Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Selada Untuk Kesehatan

manfaat selada untuk kesehatan

manfaat selada untuk kesehatan

Selada memiliki nama ilmiah Lactuca sativa. Selada merupakan tumbuhan sayuran yang dapat ditanam di tempat yang beriklim sedang maupun tempat yang beriklim tropis.

Selada merupakan tumbuhan sayur asli dari lembah yang terdapat dibagian timur Laut Tengah. Bahkan ada sebuah lukisan dalam pemakaman Mesir kuno yang menunjukkan bahwa selada yang tidka berbentuk seperti kepala telah ditanam sejak 4500 SM.

Kemungkinan pada jaman dahulu selada lebih banyak digunakansebagai obat daripada sebagai bahan makanan. Bahkan sampai sekarang sebagain ras local di Mesir masih menggunakan minyak yang diambil dari biji selada.

Umumnya minyak yang diambil dari biji selada merupakan biji dari tumbuhan selada liar yang memiliki daun dan batang yang berduri, daunnya memiliki rasa yang pahit serta mengandung banyak getah.

Selada sering digunakan dalam pembuatan salad. Selain itu, selada juga sering digunakan sebagai lalapan, atau sebagai bahan tambahan dalam memasak.

Selada merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin dan mineral penting bagi tubuh kita. Selada merupakan sumber dari klorofil serta vitamin K yang baik untuk kesehatan. Selain itu, selada juga mengandung garam mineral yang didominasi dengan unsur alkali. Sehingga dengan mengkonsumsi selada maka darah, tubuh serta pikiran kita akan tetap sehat.

Selada berdaun merupakan jenis makanan yang kaya akan lutein serta beta karoten. Selain itu juga mengandung vitamin A, B6, C, K, Serat, kalsium, kalium, asam folat, potassium, zat besi serta xeazanthin. Selada juga memiliki kandungan alkaloid yang memiliki efek terapeutik.

Semua varietas selada mengandung kalori yang rendah, namun kandungan nutrisnya berbeda-beda. Selada merupakan jenis makanan sumber kolin. Selada Romain merupakan jenis selada yang yang akan nutrisi , seperti vitamin A, B1, B2, C, asam folat kromium serta mangaan.

Ada juga varietas selada yang berwarna merah sehingga disebut selada merah. Selada merah memiliki pigmen merah yang disebut antosianin. Antosianin merupakan suatu senyawa antioksidan yang dapat membasmi radikal bebas yang mamu meruska sel dalam tubuh. Selain antosianin, selada merah juga disinyalir mengandung flavonoid yang juga senyawa antoksidan yang kuat.

Berbagai manfaat dari selada untuk kesehatan, meliputi:

  • Menjaga berat badan
selada

selada

Selada merupakan jenis makanan rendah kalori sehingga cocok sekali untuk orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badannya. Selada juga kaya akan serat, sehingga baik sekali untuk kesehatan organ pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Mencegah sembelit

Karena selada mengandung banyak serat, maka usus akan bekerja dengan lebih maksimal dan lancar. Selain itu selada juga disinyalir mampu mengurangi asam lambung serta masalah seperti sembelit maupun kolik.

  • Mempercepat proses pemulihan jaringan

Selada mengandung magnesium yang baik sekali dalam pemulihan jaringan, saraf maupun otot. Selain itu, magnesium dalam selada juga mampu mempercepat proses penyembuhan jaringan, otot maupun saraf.

  • Baik untuk ibu hamil maupun ibu menyusui

Selada mengandung zat besi yang nantinya akan mencegah anemia. Dengan mengkonsumsi selada, maka akan mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain itu selada juga mengandung asam folat yang baik sekali untuk mencegah cacat pada bayi. Selada juga menyediakan protein yang diperlukan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui.

  • Mencegah berbagai macam penyakit

Selada mengandung beta-karoten serta vitamin n C yang mampu mencegah berbagai macam penyakit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mencegah kanker

Menurut studi oleh American Cancer Institute dan American Cancer Society, berbagai makanan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C merupakan jenis makanan yang mampu mencegah kanker tertentu. Selada merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C.

  • Mencegah insomnia

Mengkonsumsi selada secara rutin mampu mencegah insomnia. Selada mengandung lactucarium, yaitu suatu senyawa yang dapat menyebabkan tidur lebih nyenyak. Senyawa lactucarium terkandung dalam semua jenis selada.

  • Mencegah rambut rontok
selada butter

selada butter

Mengkonsumsi jus selada yang dicampur dengan jus bayam mampu mencegah rambut rontok.

  • Mengandung protein

Selada juga mengandung protein. Protein dalam selada lebih sedikit jika dibandingkan dengan yoghurt. Protein yang terkandung dalam selada nantinya akan membantu kelancaran kerja system pencernaan serta dalam pembentukan otot.

  • Mengandung air

Selada merupakan sayuran yang kaya akan air, sehingga sering digunakan sebagai lalapan. Dengan mengkonsumsi selada mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan zeaxanthine dalam selada memiliki sifat antioksidan alami. Zeaxanthine mampu mencegah penuaan dini serta mencegah penyakit katarak. Selain itu kandungan flavonoid dalam selada juga mampu mencegah terjadinya kanker paru-paru serta kanker mulut.

  • Memperkuat tulang

Vitamin K yang terkandung dalam selada mampu memperkuat tulang dengan cara meningkatkan kinerja hormone osteotrophic yang ada di dalam tulang sehingga mencegah terjadi penyakit osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah terjadinya kerusakan saraf otak serta mampu mencegah penyakit Alzheimer.