Gejala Kanker Otak

Pada umumnya gejala kanker otak sulit sekali untuk dideteksi karena yang menjadi target sasaran sel kanker tersebut adalah di dalam sel otak, sehingga tidak dapat terlohat dengan jelas dari luar.

Namun, masih ada beberapa indikasi yang dapat kita perhatikan untuk menentukan apakah seseorang tengah mengidap gejala kanker otak atau tidak.

Beberapa gejala umum adanya kanker otak yang mudah sekali kita temui adalah:

  • Sering pusing

Pusing yang berkepanjangan serta datang berulang-ulang bisa menjadi gejala adanya kanker otak.

  • Mudah mual

Mudah dan sering merasa mual juga besa menjadi tanda atau gehala adanya kanker otak.

  • Tubuh lesu dan lemas

Pada umumnya penderita kanker otak mengalami lesu dan lemas. Untuk itu jika tubuh mudah lemas meskipun tidak melakukan pekerjaan berat, hal ini perlu untuk diwaspadai.

  • Sulit untuk berjalan

Hal ini disebabkan karena gangguan kestabilan pada tubuh yang disebabkan pleh sel kanker, sehingga mengalami kondisi sulit untuk berjalan. Setiap akan berjalan rasanya seperti sempoyongan.

  • Kesulitan dalam mendengar dan melihat

Adanya perubahan pada indra pendengaran dan penglihatan, sehingga menyebabkan penderita kanker otak mengalami gangguan pada kedua indra tersebut. Gejala yang seperti ini akan bertambah parah seiring dengan semakin parahnya sel kanker yang menggerogoti daerah otak.

  • Kaki dan tangan mati rasa

Gejala kanker otak juga terkadang ditandai dengan adanya mati rasa pada kaki dan tangan. Kedua organ itu mengalami gangguan dikarenakan adanya gangguan oleh sel kanker pada saraf pusat.

  • Sulit untuk berkonsentrasi

Sel kanker yang menyerang ke otak membuat si penderita akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Sehingga hal ini akan membuat si penderita mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaannya dengan baik.

  • Penurunan daya ingat dan respon

Secara otomatis penderita kanker otak akan mengalami penurunan daya ingat dan respon tubuhnya. Karena adanya pengaruh dari sel kanker yang telah menguasai otaknya.

  • Penurunan daya penciuman

Selain indra penglihatan serta indra pencengaran, di penderita juga akan mengalami penurunan daya penciumannya. Sehingga membuat penderita mengalami kesulitan dalam mempertahankan daya penciuman.

  • Kelumpuhan pada sebagian badan atau wajah

Pada kondisi tertentu, penderita kanker otak juga dapat mengalami kelumpuhan pada sebagian tubuh atau pada sebagian wajahnya. Hal ini adalah suatu pertanda bahwa salah satu otak sedang mengalami gangguan yang disebabkan oleh sel-sel kanker.

  • Rasa kantuk yang berkepanjangan.

Hal ini juga bisa dikatakan sebagai gejala adanya kanker otak. Meskipun kebutuhan tidurnya sudah tercukupi, namun orang tersebut masih merasakan kantuk yang terus menerus, bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal pada bagian otaknya.

  • Menstruasi berhenti secara tidak wajar.

Untuk para wanita juga perlu mewaspadai jika menstruasi tiba-tiba berhenti secara tidak wajar. Sebab jal ini bisa jadi menunjukkan adanya resiko kanker otak atau bisa juga merupakan gejala jenis kanker yang lain.

Kemungkinan bila yang terjadi hanyalah salah satu dari gejala-gejala seperti diatas, hal itu masih belum dapat mengarah pada terjadinya kanker otak. Namun jika sudah terjadi beberapa gejala secara sekaligus, sebaiknya segeralah memeriksakan diri anda, karena kemungkinan itu semua merukan gejala adanya kanker otak.