Kandungan Dan Manfaat Gynostemma Pentaphyllum

Pentaphyllum merupakan tanaman semacam rotan yang biasanya tumbuh di daerah pegunungan berkabut. Sedangkan gynostemma pentaphyllum adalah hasil proses dari batang dan daun pentaphyllum yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina, obat penurun infeksi, penurun panas dan penawar racun, obat hepatitis dan mengatasi busung lapar.

Sebenarnya dalam catatan huruf Tiongkok Kuno dinasti Ming sudah tertera herbal penyelamat kelaparan. Namun manfaat dari tanaman ini baru ditemukan dalam 20 tahun terakhir ini dimana tanaman ini mampu menjadi terapi herbal awet muda. Awalnya terjadi secara kebetulan dimana ketika seorang ahli dari Jepang mengekstrak rasa manis dari pentaphyllum yang menemukan adanya kandungan zat vitalitas seperti ginseng. Pada saat itu, sekitar tahun 80’ an Jepang dan RRC mulai meneliti pentaphyllum.

Hingga saat ini penelitian besar yang dilakukan oleh para ilmuwan di berbagai negara sudah berhasil memisahkan 84 macam glukosida yang mempunyai kemiripan dengan unsur glukosida pada ginseng.

Glukosida ini diberi nama Gynostemma Pentaphyllum Glukosida.

Para ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa zat gynostemma pentaphyllum glukosida mempunyai fungsi adaptasi yang mirip dengan ginseng.

Gynostemma pentaphyllum mampu mempengaruhi tingkat metabolisme organik, melawan sel kanker, mempengaruhi sistem syaraf, memperkuat daya kekebalan organik, melawan penuaan dan mengatasi lelah. Selain itu gynostemma pentaphyllum glukosida juga mempunyai banyak manfaat yang lain, yaitu menambah kekebalan tubuh, menenangkan, memperpanjang umur sel, menurunkan lemak darah, menguatkan ginjal, dan meningkatkan kemampuan seksual. Biasanya gynostemma pentaphyllum diolah menjadi teh.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari gynostemma pentaphyllum, yaitu :