Gejala Turunnya Daya Tahan Tubuh

demam

demam

Di saat musim hujan seperti sekarang ini, tubuh kita cenderung rentan terhadap berbagai macam penyakit. Di musim hujan tubuh kita lebih rentan terserang penyakit, seperti batuk, flu, serta demam.

Untungnya, manusia memiliki system imunitas atau daya tahan tubuh sebagai pertahanan pertama untuk melawan berbagai mikroorganisme, seperti bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Namun, kondisi daya tahan tubuh antara seseorang dengan orang lain tentunya sangat berbeda sekali. Terlebih lagi jika disertai dengan adanya lonjakan jumlah mikroorganisme pada musim hujan seperti sekarang ini. Semakin banyak jumlah mikroorganisme akan membuat daya tahan tubuh kita tidak mampu untuk melawan secara tuntas.

Daya tahan tubuh manusia dapat menurun secara drastic karena berbagai macam factor. Berbagai factor yang dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh, meliputi tingginya tingkat stress serta konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan.

Karena daya tahan tubuh tidak mampu untuk melawan mikroorganisme yang terlalu banyak, maka pada akhirnya tubuh akan mengalami sakit. Ketika system daya tahan tubuh kita mulai menurun, sebaiknya kita melakukan antisipasi agar berbagai mikroorgansime yang dapat menyebabkan menyakit tidak berkembang.

Maka dari itu, sangat penting sekali artinya bagi kita untuk mengenali gejala turunnya daya tahan tubuh. Berbagai gejala dari turunnya daya tahan tubuh, meliputi:

  • Peningkatan berat badan

Meningkatnya berat badan dapat merimbas pada menurunnya daya tahan tubuh pada manusia. Ada sebuah penelitian pada orang-orang yang mengidap penyakit flu babi. Dalam penelitian tersebut ditemukan sebuah ciri yang sama, yaitu peningkatn indeks massa tubuh yang lebih dari 40.

Peningkatan berat badan diketahui mampu menyebabkan tidak seimbangnya hormone dalam tubuh, inflamasi, serta mengacaukan system daya tahan tubuh dalam melawan berbagai virus yang memasuki tubuh.

  • Rongga hidung terasa kering

Rongga hidung yang terasa kering justru suatu pertanda yang buruk. Rongga hidung yang sehat adalah rongga hidung yang basah. Lendir dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap serta membersihkan berbagai bakteri maupun virus yang masuk melalui lubang hidung.

Rongga hidung yang terlalu kering justru mempermudah bakteri maupun virus memasuki tubuh melalui hidung. Lendir dalam hidung di musim hujan seperti sekarang ini, merupakan salah satu mekanisme tubuh yang alami untuk melindungi tubuh kita dari bakteri maupun virus.

  • Kurang minum
minum air putih

minum air putih

Kurang minum akan menyebabkan dehidrasi. Tubuh membutuhkan cairan untuk mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh. Namun, kebutuhan air pada setiap individu berbeda dan sangat tergantung pada aktivitas serta kondisi tubuhnya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah kebutuhan air kita sudah mencukupi atau belum? Caranya sangat mudah sekali. Anda cukup melihat warna dari air seni yang anda keluarkan. Orang-orang yang kebutuhan cairannya telah tercukupi umumnya akan mengeluarkan air seni yang jernih atau berwarna kuning muda. Jika air seni anda keruh, itu berarti kebutuhan cairan anda masih kurang.

  • Tidak enak badan terlalu sering

Umumnya orang dewasa akan mengalami flu, demam atau tidak enak badan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu tahun.

Apabila anda mengalami flu atau tidak enak badan lebih dari 5 kali dalam satu tahun, itu berarti bahwa daya tahan tubuh anda sedang dalam level yang paling rendah. Tindakan yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak istirahat serta perbanyak konsumsi makanan yang bergizi.

  • Rambut rontok
masalah pada rambut

masalah pada rambut

Rambut rontok secara tiba-tiba dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, juga merupakan salah satu indikasi dari turunnya daya tahan tubuh. Kerontokan rambut bisa disebabkan karena porses alami maupun karena kekurangan vitamin, khususnya vitamin B.

  • Tubuh terasa lemas dan lelah

Waspada jika anda merasa tubuh anda lemas dan lelah berkepanjangan. Lemas dan lelah berkepanjangan juga merupakan salah satu indicator dari turunnya daya tahan tubuh.