Kandungan Dan Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

tanaman bunga matahari

tanaman bunga matahari

Biji bunga matahari berasal dari tumbuhan yang bernama bunga matahari. Tumbuhan ini berasal dari Peru dan Meksiko, dan disebarkan ke banyak negara pada tahun 1700. Bunga matahari banyak dibudidayakan di Perancis, Jerman, Bulgaria, Hongaria, Rumania, Rusia serta Amerika Serikat.

Pada mulanya tumbuhan bunga matahari dibudidayakan sebagai tanaman hias belaka. Belakangan bijinya juga dimanfaatkan sebagai kuaci serta sebagai sumber minyak untuk para produsen kosmetik. Di Indonesia sendiri, bunga matahari banyak dibudidayakan di Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Kuaci dari biji bunga matahari merupakan sumber lemak tak jenuh serta mengandung banyak vitamin, antioksidan, protein, mineral serta berbagai fitokimia yang baik sekali untuk tubuh kita. Biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda serta lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi organ jantung.

Dalam sebuah studi klinis menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak tak jenuh lebih baik daripada makanan rendah lemak, karena mampu meningkatkan produksi HDL serta menurunkan LDL.

Biji bunga matahari juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin E. 1/4 gelas biji bunga matahari mampu memberikan 90,5% dari kebutuhan vitamin E harian. Vitamin E merupakan antioksidan alami serta bersifat antiinflamasi., sehingga mampu mengurangi gejala asma, osteoarthritis serta rheumatoid arthritis yang umumnya dipengaruhi oleh adanya peradangan serta radikal bebas.

Asupan vitamin E yang cukup juga mampu menurunkan resiko perkembangan plak pada pembuluh darah serta kanker kolon. Selain itu vitamin E juga mampu mengurangi keparahan rasa panas atau biasa disebut hot flush pada wanita menopause serta orang yang mengidap komplikasi diabetes. Vitamin E juga akan menyebar dan menetralkan berbagai radikal bebas yang mampu merusak sel tubuh serta ikut memperbaiki struktur DNA yang rusak dalam tubuh.

Vitamin E adalah antioksidan yang penting bagi tubuh. Ia menyebar ke seluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan juga memperbaiki struktur DNA yang rusak. Berbagai mineral dalam biji bunga matahari.

manfaat biji bunga matahari

manfaat biji bunga matahari

Mineral seperti kalsium dan fosfor dalam biji bunga matahari sangat penting sekali fungsinya dalam pembentukan massa tulang serta gigi, sehingga nantinya akan mencegah terjadinya osteoporosis. Danya mineral kalium dalam biji bunga matahari sangat penting untuk mengimbangi kadar natrium. Kalium juga mampu menurunkan tekanan darah.

Mineral magnesium dalam biji bunga matahari diperlukan untuk produksi energy serta menjaga kesehatan tulang. 2/3 kadar magnesium dalam tubuh kita banyak ditemukan pada tulang kita. Sebagian magnesium digunakan untuk memeprkuat tulang sedangkan sisanya disimpan di permukaan tulang yang dapat diambil sewaktu-waktu bila tubuh kita kekurangan magnesium.

Magnesium berguna untuk menyeimbangkan kalsium, sehingga membantu otot serta syaraf menjadi lebih tenang dan mencegah terjadinya kejang otot. Magnesium juga ikut membantu mengurangi gejala penyakit asma, menurunkan darah, mencegah sakit kepala, mengurangi resiko penyakit jantung serta penyakit stroke.

Kandungan selenium dalam biji bunga matahari akan ikut menjaga kesehatan kulit, rambut serta mata. Selain itu selenium juga dipercaya mampu meningkatkan detoksifikasi racun serta membantu dalam hal mencegah terjadinya kanker. Biji bunga matahari juga kaya akan asam folat yang sangat baik untuk ibu-ibu hamil.

Kandungan tembaga dalam biji bunga matahari ikut berperan dalam pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin pada kulit dan rambut serta untuk melepaskan energy dari makanan yang kita konsumsi.

Biji bunga matahari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya jumlah konsumsi biji bunga matahari masih rendah serta tidak terlalu sering dikonsumsi, sehingga manfaatnya tidak banyak dirasakan oleh masyarakat.

sunbutter

sunbutter

Biji bunga matahari juga sering dijadikan sejenis mentega yang diberi nama sunbutter. Biasanya sunbutter digunakan untuk memasak serta membuat salad. Saat ini biji bunga matahari juga diolah menjadi minyak di negara-negara, seperti China, Eropa, Amerika Serikat serta Rusia.

Minyak dari biji bunga matahari diyakini lebih baik daripada minyak zaitun karena minyak biji bunga matahari memiliki asam oleat atau disebut juga omega 9 yang lebih tinggi.

Minyak biji bunga matahari memang sangat baik untuk kesehatan, namun perlu diperhatikan dalam hal penggunaannya. Sebaiknya minyak biji bunga matahari jangan sampai diminum oleh ibu-ibu yang sedang hamil maupun ibu-ibu menyusui.

Minyak biji bunga matahari juga mengandung zat inulin yang memiliki fungsi untuk melebarkan serta melancarkan saluran pernapasan. Nantinya hal seperti ini akan sangat berbahaya bagi bayinya.