Kandungan Dan Manfaat Taoge

Taoge, tauge atau toge merupakan kecambah yang tumbuh dari biji-bijian seperti kacang kedelai dan kacang hijau.

Tapi yang lebih sering terjadi di tengah masyarakat adalah, mereka biasanya beranggapan bahwa tauge biasanya berasal dari kacang hijau.

Selama beberapa hari taoge akan tumbuh menjadi kecambah dimana proses ini biasanya disebut sebagai perkecambahan.

Di Indonesia biasanya taoge digunakan sebagai masakan yang biasanya ditumis bersama dengan bahan lain seperti tahu, tempe dan udang.

 

Kandungan Gizi Tauge (Kecambah) taoge

Jika kecambah dibandingkan dengan bijinya maka kandungan protein pada taoge lebih tinggi.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan selama menjadi proses kecambah, ada pembentukan asam-asam amino esensial yang menjadi penyusun protein.

Proses menjadi kecambah akan membuat tanaman ini menyiapkan zat gizi penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

Adapun kandungan gizi dari taoge diantaranya vitamin A, B kompleks, C, E, kalsium, mineral, magnesium, zat besi, folat, serat, kalium, protein dan asam amino.

Berikut ini merupakan kandungan gizi dalam setiap 100 gr taoge, diantaranya :

  • Energi 23 kal
  • Air 92,4 gr
  • Karbohidrat 4,1 gr
  • Protein 2,9 gr
  • Serat 1,0 gr
  • Lemak 0,2 gr
  • Fosfor 69 mg
  • Kalsium 29 mg
  • Zat Besi 0,8 mg
  • Vitamin A 10 IU
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Vitamin C 15 mg

Namun harap Anda waspadai bilamana Anda memiliki masalah dengan kadar asam urat karena Mengonsumsi taoge diketahui bisa menaikkan kadar asam urat.

 

Manfaat Kesehatan Taoge kandungan dan manfaat taoge

Taoge merupakan salah satu jenis sayur yang tinggi akan kandungan nutrisi dan vitamin yang jika dikonsumsi secara teratur tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Berikut ini merupakan manfaat kesehatan taoge, diantaranya :

  • Mencegah Kanker

Taoge bisa membantu mengeluarkan kotoran di dalam usus besar karena tinggi akan kandungan serat dan air, dengan demikian kandungan gizi di dalamnya tidak akan memberikan celah terhadap zat-zat penyebab kanker (zat karsinogen) untuk hidup dalam dinding usus yang jika dibiarkan bisa menjadi penyebab kanker usus besar.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, diketahui bahwa taoge tinggi akan kandungan coumesterol yang jika dikonsumsi bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

 

  • Mencegah Serangan Jantung

Taoge mengandung saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat namun tidak mengganggu kandungan kolesterol baik (HDL), dengan demikian mengonsumsi taoge bisa membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung.

 

  • Menguatkan Tulang

Taoge mengandung coumesterol yang termasuk estrogen alami yang memiliki fungsi sama dengan esterogen sintetis namun tidak memiliki efek samping sehingga lebih baik jika dibandingkan dengan esterogen sintetis.

Taoge mengandung estrogen yang bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang, membantu menjaga susunan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang).

 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tingginya kandungan zat antioksidan di dalam taoge bisa membantu menjaga tubuh terhadap serangan radikal bebas yang bisa merusak DNA.

Bukan hanya itu saja karena kandungan saponin di dalam taoge juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

 

  • Meningkatkan Kesuburan

    Photo of alfalfa sprouts.

    Photo of alfalfa sprouts.

Kandungan vitamin E pada taoge termasuk tinggi sehingga jika dikonsumsi oleh kaum wanita bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Bukan hanya itu saja karena taoge juga bisa membantu mencegah kanker payudara, mengurangi gejala pramenopause, PMS, serta mengurangi masalah yang disebabkan oleh menopause.

Karena berfungsi sebagai sumber antioksidan maka mengonsumsi taoge juga diketahui bisa membantu mencegah proses penuaan dini.

 

  • Kecantikan Kulit

Karena tingginya kandungan vitamin E pada taoge maka taoge baik dikonsumsi untuk menjaga kecantikan kulit.

Vitamin E di dalam taoge berfungsi untuk menghaluskan atau meremajakan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam pada wajah, melangsingkan tubuh serta menjadikan rambut lebih subur.

 

  • Melancarkan Pencernaan

Taoge memiliki sifat basa sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga keasaman lambung.

Taoge memiliki kemampuan de-oksidasi yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan menstruasi.

Disarankan untuk mengonsumsi taoge sebelum menstruasi karena Anda akan terhindar dari masalah-masalah yang biasanya terjadi pada saat menstruasi.

Selain itu mengonsumsi taoge juga diketahui bisa membantu menghindari menopause dini.

 

  • Manfaat Tauge untuk Kesehatan Liver (hati)

Mengonsumsi taoge sangat baik untuk menjaga kesehatan organ liver dimana taoge tinggi akan kandungan lesitin yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol darah dan bisa mengurangi lemak hati.

Dengan demikian mengonsumsi taoge bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan masalah pada organ hati.

 

  • Menurunkan berat badan

Hampir sama dengan jenis-jenis sayur dan buah yang lain, sayur taoge juga tinggi akan kandungan serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu mencegah kolesterol dalam darah.

Dengan mengonsumsi jenis sayur seperti taoge maka akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan, sehingga mengonsumsi sayur ini baik untuk membantu program diet Anda.

 

  • Baik Untuk Pembentukan Otot

Taoge tinggi akan kandungan protein yang jika dikonsumsi bisa membantu meningkatkan massa otot serta membantu proses pembentukan otot pada tubuh.

 

  • Manfaat Tauge Untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Kekurangan zat gizi tertentu bisa menyebabkan bagian tubuh seperti kuku dan rambut mengalami kerusakan.

Dengan mengonsumsi taoge yang kaya akan kandungan protein, vitamin dan seng serta berbagai kandungan nutrisi yang lain maka akan bisa membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut.

 

  • Manfaat Tauge Untuk Mengatasi Stress dan Kelelahan

Apakah Anda mudah mengalami kelelahan ?

Kandungan nutrisi di dalam taoge bisa membantu Anda untuk melawan atau mengatasi kelelahan, baik kelelahan fisik atau pikiran.

 

  • Menurunkan Resiko Bayi Cacat Lahir

Diketahui bahwa tiap 2 dari setiap 1.000 bayi yang baru saja lahir di Amerika Serikat dalam setiap tahunnya lahir dengan memiliki masalah pada sumsum tulang belakang (cacat tabung saraf) yang disebabkan karena sang ibu pada saat hamil kekurangan zat gizi tertentu.

Sebelum dan pada saat hamil disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat untuk mencegah masalah tersebut.

 

  • Manfaat lainnya

Manfaat lain dari sayur taoge yaitu bisa digunakan sebagai penurun demam, meningkatkan stamina, antihipertensi, dan berfungsi sebagai penawar racun.