Mahalnya Biaya Pengobatan Yang Anda Keluarkan Jika Terserang Diabetes

pengobatan diabetes

pengobatan diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang mahal harganya, karena selain susah untuk disembuhkan, diabetes dapat memicu munculnya berbagai komplikasi penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

“Penyakit diabetes itu bukan suatu penyakit yang murah, jika sudah terserang diabetes maka biaya yang dikeluarkan itu mahal” kata Dr Samuel Oetoro, Sp.GK, seorang spesialis gizi klinik dari MRCCC Siloam Hospital.

Seseorang dapat dikatakan terserang diabetes jika kadar gula dalam darahnya meningkat akibat dari adanya gangguan sistem metabolisme tubuh, dimana hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kadar gula darah pada penderita diabetes rata-rata mencapai lebih dari 200 mg/dl, ketika dalam kondisi tidak puasa, atau lebih dari 126 mg/dl ketika dalam kondisi puasa. padahal, untuk ukuran gula darah yang normal adalah 80 hingga 140 mg/dl saat tidak puasa, serta dibawah 100 mg/dl pada saat puasa.

suntikan insulin

suntikan insulin

Jika kadar gula darahnya sekitar 140 mg/dl sampai 199mg/dl saat tidak puasa, dan 100 mg/dl sampai 125 mg/dl pada saat puasa maka kondisi seperti ini sudah termasuk dalam kategori pra diabetes dan dapat berpotensi mengalami diabetes.

Ketika seseorang telah didiagnosa menderita penyakit diabetes, maka orang tersebut sudah tidak dapat disembuhkan lagi. Namun, kondisi diabetes yang dideritanya tersebut masih bisa dikendalikan serta dikelola agar tetap stabil.

Namun, bila penyakit diabetes yang dideritanya ini tidak dapat dikendalikan dengan baik, maka hal ini bisa memicu berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya seperti stroke, jantung, kebutaan dan bahkan harus diamputasi.

Dibawah ini adalah biaya pengobatan yang harus dikeluarkan oleh seseorang yang telah didiagnosa terserang diabetes, yaitu:

  • Biaya konsultasi.

Pasien diabetes diharuskan untuk mengeluarkan biaya sekitar Rp 1 hingga 2 juta setiap tahunnya hanya untuk biasa konsultasi ke dokter spesialis saja. Dan untuk biaya 1 kali konsultasi ke dokter spesialis anda bisa saja dikenai biaya sekitar Rp 250 sampao 400 ribu. Sekarang anda hitung saja sendiri berapa per tahunnya.

  • Biaya pengobatan

Di samping diharuskan untuk menjalankan pola hidup sehat, pasien diabetes juga membutuhkan obat-obatan untuk mengontrol kestabilan gula darahnya. Jika organ pankreas sudah tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin, maka sudah barang tentu si pasien memerlukan suntikan insulin selama seumur hidup. Total biaya keseluruhan yang dibutuhkan untuk berbagai macam obat-obatan memerlukan sekitar Rp 1 hingga 2 juta setiap bulannya.

  • Suplemen penunjang kesehatan

Beberapa pasien diabetes juga memerlukan suplemen tambahan sebagai penunjang kesehatannya selain metode pengobatan yang dikonsumsinya. Dan umumnya biaya yang dihabiskan untuk kebutuhan seperti ini sekitar Rp 950.000 setiap bulannya.

  • Operasi (jika terserang katarak)

Umumnya penderita diabetes juga sangat berpotensi mengalami kebutaan karena terserang katarak apabila kada gula darahnya tidak terkendali dengan baik. Untuk iperasi seperti ini akan memerlukan biaya sebesar Rp 15 hingga 20 juta.

  • Biaya cuci darah.

Jika penyakit diabetes yang dideritanya tidak dapat dikendalikan dengan baik, maka hal ini akan sangat membahayakan organ ginjalnya. Dengan adanya kerusakan pada organ ginjalnya, maka pasien diabetes akan sangat berpotensi mengalami penyakit gagal ginjal. Orang yang sudah terserang gagal ginjal maka akan sangat memerlukan cuci darah yang dapat menghabiskan biaya sekitar Rp 50 hingga 60 juta setiap tahunnya.

  • Stroke

Jika keadaan diabetes sudah tidak terkendali lagi, maka hal ini akan menyebabkan penyumbatan darah atau aterosklerosis. Jika darah yang tersumbat itu menuju ke otak, maka di pasien akan mengalami stroke. Jika hal ini terjadi, maka si pasien diharuskan untuk mengeluarkan biaya sekitar RP 40 hingga 50 juta.

  • Serangan jantung

Jika keadaan diabetes semakin parah dan tidak terkendali, maka akan sangat berpotensi sekali untuk memunculkan serangan jantung, karena adanya penyumbatan pembuluh darah pada organ jantung. Dan umumnya pasien akan dikenai biaya sebesar Rp 60 sampai 80 juta.

  • Amputasi

Ketika pengidap diabetes mengalami luka-luka, maka luka tersebut akan sangat sulit sekali untuk disembuhkan dan seringkali pengidap diabetes harus rela untuk diamputasi. Dan untuk biaya amputasi, pasien akan dikenai biaya sebesar Rp 130 sampai 150 juta.

Maka dari itu, tindakan pencegahan merupakan suatu tindakan yang sangat tepat agar anda tidak terserang penyakit diabetes. Jagalah gaya hidup anda, menjaga pola makan, tetap berolah raga, jauhi stres merupakan cara yang terbaik sebagai tindakan pencegahan.

Dan semua itu akan semakin baik lagi jika anda tambah dengan cara mengkonsumsi Nectura secara rutin, untuk menunjang kesehatan tubuh anda dan terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes.