Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Sakit

demam

demam

Ketika seseorang mengalami sakit, maka tubuhnya akan berada dalam terlemah, sehingga daya tahan tubuhnya juga ikut melemah.

Bukan hanya penyakit-penyakit yang berat saja yang dapat mempengaruhi kerja tubuh, penyakit ringan seperti flu, kembung, demam, serta muntah-muntah juga dapat membuat tubuh kita terasa lemah dan lesu.

Ketika kita mengalami sakit, maka tubuh kita akan kehilangan lebih banyak cairan. Maka dari itu, sebaiknya perhatikanlah makanan yang anda konsumsi. Makanan yang kita konsumsi juga mampu memberikan efek atau dampak pada kita sendiri.

Mengkonsumsi makanan yang tidak benar ketika kita sakit, nantinya akan memperlambat proses penyembuhan sahkan mampu membuat tubuh kita menjadi semakin lemah.

Berbagai jenis makanan dibawah ini sebaiknya dihindari saja saat anda sakit, karena nantinya dapat memperburuk keadaan bahkan penyakit yang anda alami. Berbagai jenis makanan yang harus dihindari ketika sakit, meliputi:

  • Kafein

Sebaiknya hindari konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein saat anda sakit. Kafein mampu memperlemah system daya tahan tubuh anda serta mampu memperlambat proses penyembuhan penyakit yang anda alami.

Selain itu kafein juga dapat menguras cairan dalam tubuh anda lebih banyak, sehingga anda akan mengalami dehidrasi berat. Kafein juga mampu menyebabkan pusing, tremor serta berkeringat.

  • Telur

Sebaiknya hindari mengkonsumsi telur, khususnya ketika anda mengalami sakit diare. Telur baik untuk kesehatan, namun perut yang lemah ketika mengalami sakit diare tidak mampu memproduksi cukup banyak enzim untuk mencerna protein yang terkandung di dalam telur.

Memaksakan diri untuk mengkonsumsi telur saat anda mengalami diare akan memperburuk penyakit diare anda serta memicu gejala-gejala lain yang tidak menyenangkan, seperti kembung serta mual.

  • Makanan asam

Buah segar maupun jus buah yang memiliki rasa asam juga salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat sakit. Makanan seperti ini nantinya dapat memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung cuka. Makanan yang mengandung cuka mampu memperparah kondisi anda, khususnya bila anda mengalami sakit tenggorokan. Makanan asam mampu memicu rasa gatal serta tenggorokan anda menjadi terasa kering.

  • Daging
daging merah

daging merah

Daging sendiri termasuk jenis makanan yang sulit untuk dicerna, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna nutrisi yang terkandung dalam daging. Terlebih lagi bila daging tersebut masih mengandung lemak. Lemak yang ada di dalam daging mampu memperlambat metabolism tubuh untuk membunuh kuman, virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Akibatnya, anda akan memerlukan waktu lebih lama untuk bisa pulih kembali seperti biasa. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi daging saat anda sakit. Gantilah daging dengan sayuran yang banyak mengandung antioksidan yang mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

  • Makanan pedas

Sebagian orang percaya, bahwa makanan pedas mampu menyingkirkan batuk serta rasa gatal di tenggorokan. Makanan yang mengandung cengkeh, cabai, pala, paprika maupun rempah-rempah yang terlalu keras sebaiknya dihindari saja untuk sementara waktu.

  • Keju

Makanan yang harus dihindari saat sakit selanjutnya adalah keju. Hindari mengkonsumsi keju, khususnya bila anda mengidap mual-mual serta diare. Keju mampu memperlemah daya tahan tubuh serta mengurangi kerja system daya tahan tubuh dalam melawan bakteri yang menyebabkan diare.

  • Kacang tanah

Kacang tanah mengandung banyak senyawa arginine yang mampu meningkatkan suhu tubuh. Hindari mengkonsumsi kacang tanah khususnya bila anda mengidap demam. Selain kacang tanah hindari juga mengkonsumsi kacang walnut, hazelnut maupun almond karena ketiganya juga kaya akan arginine.

  • Bawang putih
kacang tanah rebus

kacang tanah rebus

Bawang putih mengandung serat tidak larut yang nantinya akan membentuk gas dalam system pencernaan. Mengkonsumsi bawang putih akan memicu perut kembung.

  • Brokoli serta kubis

Brokoli serta kubis merupakan salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan. Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi brokoli serta kubis ketika anda mengalami diare. Brokoli dan kubis mampu menyebabkan terbentuknya gas dalam lambung. Bila sebelumnya anda sudah mengalami kembung, maka kondisi penyakit anda akan semakin parah.

  • Junk food

Junk food memang makanan yang harus dihindari demi kesehatan kita bersama. Apapun penyakit anda sebaiknya hindari mengkonsumsi junk food, terlebih lagi bila sakit anda menyangkut masalah pada system pencernaan. Junk food mengandung lemak jenuh yang mampu menyebabkan iritasi pada system pencernaan anda sehingga masalah sakit pada system pencernaan akan semakin buruk.

  • Minuman bersoda
minuman bersoda dalam botol

minuman bersoda dalam botol

Minuman bersoda merupakan minuman yang mengandung soda. Soda sendiri bersifat asam. Minuman bersoda mampu menyebabkan iritasi pada kerongkongan serta lambung. Bila anda mengkonsumsi minuman bersoda saat perut anda masih kosong, nantinya akan merangsang saraf sensorik, sehingga mempermudah terjadinya peradangan serta iritasi.

Pada akhirnya minuman bersoda akan membuat kadar asam dalam lambung menjadi semakin meningkat, seperti gejala penyakit maag. Khusus untuk orang-orang yang mengidap penyakit maag serta gangguan pada system pencernaan sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda, karena dapat menyebabkan kembung serta sakit perut yang luar biasa hebatnya.

  • Gorengan

Berbagai macam makanan yang diproses dengan cara digoreng sebaiknya juga dihindari saat anda sakit. Girengan banyak mengandung lemak yang sulit dicerna oleh usus. Terlebih lagi bila minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak bekas menggoreng berkali-kali. Minyak seperti ini sudah teroksidasi sehingga tidak aman bagi tubuh kita. Selain itu gorengan juga mampu memicu rasa sakit serta gatal pada tenggorokan.