Kurangi Steak Bila Ingin Panjang Umur

Kurangi steak bila ingin umur panjang

Konsumsi daging merah sangat berkaitan dengan resiko penyakit jantung serta resiko terserang kanker. Sehingga konsumsi daging merah secara berlebihan juga terbukti dapat meningkatkan resiko kematian pada seseorang akibat penyakit-penyakit tersebut.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa mengkonsumsi daging merah setiap hari dapat meningkatkan resiko kematian diusia muda sebesar 12 %, peningkatan resiko kematian akibat serangan jantung sebesar 18% serta terserang kanker sebesar 10%.

Peningkatan itu terjadi jika seseorang tersebut mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dengan jumlah sekitar 85 gr daging merah setiap harinya. Seandainya dikurangi sekitar 42 gr saja, maka 1 dari 10 kasus kematian pria, dan 1 dari 13 kasus kematian pada wanita dapat dicegah.

Para peneliti menerangkan bahwa, konsumsi daging merah sebaiknya tidak lebih dari sekitar 70 gr per harinya. Dan akan lebih baik lagi jika dikonsumsi hanya pada saat-saat tertentu saja dan bukan sebagai bagian dari menu sehari-hari.

daging merah

Itu semua disebabkan karena daging merah yang banyak mengandung lemak jenuh, yang bila dikonsumsi secara berlebihan, mampu meningkatkan resiko gangguan terhadap jantung serta pembuluh darah.

Dan pada umumnya saat proses memasak daging merah, biasanya akan ditambahkan garam sebagai penambah rasa dan itu akan semakin meningkatkan resiko penyakit jantung.

Sedangkan jenis makanan lain seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, kacang-kacangan dan juga gandum memiliki resiko yang rendah, sehingga relatif aman bila dibandingkan dengan daging merah, untuk dikonsumsi dalam sehari-hari.

Dan bahkan selain demi menjaga kesehatan, mengurangi konsumsi daging merah ternyata dinilai lebih ramah terhadap lingkungan. Karena menurut beberapa penelitian, sekitar 50% dari emisi gas rumah kaca yang mencemari udara berasal dari proses pengolahan daging merah, mulai dari peternakan hingga menuju ke restoran.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang sering atau gemar mengkonsumsi daging merah, harus mempertimbangkan lagi kegemarannya itu demi kesehatan diri sendiri. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk konsumsi daging merah terlalu banyak.

Anda bisa menggantinya dengan mulai mengkonsumsi kacang-kacangan dan juga sayur-sayuran. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan, yang utamanya mengandung serat dan kalium tinggi, seperti pisang., yang tidak hanya menghambat radikal bebas dan zat karsinogenik namun juga baik untuk pencernaan dan juga mampu mengurangi kerusakan pada dinding usus.