Jenis Makanan Dan Manfaat Dari Mineral Silikon Untuk Kesehatan

buah dan sayuran segar

buah dan sayuran segar

Silikon merupakan mineral yang paling berlimpah selain oksigen dalam kerak bumi. Silicon banyak terdapat dalam tanah liat serta pasir. Silicon juga banyak ditemukan dalam batu granit serta batu kuarsa.

Sebelumnya, silicon tidak dianggap sebagai elemen yang penting. Karena elemen ini selain banyak ditemukan pada tanah maupun batu, elemen ini juga banyak terdapat pada jaringan hewan maupun tanaman. Setelah dilakukan banyak penelitian, akhirnya telah ditemukan bahwa mineral silicon merupakan elemen yang penting untuk kesehatan.

Ada begitu banyak jenis makanan yang mengandung mineral slikon, seperti oat, gandum, tebu, bit, beras dan masih banyak lagi. Ada juga sayuran serta buah-buahan yang kaya akan silicon, seperti mentimun, selada, strawberry, alpukat, dandelion, bawang, kubis dan berbagai sayuran yang berdaun hijau lainnya. Buah jeruk serta rumput laut juga mengandung silicon, namun jumlahnya sedikit sekali.

Di dalam tubuh, mineral silicon banyak ditemukan pada jaringan ikat serta kuku, sehingga jaringan ikat serta kuku menjadis emakin kuat. mineral silicon juga dapat ditemukan pada pembuluh darah, tulang rawan serta tendon. Mineral silicon mampu memperkuat bagian tubuh serta membuatnya semakin stabil. Saat pembentukan tulang, silicon juga banyak ditemukan di bagian yang aktif dalam menyerap kalsium.

Silicon sangat penting bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian terhadap kelinci yang diberi makan rendha silicon, diketahui bahwa arteri atau pembuluh darahnya terdapat plak atau mengidap aterosklerosis. Tikus muda yang kekurangan silicon mengalami pertumbuhan fisik yang lebih lambat serta tulangnya tidak tumbuh secara optimal.

Ketika tubuh kita mengalami kekurangan mineral silicon, maka akan meningkatkan terjadinya aterosklerosis serta penyakit jantung. Selain itu, kekurangan mineral silicon juga akan menyebabkan penurunan kekuatan dalam jaringan tubuh yang berfungsi untuk melindungi manusia dari serangan penyakit.

Mineral silicon mudah sekali rusak bahkan hilang dalam proses memasak makanan. Ketika gandum dijadikan tepung, maka kadar silicon yang terkandung didalamnya akan banyak berkurang. Maka dari itu, untuk mendapatkan mineral silicon, sebaiknya konsumsilah makanan dalam keadaan segar atau masih mentah.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mineral silicon, seperti:

  • Mencegah aterosklerosis
gambaran dari aterosklerosis

gambaran dari aterosklerosis

Penumpukan plak dalam arteri akan menyebabkan aterosklerosis. Adanya plak pada arteri dan kadar kolesterol yang tinggi, menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat. Pada penelitian terhadap hewan ditemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung silicon mampu mengurangi pembentukan plak pada arteri dan mengurangi berbagai penyakit kardiovaskular yang berbahaya, seperti serangan jantung maupun stroke.

  • Mencegah penipisan rambut

Penipisan rambut umumnya disebabkan karena asupan makanan yang halus serta kurnag bernutrisi, khususnya mineral silicon. Silicon ikut berperan dalam mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan tebal. Silicon juga ikut berperan dalam meningkatkan kilau rambut sehat.

  • Membantu proses penyembuhan

Silicon ikut berperan dalam melindungi jaringan tubuh dari banyak penyakit, seperti tuberculosis dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan selaput lendir. Selain itu, silicon juga ikut berperan dalam penyerapan kalsium, sehingga mempercepat proses penyembuhan kondisi patah tulang.

  • Menjaga kesehatan kulit

Silicon ikut menjaga kesehatan kulit, membuat kulit menjadi lebih kenyal serta mengembalikan cahaya alami dari kulit kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung silicon akan mencegah terjadinya masalah kulit secara alami. Silicon juga ikut membantu mencerahkan mata.

  • Mencegah keracunan logam berbahaya

Berbagai logam berbahaya dapat meracuni serta menganggu kesehatan tubuh kita. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ada bayak kandungan logam berat yang ditemukan dalam lesi otak pengidap Alzheimer. Silicon mampu mengikat berbagai logam berat, mencegah penyerapan logam berbahaya dalam saluran pencernaan serta mengurangi keracunan logam berat.

  • Mencegah kuku rapuh
kerusakan pada kuku

kerusakan pada kuku

Silicon memainkan peranan yang penting dalam memelihara kesehatan kuku. Dilikon ikut membantu dalam meningkatkan kualitas kuku serta melindungi kuku dari berbagai infeksi. Kuku akan menjadi semakin kuat dan tampak lebih menarik dan juga sehat.

  • Mengembalikan kesehatan mukosa

Silicon ikut berperan dalam mengembalikan kesehatan mukosa serta mempercepat pemulihan mukosa dari saluran pernapasan. Umumnya kondisi seperti ini sering muncul saat seseornag mengalami dehidrasi.

  • Ikut memperkuat tulang

Silicon juga diperlukan dalam memelihara kesehatan tulang. Silicon ikut mencegah terjadinya pengendapan mineral pada jaringan tulang, dengan cara mengangkat mineral-mineral yang berlebihan dalam jaringan tulang.