Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Serai Untuk Kesehatan

manfaat serai untuk kesehatan

manfaat serai untuk kesehatan

Serai memberikan aroma dan rasa yang unik, seperti lemon, sehingga diberi nama lemongrass. Serai banyak digunakan dalam masakan Asia.

Seperti rumput biasa, serai tinggi kandungan serat dan tidak dapat dikonsumsi begitu saja. Anda bisa mengolahnya menjadi jus maupun teh. Hal seperti ini akan memberikan efek yang luar biasa untuk kesehatan, karena jus serai memiliki sifat detoks, sehingga akan menyeimbangkan flora dalam usus.

Serai merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di Kamboja, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Bahkan sekarang kuliner maupun obat-obatan di Amerika maupun Afrika juga mulai menggunakan serai.

Serai sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Selain untuk menjauhkan kita dari gigitan nyamuk, serai juga bisa konsumsi untuk menunjang kesehatan.

Tidak banyak yang tahu, bahwa serai mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B, C, asam folat, seng, magnesium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, serta mangan.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang penting dalam serai, maka ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari serai, yaitu:

  • Bersifat antiseptic

Serai memiliki sifat antiseptic yang akan membunuh berbagai mikroorganisme yang berbahaya, seperti virus, bakteri, jamur, cacing dan lain sebagainya dalam saluran pencernaan. Serai juga mampu menjaga kesehatan bakteri baik dalam usus kita.

  • Anemia

Serai juga mengandung zat besi yang penting sekali artinya dalam proses sintesis hemoglobin atau protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Serai mampu membantu berbagai jenis anemia, khususnya yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

  • Balsam alami
minyak serai

minyak serai

Karena serai kaya akan kandungan minyak atsiri, maka serai bisa digunakan sebagai balsam alami. Bila anda mengalami gangguan pada saluran pernapasan, anda bisa ambil minyak serai lalu campurkan dengan air hangat. Gunakan uapnya untuk melegakan pernapasan anda. Cara seperti ini bisa anda lakukan saat anda mengalami flu maupun demam.

  • Anti kanker

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa serai mengandung citral, suatu senyawa yang memiliki fungsi anti kanker. Senyawa citral ini mampu membunuh sel kanker, namun tetap menjaga jaringan yang masih sehat. Hal seperti ini bukan berarti bahwa minum teh serai atau jus serai akan langsung membuat anda sembuh dari kanker. Semuanya tetap memerlukan tahapan dan dijalani dnegan penuh kesabaran

  • Anti inflamasi

Selain memiliki sifat anti septik, serai juga memiliki sifat anti inflamasi. Mengkonsumsi jus serai atau teh serai akan ikut membantu dalam hal mengurangi gejala arthritis, asam urat, radang saluran kemih, maupun peradangan lainnya.

  • Antidetoks alami

Karena serai memiliki sifat antiseptic dan antibakteri yang alami, maka jus maupun teh serai bisa dikonsumsi untuk detoksifikasi berbagai mikroorganisme berbahaya yang ada dalam usus maupun dalam tubuh kita.

  • Mengandung antioksidan

Serai kaya akan antioksidan yang baik untuk detoksifikasi dan mencegah munculnya radikal bebas. Antioksidan membantu membersihkan hati, ginjal, pancreas, kandung kemih serta mampu melancarkan peredaran darah. selain itu seria juga bersifat diuretic yang mampu membersihkan tubuh dari racun-racun berbahaya.

  • Mencegah diabetes

Jus maupun teh serai mampu memurnikan serta membersihkan pancreas dari kotoran, lemak, maupun racun yang berbahaya. Pancreas yang bersih akan meningkatkan proses produksi insulin yang nantinya akan ikut menurunkan kadar gula darah.

  • Menyehatkan pencernaan
teh serai

teh serai

Serai mampu membantu pengaturan fungsi usus serta kebersihan organ usus karena sifat antimikroba alami. Kondisi seperti ini akan membersihkan usus dari bakteri jahat maupun parasite dan menyehatkan bakteri-bakteri baik yang ada dalam usus, sehingga akan membuat system pencernaan menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai gangguan, seperti diare, sembelit, perut kembung, usus kembung, kejang perut, mual, serta kram perut.

  • Mencegah gastritis

Mengkonsumsi teh serai akan membuat perut menjadi lebih tenang dan mencegah terjadinya gastritis. Gastritis muncul karena produksi asam lambung yang berlebihan. Mengkonsumsi teh serai akan mengurnagi terjadinya gastritis maupun mulas.

  • Mencegah hipertensi

Serai mengandung kalium yang mampu mempromosikan diuresis, yang nantinya akan ikut membantu menurunkan serta mengatur tekanan darah dalam tubuh kita.

  • Mengurangi kolesterol jahat

Serai juga memiliki sifat antikolesterol. Mengkonsumsi jus maupun teh serai akan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Semakin sedikit kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan mencegah terjadinya aterosklerosis.

  • Menyehatkan saraf

Kandungan magnesium, fosfor serta folat dalam serai akan ikut berperan dalam menyehatkan saraf. kandungan mineral tersebut akan meningkatkan konsentrasi, memori serta kemampuan otak dalam memproses informasi.