Lindungi Rumah Anda Dari Kuman

keluarga di dalam rumah

keluarga di dalam rumah

Rumah yang bersih belum tentu sehat karena bisa saja ada kuman yang masih menempel di beberapa tempat. Maka dari itu penting sekali artinya untuk mencermati kembali cara untuk membersihkan rumah yang sangat menentukan kesehatan anggota keluarga di dalam rumah tersebut.

Terlebih lagi disaat musim hujan seperti sekarang ini, ketika berbagai macam kuman, bakteri, virus maupun jamur akan lebih cepat berkembang daripada di musim kemarau.

Membersihkan rumah dengan menggunakan cairan desinfektan akan lebih efektif untuk membunuh kuman berbagai penyebab penyakit yang sering terjadi di musim hujan seperti diare, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut, serta tifus. Selain itu penyakit lain yang sering terjadi di musim hujan adalah penyakit kulit, batuk serta radang tenggorokan.

Cairan desinfektan merupakan salah satu produk yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman. Bila digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan, maka akan sangat efektif dalam membunuh kuman. Bila dosisnya kurang, kemungkinan kuman tidak dapat berkembang biak namun belum mati sepenuhnya.

Di tempat seperti rumah, cairan desinfektan sangat efektif membasmi kuman di tempat-tempat yang biasanya merupakan tempat kuman berkembang biak yang sering kali tersentuh oleh tangan kita. Tempat berkembang biak kuman-kuman yang bisa menyebabkan penyakit di dalam rumah biasanya terdapat di dapur serta kamar mandi.

Di ruangan yang lain, kuman-kuman juga dapat menempel sehinga memungkinkan terjadinya kontaminasi silang, misalnya dadang pintu. Bahkan, mainan anak-anak yang sering berpindah tangan juga sangat berpotensi untuk menyebarkan kuman.

membersihkan karpet

membersihkan karpet

Menurut peneliti dan asisten manager R&D TM home Care PT Unilever Indonesia, yang bernama M Nanang Djumadi, penggunaan cairan desinfektan untuk kebersihan rumah empa kali lebih efektif untuk membunuh kuman daripada membersihkan rumah dengan cairan pembersih biasa, bahkan 10 kali lebgih efektif dalam membunuh kuman bila dibandingkan dengan cara membersihkan rumah hanya dengan air.

Sebagai contoh, desinfektan untuk pembersih rumah yang mengandung Etgoxylated Alcohol 4% serta Benzalkonium Chloride 2% terbukti ampuh dalam membasmi kuman sampai 99%. Desinfektan dengan kandungan 2 zat aktif tersebut juga memenuhi parameter bersih, kurang dari 150 RLU.

“Pengguna desinfektan yang mengandung 2 zat aktif tersebut dapat membuat berbagai kuman mati, seperti Staphylococcus aureus, E.coli, enterobacter yang dapat menyebabkan diare” ujar M. Nanang Djumadi

Selain pengaruh dari 2 zat aktif untuk membunuh kuman, efektifitas cairan desinfektan untuk melawan kuman juga ditentukan oleh dosis serta frekuensi pemakaian yang disesuaikan dengan kondisi rumah anda.

Umumnya, cairan desinfektan yang digunakan untuk membersihkan lantai rumah, takarannya cukup sebanyak 23 ml atau setara dengan satu tutup botol, untuk empat liter air atau setara dengan satu ember sedang yang setengahnya berisi air.

Bila kondisi dalam rumah anda terdapat banyak sekali noda maupun kotoran yang membandel, takarannya bisa ditambah sebanyak 2 kali lipat. Dengan takaran pemakaian yang tepat, cairan desinfektan mampu memproteksi keluarga anda selama 7 sampai 8 jam.

Bila hujan sampai menyebabkan rumah jadi kebanjiran, maka penggunaan cairan desinfektan untuk membersihkan rumah perlu memper hatikan tingkat kelembaban. Bila bau lembab masih menyengat di dalam rumah, tandanya masih banyak kuman yang menempel di dalam rumah tersebut. Pemakaian cairan desinfektan dapat dilakukan secara berulang-ulang sampau bau lembabnya hilang.

Permukaan yang dalam kondisi lembab atau basah, dapat menyebabkan kuman yang masih tertinggal untuk berkembang biak hanya dalam hitungan beberapa jam. Sementara di permukaan yang kering, selama belum ada kontaminasi atau belum ada benda dari luar yang masuk seperti sepatu yang menginjak lantai, maka rumah akan tetap terjaga kebersihannya dan tetap higienis.

menyikat lantai

menyikat lantai

Jangan pernah menganggap kegiatan seperti membersihkan rumah adalah hal yang sepele. Cara membersihkan yang tepat akan lebih efektif dalam hal membunuh kuman yang mudah berkembang biak di berbagai ruangan di rumah anda. Terlebih lagi pada musim hujan, saat kuman-kuman dapat berkembang biak dengan lebih cepat.

Lantai rumah, merupakan salah satu tempat yang perlu diwaspadai. Membersihkan lantai dengan menggunakan cairan desinfektan dapat menjadi solusi yang efektif untuk membasmi kuman-kuman di lantai.

Bila lantai rumah anda terlindung dari kuman, maka penghuni di dalam rumah tersebut akan terhindar dari berbagai resiko terjadinya penyakit akibat kuman yang biasa menempel di lantai.

Beberapa jenis kuman yang sering menempel di lantai rumah, meliputi:

  • E.coli. Kuman ini berpotensi menyebabkan gejala seperti muntah serta diare
  • Pseudomonas aeruginosa. Kuman ini dapat menyerang luka yang terbuka seperti borok serta dapat menyebabkan terjadinya penyakit diare pada orang dewasa maupun bayi yang baru lahir.
  • Staphylococcus aureus. Kuman ini dapat menyebabkan keracunan makanan serta dapat membentuk nanah pada luka yang terbuka.
  • Enterobacter spp dan Citrobacter spp. Dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih serta infeksi pada sistem pernapasan.
  • Klebsiella spp. Dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih maupun sistem pernapasan.
  • Shigella spp. Merupakan suatu patogen enterik yang dapat menyebabkan disentri serta diare berat.

Ketika musim hujan yang dapat menyebabkan kelembaban yang tinggi di dalam rumah, berbagai macam kuman akan dapat berkembang semakin cepat. Cara yang baik dan paling sederhana untuk membersihkan lantai rumah anda dengan menggunakan air yang dicampur dengan cairan desinfektan. Selain itu, cara lain agar para anggota keluarga yang ada di dalam rumah tersebut tetap sehat maka pastikanlah agar semua makanan maupun minuman di dalam rumah tersebut tidak terkontaminasi dengan kuman.