Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Akar Teratai Untuk Kesehatan

tumbuhan teratai

tumbuhan teratai

Teratai memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera. Teratai disebut dengan nama renkon di Jepang. sejak berabad-anda lamanya teratai telah menjadi tumbuhan yang sangat dihargai dalam budaya China maupun Jepang.

Teratai dalam bahasa Inggris disebut waterlily. Jaman dulu orang sering salah kaprah menyebut seroja dengan teratai, karena bentuknya yang hampir mirip. Teratai memiliki rimpang dan umbi yang bisa dikonsumsi.

Di Asia, akar teratai sering dikonsumsi sebagai obat, dijadikan bahan campurna untuk salad, sup, digoreng bahkan dijadikan jus. Akar teratai memiliki tekstur yang garing dan renyah serta memiliki rasa yang sangat manis. Selain akarnya, tangkai bunga yang masih muda maupun biji teratai juga bisa dikonsumsi.

Hampir semua bagian dari tumbuhan teratai bisa digunakan sebagai obat. Ada begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam akar teratai, seperti vitamin B1, B7, C, kalsium, zat besi, fosfor, mangan, tembaga , protein, karbohidrat, karoten serta asam nikotinat.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi akar teratai, seperti:

  • Mencegah anemia

Akar teratai yang diolah menjadi sup maupun jus baik untuk wanita yang sedang mengalami anemia ketika menstruasi. Mengkonsumsi akar teratai secara rutin juga mampu mencegah anemia karena kekurangan zat besi maupun anemia selama masa kehamilan.

  • Menghentikan pendarahan

Metode pengobatan ala China menggunakan jus akar teratai sebagai obat untuk menghentikan pendarahan yang terjadi dalam usus, lambung, usus besar, kerongkongan dan bahkan pendarahan hidung.

  • Sembelit
manfaat akar teratai untuk kesehatan

manfaat akar teratai untuk kesehatan

Jus akar teratai merupakan jus yang baik untuk menenangkan perut. Karena akar teratai mengandung serat, maka jus akar teratai akan membantu mencegah terjadinya sembelit maupun mencegah terjadinya diare.

  • Meningkatkan energy

Akar teratai mampu memberikan dan meningkatkan energy karena mengandung karbohidrat yang baik. Akar teratai maupun biji teratai sering digunakan dalam ilmu pengobatan di Asia untuk meningkatkan energy serta kekuatan tubuh.

  • Melindungi jantung

Akar teratai mengandung vitamin B kompleks, seperti B6, niacin, asam pantotenat, asam folat riboflavin serta thiamin. Vitamin B mampu melindungi kesehatan jantung serta mengendalikan kerusakan pada jantung.

  • Menjaga kesehatan usus

Mengkonsumsi akar teratai mampu mencegah penyakit pada usus, mengobati pembengkakan pada usus serta lambung. Anda bisa mengkombinasikan aar teratai dengan sedikit jahe.

  • Mengurangi lendir

Tingginya kandungan vitamin C dalam akar teratai mampu mengurangi lendir berlebihan dalam system pernapasan maupun tubuh anda. Akar teratai akan membantu mengeluarkan dahak berlebihan dalam paru-paru, sehingga dapat digunakan sebagai obat asma, flu, bronchitis maupun TBC secara alami.

  • Sirkulasi darah

Akar teratai mampu merangsang peredaran darah serta meningkatkan peredaran oksigen dalam tubuh kita. Kandungan zat besi dan tembaga dalam akar teratai mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang nantinya akan mencegah terjadinya anemia serta meningkatkan aliran darah.

  • Menjaga tekanan darah
akar teratai

akar teratai

Dengan adanya kandungan kalium dalam akar teratai, maka mengkonsumsi akar teratai akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta melawan efek buruk dari natrium dalam aliran darah. kalium akan melemaskan pembuluh darah serta mengurangi terjadinya kekakuan pada pembuluh darah, meningkatkan aliran darah serta mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular. Kalium juga komponen yang sangan penting untuk aktivitas saraf serta menjaga aliran darah pada organ otak.

  • Mengontrol saraf

Akar teratai mengandung vitamin B6 yang berfungsi sebagai koenzim dalam sintesis neuro-kimia dalam otak. Hal ini nantinya akan meningkatkan serta memperbaiki mood anda. Nantinya akan membantu saraf anda tetap tenang, mengurangi ketegangan serta mengurangi sakit kepala.

  • Sinusitis

Karena akar teratai memiliki kemampuan untuk mengeluarkan lendir yang berlebihan dalam tubuh, maka mengkonsumsi jus akar teratai secara rutin mampu meringankan gejala sinusitis.

  • Mengendalikan suhu tubuh

Mengkonsumsi akar teratai dikombinasikan dengan jus jeruk mampu mengendalikan suhu tubuh, cara ini bagus untuk menurunkan demam serta mengobati pilek. Tambahkan beberapa potong akar teratai dengan wortel pada sup ayam, untuk mengobati demam dan pilek secara alami.

Meskipun akar teratai memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita, sebaik konsumsilah akar teratai secara bijak. Cucilah dan masaklah akar teratai dengan benar, karena mengkonsumsi akar teratai yang masih mentah dapat menyebarkan parasite maupun menyebabkan infeksi bakteri.