuhan luka maupun cedera akan semakin cepat.

  • Melindungi saluran pencernaan

Vitamin B2 ikut berperan dalam melindungi serta menjaga kesehatan selaput lendir pada saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat akan membuat system pencernaan dalam tubuh kita bekerja dengan lancar.

  • Ikut menjaga kesehatan janin

Vitamin B2 juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan janin. Vitamin B2 akan membantu kelancaran proses penyerapan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan sel janin selama masa kehamilan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin B2 ikut meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara memperkuat antibody serta memperlancar proses pembentukan sel darah putih. Sel darah putih yang selalu tercukupi akan mencegah kita dari berbagai penyakit maupun infeksi.