Kanker Bisa Kambuh Kembali

Kanker Bisa Kambuh Kembali

Ada kalanya kanker yang sudah berhasil disembuhkan di masa mendatang bisa kambuh atau muncul kembali.

Ada sebuah hasil penelitian yang berhasil menemukan bukti bahwa kanker yang kambuh ini mempunyai kesamaan tipe dengan kanker yang muncul saat pertama kali.

Tim peneliti mengungkapkan bahwa dari penderita kanker di seluruh dunia 15 persen diantaranya didiagnosis menderita kanker untuk kedua kalinya. Akan tetapi kanker yang dialami ini bisa memiliki tipe yang berbeda atau sama.

Dalam penelitian tersebut para peneliti menganalisis data penduduk Denmark dari tahun 1980-2007 dengan jumlah penduduk 7,5 juta orang dan menemukan bahwa 10 persen diantara penduduk mempunyai 1 atau lebih diagnosis kanker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menderita kanker mampunyai 2,2 resiko yang lebih besar untuk mengalami kanker untuk kedua kalinya dengan tipe yang sama dan mempunyai resiko 1,1 yang lebih besar untuk mengalami kanker kedua dengan tipe yang berbeda dengan kanker yang pertama.

Resiko kambuhnya kanker kedua ini tergantung dari jenis kanker yang dialaminya. Resiko kambuhnya kanker kedua dari jenis yang sama kemungkinan bisa terjadi pada seseorang yang mempunyai sarcoma sedangkan penderita kanker prostat mempunyai resiko yang lebih rendah.

Sarcoma sendiri adalah tumor yang berasal dari jaringan penyambung yang biasanya terdapat pada jaringan lunak dan tulang.

Sedangkan penderita kanker laring (kanker pada pita suara, kotak suara) memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker kedua yang berbeda dengan kanker yang pertama.

Sedangkan penderita kanker prostat memiliki resiko yang lebih rendah untuk mengalami kanker kedua yang berbeda dengan kanker yang pertama. Hasil penelitian ini telah dilaporkan melalui CMAJ (Canadian Medical Association Journal).

Dikutip dari HealthDay, Dr Stig Bojesen dari Herlev Hospital, Copenhagen University Hospital mengatakan, “Akan tetapi karakteristik dari individu pasien juga memberikan pengaruh dalam menciptakan perbedaan resiko atas kambuhnya kanker untukyang kedua kalinya”.

Kemudian kolega dari Dr Bojesen juga mengungkapkan resiko kambuhnya kanker untuk yang kedua kalinya menjadi lebih spesifik untuk jenis kanker tertentu dan kemungkinan didorong oleh gaya hidup pasien serta faktor genetik pasien.