Jenis Makanan Serta Manfaat Natrium Untuk Kesehatan

makanan yang mengandung natrium

makanan yang mengandung natrium

Natrium merupakan elektrolit yang sangat penting serta sering muncul dalam bentuk ion penting dalam cairan ekstrasel atau ECF. Beberapa fungsi penting natrium untuk kesehatan adalah dalam pembentukan enzim serta kontraksi otot dalam tubuh.

Natrium sangat penting dalam osmoregulasi serta memelihara cairan dalam tubuh kita. Manfaat lain dari natrium, meliput meningkatkan kinerja jantung, system syaraf serta penyerapan glukosa.

Natrium merupakan ion primer serta elektrolit alami dalam tubuh. Natrium ikut diperlukan dalam regulasi darah dalam tubuh. Berbagai gangguan yang serius terhadap fungsi tubuh kebanyakan disebabkan karena kekurangan natrium.

Natrium adalah suatu elemen yang serba guna. Sebagai elektrolit, natrium mampu mengatur cairan tubuh serta mengirimkan impuls listrik dalam tubuh. Beberapa vitamin dan mineral akan rusak bahkan hancur saat dipanaskan, namun tidak dengan natrium.

Meskipun natrium merupakan mineral yang sangat penting dalam diet seimbang, natrium juga tetap berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan. Natrium berlebihan akan menyebabkan kanker perut serta hipertensi. Orang-orang yang mengidap masalah pada ginjal maupun edema juga perlu membatasi asupan natrium untuk mencegah munculnya resiko pada kesehatan.

garam

garam

Natrium merupakan komponen penting dalam hal mengatur aktivitas seluler serta fungsi system saraf dalam tubuh. Anda perlu menambah asupan nantrium saat anda mengeluarkan banyak keringat, mengalami sengatan matahari atau kerja organ adrenal kurang efisien.

Kita tidak perlu khawatir akan terjadinya penumpukan natrium dalam tubuh. Natrium secara teratur dikeluarkan melalui air seni, sehingga tidak akan terjadi resiko keracunan bahkan penumpukan natrium.

Ada begitu banyak makanan yang mengandung natrium, seperti apel, garam, makanan buatan sendiri, kuning telur, kubis, kacang-kacangan serta pisang. Baking soda, lobak, wortel, sayuran berdaun hijau serta kacang polong juga banyak mengandung natrium.

Keju olahan, ikan asap, daging asin, camilan, saus dan acar juga mengandung natrium, namun makanan jenis ini biasanya akan mengundang masalah kesehatan yang berbahaya.

Asupan natrium yang direkomendasikan adalah sebanyak 2400mg per hari. Bila kadar natrium tidak tercukupi dengan benar, makan akan terjadi masalah defisiensi bahkan iritasi fatal. Umumnya kekurangan natrium akan langsung berdampak pada system saraf, seperti:

  • Sakit kepala
  • Lemah fisik
  • Muntah
  • Diare
  • Tekanan darah rendah
  • Mudah bingung
  • Iritabilitas otot
  • Lesu dan kurang bertenaga

Kelebihan natrium juga dapat menyebabkan hal-hal yang berbahaya, seperti hipertensi, pembengkakan jaringan saraf, pembengkakan saraf serta edema serebral. Bila kondisi seperti ini tidak diringankan, maka akan dapat menyebabkan koma.

Kekurangan natrium dalam tubuh mampu mengurangi akumulasi lemak dalam pembuluh darah. kelebihan natrium secara spontan memungkinkan terjadinya infeksi paru-paru. Rendahnya kadar natrium dalam tubuh akan mengundang berbagai penyakit, karena akan menyebabkan kekurangan tenaga, kelelahan serta penurunan kondisi mental.

Natrium hanya diperlukan dalam jumlah kecil saja, dan termasuk mineral alami yang terdapat dalam semua jenis makanan. Garam dalam masakan tidak hanya menambahkan sensasi rasa, namun juga dapat melengkapi kebutuhan natrium per hari.

Berbagai manfaat dari mineral natrium untuk kesehatan, meliputi:

  • Menjaga kadar cairan dalam tubuh

Natrium merupakan salah satu mineral yang mampu mengatur kadar cairan dalam tubuh kita. Jadi, natrium sangat berkaitan erat dengan kondisi cairan dalam tubuh. Natrium akan memompa air ke dalam sel serta mengatur jumlah cairan yang keluar dari tubuh.

  • Mencegah sengatan sinar matahari
cuaca panas

cuaca panas

Beberapa hal, seperti pusing maupun pingsan, kebanyakan disebabkan karena system tubuh kita tidak mampu mengatur panas. Paparan sinar matahari yang terlalu panas akan meningkatkan suhu tubuh. Paparan sinar matahari menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan dalam memeprtahankan suhu tubuh normal. Natrium akan mencegah terjadinya sengatan panas dengan dara menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Selain minum air putih biasa, minum air hangat yang dicampur garam dan gula juga mampu mencegah terjadinya peningkatan suhu tubuh.

  • Menjaga fungsi otak

Otak sangat sensitive terhadap perubahan kadar natrium dalam tubuh. Kebingungan serta kelesuan adalah manifestasi atau bentuk dari kekurangan natrium. Natrium mampu menjaga pikiran tetap tajam serta merupakan salah satu komponen dalam perkembangan otak.

  • Mencegah penuaan

Natrium merupakan komponen yang menjaga cairan dalam tubuh serta banyak terkandung dalam krim anti penuaan yang dijual di pasaran. Natrium mampu melawan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Selain itu natrium juga akan membuat kulit tampak lebih muda serta lebih sehat.

  • Mengurangi kandungan karbondioksida dalam tubuh

Natrium juga ikut berperan dalam mengurangi serta menghapus kadar karbondioksida yang menumpuk di dalam tubuh. Natrium akan mengeluarkan karbondioksida dalam tubuh melalui urin maupun keringat.

  • Mengatur penyerapan glukosa

Natrium ikut membantu dalam hal memfasilitasi penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh. Sehingga penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh akan lebih lancar dan sel-sel tubuh akan tetap dalam kondisi sehat.

  • Kram otot
kram otot

kram otot

Kram otot yang sering terjadi di musim panas umumnya terjadi karena tidak seimbangnya elektrolit serta karena dehidrasi. Jus maupun minuman yang mengandung natrium mampu mengembalikan jumlah elektrolit dalam tubuh serta mengurangi terjadinya kram otot.

  • Menjaga pH alami tubuh

Natrium ikut menjaga keseimbangan pH dalam tubuh kita. Natrium ikut mengeluarkan kadar asam yang berlebihan dalam tubuh. Tubuh yang terlalu asam akan mengundang banyak masalah kesehatan. Selain itu natrium juga ikut mengendalikan reaksi ginjal, frekuensi serta isi dari air seni.

  • Menyeimbangkan ion dalam tubuh

Dalam tubuh kita natrium akan bekerja sama dengan klorida serta bikarbonat dalam menjaga keseimbangan ion dalam tubuh. Ion dalam tubuh kita ada yang bermuatan negative serta bermuatan positif. Dengan adanya natrium maka semua ion akan tetap seimbang.

  • Menjaga kesehatan organ jantung

Natrium ikut membantu mempertahankan detak jantung selalu dalam kondisi normal. Natrium juga penting untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh. Meningkatnya natrium secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah serta menyebabkan komplikasi yang serius.