Kandungan Dan Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

manfaat rebung untuk kesehatan

manfaat rebung untuk kesehatan

Mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui apa yang disebut dengan rebung. Rebung memiliki tekstur serta aroma yang unik. Rebung juga memiliki rasa yang lezat sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

Rebung merupakan salah satu jenis makanan khas di benua Asia. Dalam bahasa Inggris, rebung disebut bamboo sprout atau bamboo shoot. Rebung merupakan tunas bamboo yang masih muda. Dalam bahasa Jawa, rebung disebut dengan nama “bung”. Umumnya rebung dibuang kelopaknya, kemudian dipotong kecil-kecil sebelum diolah menjadi sebuah masakan.

Rebung sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan sejak jaman dahulu. Sebab, rebung dapat dipanen sepanjang tahun. Umumnya rebung dipanen ketika musim penghujan, yaitu antara bulan Desember sampai bulan Februari. Rebung dipanen saat sudah mencapai diameter 7 cm serta tingginya sekitar 20 cm dari permukaan tanah.

Rebung harus dipanen tepat pada waktunya. Bila sudah terlambat maka rebung akan menjadi pohon bamboo yang sudah tidak bisa lagi untuk dikonsumsi. Rebung, banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, asam folat, thiamin, kalium, protein, fosfor, karbohidrat, zat besi, serat, seng, lemak dan juga air.

Kandungan karbohidrat, lemak serta protein dalam rebung tidak jauh berbeda dengan sayuran hijau lainnya. Kandungan kalium dalam rebung termasuk yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung kalium sangat baik untuk mengurangi terjadinya penyakit stroke. Karena orang-orang yang mengidap stroke kebanyakan disebabkan oleh kekurangan kalium.

Selain itu, orang-orang yang mengidap kekurangan kalium atau hipokalemia akan mudah sekali mengalami pelunakan otot. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan kalium harian anda dengan mengkonsumsi rebung.

Rebung juga kaya akan kandungan serat pangan. Kekurangan serat kebanyakan tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Namun serat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan metabolism tubuh. Bahkan kekurangan serat mampu menyebabkan terjadinya berbagai jenis penyakit.

Penyakit yang sering terjadi karena kekurangan serat, meliputi aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah, jantung coroner, diabetes, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia, kanker colon serta lain sebagainya.

Dengan begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalam rebung, maka ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi rebung untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Menurunkan berat badan

Rebung dapat membantu menurunkan berat badan. Berat badan berlebihan akan memicu kondisi yang disebut obesitas, yang nantinya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Rebung termasuk jenis makanan yang rendah kalori dan kaya akan kandungan serat pangan, yang nantinya akan membuat kita merasa cepat kenyang setelah mengkonsumsinya.

  • Mampu menurunkan kolesterol
rebung yang sudah dipotong-potong

rebung yang sudah dipotong-potong

Rebung mengandung gula, namun kandungannya sedikit sekali. Kandungan lemaknya juga termasuk rendah. Maka dari itu, rebung bisa dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang stabil akan membuat organ jantung tetap dalam kondisi sehat.

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai kandungan vitamin serta mineral yang terkandung dalam rebung sangat baik sekali bagi tubuh kita. Berbagai kandungan vitamin serta mineral dalam rebung akan ikut membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan daya tahan tubuh yang semakin meningkat, maka kita akan terhindari dari berbagai jenis penyakit.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Rebung juga mampu menjaga kesehatan system pencernaan. System pencernaan yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare maupun gastroenteritis. Selain itu, rebung juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati cacingan.

  • Melawan kanker

Rebung mengandung flavone, serta klorofil. Kedua zat tersebut mampu mencegah serta melawan sel-sel kanker dalam tubuh kita.

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan kaliumnya yang tinggi dalam rebung, membuat rebung menjadi salah satu jenis makanan yang mampu menurunkan tekanan darah serta menjaga tekanan darah tetap stabil. Tekanan darah yang stabil akan mencegah terjadinya hipertensi yang nantinya juga membuat kita terhindar dari penyakit jantung. Selain itu, rebung juga dipercaya mampu menurunkan kecemasan serta menurunkan depresi.

  • Melancarkan menstruasi
rebung yang siap untuk diolah

rebung yang siap untuk diolah

Bagi wanita yang memiliki masalah seperti siklus menstruasi yang tidak lancar dapat mencoba untuk mengkonsumsi rebung. Rebung memiliki berbagai zat serta senyawa yang dapat memperlancar menstruasi serta dipercaya mampu mengurangi nyeri saat menstruasi.

  • Menyembuhkan luka maupun bisul

Dalam sebuah penelitian terbaru, rebung disinyalir memiliki sifat analgesic serta antiinflamasi. Bisul terjadi karena adanya peradangan pada bagian kulit. Terkadang bisul maupun luka disertai dengan rasa nyeri. Untuk mengurangi nyeri dan peradangan karena bisul maupun luka, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi rebung.

  • Memperlancar proses persalinan

Rebung merupakan jenis makanan yang memiliki sifat uterotonika. Jadi, mengkonsumsi rabung selama masa kehamilan akan meningkatkan kontraksi rahom sehingga nantinya akan memperlancar proses persalinan.