Jenis Penyakit Jantung

serangan jantung

Penyakit jantung merujuk kepada penyakit yang menyerang organ jantung serta sistem pembuluh darah organ jantung.

Jantung, merupakan organ vital yang sangat strategis dalam tubuh manusia sebab memiliki fungsi sebagai pemompa darah.

Ada begitu banyak penyebab dari penyakit jantung, meliputi gaya hidup, kelainan jantung sejak lahir, serta pola makan seseorang yang tidak sehat.

Serangan jantung merupakan suatu hal yang merupakan akibat dari penyakit jantung koroner yang merupakan biang keladi dari berbagai kasus kematian pada banyak wanita serta pria di Amerika.

Pada kenyataannya, penyakit jantung tidak hanya menyerang orang yang telah lanjut usia saja. Namun, dewasa ini banyak sekali anak muda yang telah mengidap berbagai macam penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, bahkan bayi yang baru lahir juga dapat mengidap kelainan pada organ jantungnya.

Ada lebih dari 50 jenis penyakit jantung yang bisa menyerang orang-orang yang memiliki gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat.

Walaupun saat ini sudah banyak cara untuk menangani penyakit jantung, baik dengan cara medis maupun herbal, namun tetap saja mencegah lebih baik daripada mengobati.

Inilah beberapa jenis penyakit jantung yang harus kita waspadai bersama:

  • Gagal jantung.

Heart Failure atau gagal jantung merupakan suatu keadaan dimana jantung tidak dapat memasok aliran darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh serta berakibat sangat fatal. Terkadang, gagal jantung sering sekali di salah artikan sebagai apa yang dinamakan dengan serangan jantung.

Gagal jantung memiliki gejala, seperti pembengkakan pada bagian tangan dan kaki, peningkatan atau mengurangan berat badan sebelum terjadi pembengkakan akibat dari kelebihan cairan, napas pendek-pendek, rasa lelah yang terus menerus, angina maupun ketidaknyamanan pada bagian dada serta lengan karena adanya penyumbatan pada arteri koroner,

  • Masalah pada katup jantung

valves of heartMasalah pada katup jantung atau disebut juga dengan heart valve disease merupakan suatu keadaan dimana salah satu atau bahkan lebih dari katup jantung tidak dapat bekerja dengan baik.

Dalam beberapa kasus, orang yang terlahir dengan masalah pada katup jantung, sedangkan beberapa orang mendapatkan kelainan pada bagian katup di masa hidupnya.

Kelainan pada katup jantung dapat disebabkan oleh infeksi, umur serta karena adanya penyakit lain. Nyaris tidak ada gejala yang dapat ditemukan oleh penderita kelainan pada katup jantung.

Ada sekitar tiga jenis penyakit katup jantung, seperti kebocoran, penyempitan, serta katup tanpa lubang. Tidak ada obat, untuk kelainan pada katup jantung kecuali melakukan operasi. Namun, bagi anda yang tidak memiliki penyakit ini sejak lahir, menjaga pola makan serta gaya hidup adalah kunci untuk bebas dari penyakit ini.

  • Aritmia

Aritmia merupakan jenis penyakit jantung yang mengganggu, yaitu berupa gangguan irama maupun pada detak jantung. Detak jantung bisa lebih cepat, lebih lambat, serta tidak teratur. Faktor utama penyakit aritmia, adalah kurangnya kalsium pada tubuh serta adanya penyumbatan pembuluh darah pada jantung.

Penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang juga berefek pada detak jantung yang abnormal akan mengakibatkan serangan jantung. Selain dua hal tersebut penyebab aritmia lainnya adalah diabetes, tekanan darah tinggi, kafein, merokok, alkohol, stress, kematian otot jantung, penyalahgunaan obat-obatan serta terlalu aktifnya kelenjar thyroid.

  • Perikarditis

Penyakit ini merupakan peradangan pada kantung jantung maupun pada pericardium, sehingga dapat menimbulkan adanya penimbunan cairan serta penebalan. Peradangan ini disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang umum merupakan infeksi virus serta terapi penyinaran untuk pengobatan kanker payudara.

Gejala yang umumnya timbul akibat adanya perikarditis, adalah sesak napas, batuk-batuk, tekanan darah tinggi, serta kelelahan akibat kerja jantung yang tidak efisien. Penyakit jantung jenis ini dapat didiagnosa melaliu MRI maupun kateterisasi jantung.

Konsumsi obat untuk mengurangi cairan dapat membantu untuk mengurangi gejala perikarditis, namun kesembuhan secara total adalah dengan cara pengangkatan pericardium.

  • Penyakit jantung koroner.

penyebab jantung koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh lapisan lemak maupun kolesterol pada dinding nadi yang menyumbat arteri darah. Akibat dari adanya penyumbatan oleh lapisan lemak serta kolesterol pada arteri darah adalah terganggunya proses suplai darah yang menuju ke jantung serta dari jantung ke seluruh tubuh.

Saat darah tersumbat akibat lapisan lemak, maka inilah yang disebut dengan serangan jantung. Lapisan lemak serta kolesterol pada dinding nadi diakibatkan oleh kecanduan rokok, hipertensi, serta kolesterol tinggi.

Bila seseorang merasakan gejala-gejala seperti nyeri pada bagian dada tengah yang menjalar hingga ke lengan kiri serta leher bahkan hingga ke punggung, keringat dingin, serta rasa mual-mual berarti individu tersebut kemungkinan menderita penyakit jantung koroner.

 

Disini hanya kita sebutkan penyakit jantung yang paling umum yang terjadi di masyarakat. Waspadai berbagai gejalanya serta selalu berkonsultasi pada dokter jika salah satu penyakit jantung diatas menyerang anda.