Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Brussel Sprout

brussel sprouts

brussel sprouts

Brussel sprout adalah salah satu jenis sayuran yang bentuknya seperti kubis dalam ukuran kecil. Tunas brussel sprout memang berukuran kecil, namun kaya akan vitamin, mineral, protein, serat dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Brussel sprout memiliki nama ilmiah Brassica Oleracea. Brussel sprout masih satu keluarga dengan sayuran seperti kubis, brokoli, dan juga kale.

Brussel sprout sebenarnya merupakan tanaman musim dingin yang berkembang dengan baik dalam cuaca dingin. Tunasnya berkembang sepanjang tangkai. Secara umum tunas brussel sprout memiliki penampilan yang sama seperti kubis, hanya bentuknya sangat kecil.

Brussel sprout banyak mengandung senyawa yang penting bagi kesehatan kita, seperti flavonoid, tiosianat, indoles, lutein, zeaxanthine, isothiocyanate dan sulforaphane. Sama seperti brokoli, burssel sprout juga mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, K dan berbagai mineral penting lainnya yang baik untuk menunjang kesehatan.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi brussel sprout, meliputi:

  • Kaya akan gizi

Brussel sprouts adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan gizi dan rendah nilai glikemik. Dengan begitu, brussel sprouts bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, tanpa takut mengalami kegemukan. 100 gram brussel sprout mengandung 45 kalori, namun kaya akan serat dan protein serta tidak mengandung kolesterol.

  • Kaya antioksidan

Brussel sprout kaya akan kandungan yang bersifat antioksidan. Berbagai senyawa seperti tiosianat, lutein, indoles, sulforaphane, zeaxanthin dan isothiocyanate, merupakan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan. Senyawa-senyawa antioksidan itu akan bekerja sama dengan berbagai senyawa lainnya untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker.

  • Bersifat antivirus

Brussel sprout juga kaya akan kandungan senyawa yang bersifat anti virus serta anti bakteri, seperti di-indolyl-metana. Di-indolylmetana merupakan hasil metabolism indole-3-carbinol. Senyawa ini nantinya akan ikut menjaga daya tahan tubuh kita.

  • Melindungi serta mencegah kanker kolon
kanker kolon

kanker kolon

Brussel sprout mampu melindungi serta mencegah terjadinya kanker kolon. Brussel sprout mengandung senyawa glikosida dan sinigrin. Senyawa glikosida dan sinigrin dipercaya mampu melindungi serta mencegah terjadinya kanker kolon dengan cara menghancurkan sel-sel kanker dalam usus besar.

  • Kaya vitamin

Brussel sprout juga kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C akan bekerja sama dengan vitamin A dan E yang juga sama-sama memiliki sifat antioksidan, yang nantinya akan mencegah kita dari berbagai macma penyakit serta ikut membasmi radikal bebas berlebihan dalam tubuh kita.

  • Baik untuk mata

Brussel sprout juga baik untuk menjaga kesehatan mata, karena mengandung zeaxanthin yang merupakan salah satu senyawa yang bersifat karotenoid. Senyawa ini nantinya akan melindungi organ mata serta mencegah terjadinya kerusakan pada retina mata.

  • Dapat memperkuat tulang

Brussel sprout juga kaya akan vitamin K yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan serta memperkuat tulang-tulang dalam tubuh kita. Selain bagus untuk tulang, vitamin K juga ikut berperan dalam mengurangi terjadinya kerusakan saraf di otak, sehingga akan mencegah terjadinya Alzheimer.

  • Mencegah anemia
gejala anemia pada ibu hamil

gejala anemia pada ibu hamil

Brussel sprout juga kaya akan vitamin B kompleks serta zat besi. Dengan mengkonsumsi brussel sprout maka kita akan terhindar dari penyakit anemia, yang kebanyakan disebabkan karena kurangnya zat besi.

  • Kaya mineral penting

Brussel sprout juga kaya akan mineral penting, seperti kalsium, tembaga, kalium, mangan, fosfor dan zat besi. Kalium sangat penting untuk sel serta cairan tubuh yang akan membantu kestabilan detak jantung serta tekanan darah dengan cara melawan efek buruk dari sodium. Mangan diperlukan untuk co-faktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Sedangkan zat besi diperlukan untuk oksidasi seluler serta pembentukan darah merah.

  • Menjaga system pencernaan

Srussel sprout juga ikut menjaga system pencernaan. Brussel sprout merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat dan juga mengandung sulforphane yang nantinya akan ikut melindungi lapisan perut dengan mencegah pertumbuhan bakteri secara abnormal.

  • Baik untuk detoksifikasi

Mengkonsumsi brussel sprout juga baik untuk detoksifikasi tubuh. Dengan adanya senyawa glucosinolate dalam brussel sprout, maka brussel sprout bisa dikonsumsi untuk detoksifikasi zat-zat penyebab kanker dalam tubuh.