Kandungan Dan Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Buah Pir

manfaat buah pir untuk kesehatan

Buah pir atau buah pear, merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung banyak kandungan air. Buah pir mampu untuk hidup diberbagai belahan dunia, mulai di benua Eropa, Amerika, Afrika sampai di benua Asia.

Buah pir memiliki bentuk yang lonjong serta memiliki warna yang beragam, ada yang kuning, hijau ada juga yang merah. Selain memiliki kandungan air yang sangat tinggi, buah pir juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan kita.

Kandungan serat yang terbanyak dalam buah pir terdapat pada bagian kulitnya. Jadi, ada baiknya untuk tidak mengupas buah pir ketika anda memakannya. Seratnya mengandung quercetin yaitu senyawa antioksidan serta flavonoid yang bersifat anti inflamasi. Selain itu, buah pir juga mengandung folat yang dapat mencegah cacat pada susunan saraf bayi.

Buah pir memiliki daging buah yang berwarna putih dengan rasa yang manis dan berair. Buah pir terbagi menjadi 30 jenis species, namun buah pir biasanya dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu pir yang berkulit hijau, berkulit kuning serta berkulit merah.

Jenis buah pir yang banyak terdapat di dunia, adalah:

  • Pir Eropa dengan nama ilmiah Pyrus communis yang biasanya ditanam di Eropa serta Amerika Utara
  • Pir Ya dengan nama ilmiah Pyrus bretschneideri yang lebih dikenal dengan nama Pir Shandong atau Pir Hebei
  • Pir Nashi dengan nama ilmiah Pyrus pyrifolia yang biasa dibudiyakan di Asia Timur dan dikenal dengan berbagai nama: Sand Pear, Pir Asia, Pir Apel, Pir Jepang, Pir Korea atau Pir Taiwan.

Buah pir yang banyak diimpor di Indonesia adalah jenis pir Xinjiang dengan nama ilmiah Pyrus sinkiangensis. Kandungan seratn ya yang tinggi dipercaya melebihi kandungan serat yang ada di dalam buah apel. Selain itu, buah pir juga kaya akan berbagai macam vitamin dan juga mineral.

Ada yang mengatakan bahwa jika mengkonsumsi buah pir yang belum matang, nantinya akan dapat memudahkan proses buang air besar, karena buah pir yang belum matang memiliki efek laksatif atau memperlancar buang air besar.

Sedangkan buah pir yang sudah matang akan memiliki efek diuretik atau memperlancar buang air kecil serta kemungkinan dapat menyebabkan rasa kantuk pada sebagian orang.

Buah pir juga mengandung sorbitol, yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak akan menimbulkan rasa seperti kembung pada bagian perut serta menyebabkan buang air karena gas yang berlebihan dalam perut.

buah pir

buah pir yang berbentuk bulat

Sekeping kayu dari pohon pir dapat digunakan untuk memasak makanan yang diolah dengan cara diasap karena nantinya akan mengeluarkan aroma yang harum pada masakan. Selain itu, buah pir yang diparut dapat digunakan untuk mengempukkan daging sebelum diolah.

Bagi anda yang punya masalah dengan berat badan, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pir untuk berdiet. Serat yang terkandung dalam buah pir dapat menurunkan kolesterol serta meregulasi pergerakan usus besar sehingga anda akan terhindar dari masalah seperti sulit buang air besar.

Buah pir mengandung banyak air yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi, mampu merenggangkan lambung serta membuat anda tetap merasa kenyang dalam waktu lebih lama sehingga buah pir baik sekali untuk orang-orang yang sedang diet.

Buah pir mengandung serat serta pektin yang dapat mambantu dalam hal melancarkan saluran pencernaan sehingga menjauhkan anda dari penyakit seperti diare, selain itu juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan banyaknya kandungan air dalam buah pir, maka anda akan terhindar dari bahaya akibat dari dehidrasi.

Buah pir mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B2, B3, B6, C dan vitamin K. Selain itu juga mengandung banyak mineral seperti magnesium, kalium, serta tembaga. Dengan banyaknya vitamin dan mineral maka dengan mengkonsumsi buah pir setiap hari, anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Buah pir juga mengandung boron yang sangat berguna bagi tubuh kita yaitu untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh kita. Dengan begitu, maka anda akan terhindar dari bahaya osteoporosis.

Serat alami yang terkandung didalam buah pir juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan cara mengkonsumsi serat dengan jumlah yang sesuai maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda akan menjadi berkurang sehingga anda akan terhindar dari serangan jantung maupun penyakit stroke.

Meskipun buah pir memiliki rasa yang manis, buah ini sangat cocok untuk orang yang mengidap penyakit diabetes. Karena, buah pir mengandung kalori yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk bagi orang-orang yang mengidap penyakit diabetes.

buah pir

buah pir

Mengkonsumsi buah pir secara rutin ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ otak. Buah pir mengandung antioksidan yang relatif tinggi sehingga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak serta mencegah terjadinya berbagai macam gangguan pada organ otak.

Berbagai mineral, seperti kalium, magnesium serta kromium dalam buah pir, ternyata mampu menormalkan tekanan darah dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin, maka anda akan terhindar dari bahaya hipertensi.

Buah pir mengandung senyawa aktif yang memiliki kemampuan dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita. Asam florogenat merupakan salah satu senyawa aktif yang terkandung di dalam buah pir yang berfungsis ebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya serangan dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan serat dan magnesium dalam buah pir juga dapat menurunkan resiko serangan kanker kolon atau kanker usus besar.