Jenis Makanan Serta Manfaat Dari Quercetin

buah apel

buah apel

Quercetin merupakan salah satu senyawa flavonoid yang sangat kuat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari senyawa quercetin, seperti menghilangkan rasa sakit, mencegah jenis kanker tertentu, mencegah penyakit jantung, meningkatkan system kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

Sebenarnya quercetin adalah pigmen atau senyawa yang memunculkan warna yang mirip dengan struktur molekul flavonoid. Maka dari itu, quercetin sering dianggap sebagai senyawa bersifat antioksidan yang sangat kuat.

Umumnya quercetin adalah komponen utama dari warna merah serta oranye yang ada pada buah maupun sayuran. Selain itu quercetin juga bisa ditemukan pada minuman anggur serta berbagai macam the.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung quercetin, seperti cranberry, apel, ubi jalar, brokoli, strawberry, kangkung, plum, kurma merah, dan masih banyak lagi. Ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa quercetin mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Manfaat dari quercetin untuk kesehatan, meliputi:

Mencegah inflamasi

Quercetin mampu mencegah terjadinya inflamasi. Sifatnya sama seperti aspirin, namun quercetin merupakan bahan yang alami. Quercetin mampu menghambat jalur kimia tertentu yang ada dalam tubuh, yang menghasilkan peradangan. Dengan kemampuannya untuk mencegah inflamasi, maka mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung quercetin akan mampu mengurangi rasa sakit pada radang sendi, asam urat, rematik serta peradangan biasa yang muncul saat nyeri otot, peradangan saat demam, pilek maupun mengurangi ketegangan otot.

  • Mencegah kanker
kanker prostat

kanker prostat

Karena quercetin memiliki sifat antioksidan yang kuat, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung quercetin mampu mencegah terjadinya kanker. Quercetin serta berbagai macam senyawa antioksidan lainnya dalam tubuh akan mencari dan menetralkan berbagai radikal bebas dalam tubuh yang mampu merusak system dalam tubuh kita. Quercetin mampu mecegah terjadinya kanker, seperti kanker prostat, kanker pancreas, kanker kolon serta kanker kulit.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Quercetin mampu menjaga kesehatan kardiovaskular, sehingga orang-orang yang banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung quercetin cenderung jarang sekali mengalami serangan jantung. Quercetin mampu menjaga kesehatan kardiovaskular, dengan cara mengurangi jumlah plak yang menumpuk pada pembuluh darah dan arteri serta mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. beberapa studi juga telah menemukan bahwa mengurnagan LDL mampu menurunkan terjadinya atherosclerosis, serangan jantung serta stroke.

  • Mengelola diabetes

Quercetin juga mampu mengelola diabetes serta menstabilkan kadar gula dalam darah. Diabetes terjadi karena adanya gangguan pada jalur sorbitol, dimana tingginya glukosa dalam darah nantinya akan diubah menjadi fruktosa serta sorbitol dalam jumlah yang terlalu berlebihan. Kondisi seperti ini nantinya akan menyebabkan terjadinya katarak, glaucoma, serta berbagai komplikasi pada saraf. Quercetin mampu mencegah perubahan glukosa menjadi fruktosa serta sorbitol dalam jumlah yang berlebihan, sehingga kadar gula dalam darah akan tetap stabil.

  • Mencegah asma

Quercetin mampu berperan sebagai bronkodilator atau suatu substansi yang mampu melebarkan bronkus serta bronkiolus pada paru-paru, sehingga penyerapan oksigen dalam paru-paru menjadi lebih optimal. Quercetin juga mampu mengurangi peradangan karena asma maupun karena alergi. Maka dari itu, quercetin mampu mengurangi keparahan penyakit asma yang muncul karena paparan bahan kimia, serta memperlancar pernapasan.

  • Mencegah hipertensi

darah-tinggiHipertensi telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Quercetin telah menunjukkan bahwa senyawa tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam menurunkan tekanan darah serta menghilangkan komplikasi yang disebabkan oleh hipertensi. Dalam berbagi penelitian, quercetin telah dikenal sebagai anti inflamasi, vasodilator, antioksidan serta mampu menjaga kesehatan jantung dengan berbagai macam cara.

  • Anti alergi alami

Quercetin telah sering digunakan sebagai obat anti alergi, karena memiliki sifat antioksidan. Di dalam tubuh, quercetin mampu mengurangi kadar histamin yang akan dilepaskan ketika terjadi rangsangan pada jalur alergi. Mengurangi kadar histamine dalam tubuh, maka akan mengurangi berbagai macam gejala dari alergi. Quercetin juga mampu digunakan untuk mengurangi gejala alergi, seperti gatal-gatal, demam, sesak napas maupun eksim.

Sebenarnya tidak ada bahaya yang terjadi saat mengkonsumsi makanan yang mengandung quercetin. Namun, mengkonsumsi makanan yang mengandung quercetin secara berlebihan nantinya akan menyebabkan sakit kepala serta kesemutan pada kaki maupun lengan.

Bahkan dalam hal yang paling ekstrem, telalu banyak quercetin dalam tubuh juga mampu mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung quercetin secara bijaksana dan jangan terlalu berlebihan.