Makanan Sehat Yang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

makanan sehat

makanan sehat

Ada begitu banyak jenis makanan sehat. Mengkonsumsi makanan sehat sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Namun, makanan sehat sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Seperti yang pernah kita bicarakan sebelumnya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Termasuk makanan sehat. Mengkonsumsi makanan sehat secara berlebihan justru dapat menganggu kesehatan kita.

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja makanan sehat yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita, bila dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa jenis makanan sehat yang bisa berbahaya bagi kesehatan, meliputi:

  • Apel

Apel sangat baik untuk kesehatan. Namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi apel secara berlebihan akan menyebabkan gangguan pada system pencernaan. Selain itu, biji buah apel juga sangat berbahaya. Buang biji buah apel sebelum anda mengolah apel menjadi jus. Biji bauh apel mengandung sianida yang bersifat racun.

  • Wortel
jus wortel

jus wortel

Mengkonsumsi wortel memang sangat disarankan untuk menunjang kesehatan. Namun, mengkonsumsi wortel secara berlebihan akan membuat kulit kita menjadi berwarna jingga. Hal seperti ini mungkin akan merubah penampilan anda secara keseluruhan. Kondisi seperti ini disebabkan karena terlalu banyak betakaroten dalam tubuh kita.

Betakaroten merupakan zat yang memberikan warna oranye pada wortel dan mudah larut dalam lemak. Tubuh kita akan terus menyimpan betakaroten dalam jumlah yang berlebihan sehingga warna kulit kita berubah seperti warna sayuran wortel. Biasnaya kondisi seperti ini banyak dialami oleh anak-anak maupun bayi.

  • Ikan tuna

Ikan tuna merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Ikan tuna hidup dengan cara memangsa ikan-ikan kecil. Ikan tuna bisa berbahaya bagi kesehatan kita, karena mereka cenderung mengandung merkuri. Merkuri yang terkandung dalam ikan tuna berasal dari akumulasi ikan-ikan kecil yang di konsumsi sehari-hari. Bila kita mengkonsumsi ikan tuna lebih dari 6 ons setiap minggu, maka tubuh kita akan keracunan merkuri yang terkandung dalam daging ikan tuna. Maka dari itu, sebaiknya wanita yang sedang hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi tuna.

  • Teh kombucha

Teh kombucha dikenal sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan probiotik. Sebaiknya jangan mengkonsumsi teh kombucha secara berlebihan, karena memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kita. Ternyata, teh kombucha mengandung asam laktat yang dapat memicu serangan panic berlebihan pada orang-orang yang sensitive terhadap asam laktat. Selain itu, teh kombucha juga mengandung alcohol. Memang, kandungan alcohol dalam teh kombucha sangat kecil, namun akan berubah menjadi memabukkan bila dikonsumsi secara berlebihan.

  • Belimbing
jus buah belimbing

jus buah belimbing

Mengkonsumsi buah belimbing baik untuk kesehatan. Namun, mengkonsumsi buah belimbing secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan.

Keracunan belimbing akan menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, tekanan darah rendah, cegukan, lemas serta kejang-kejang. Yang lebih berbahaya lagi, keracunan belimbing dapat menyebabkan gagal ginjal. Kondisi seperti ini disebabkan oleh adanya agen yang bersifat depresan pada buah belimbing yang mampu menganggu system saraf pusat, seperti kerja alcohol.

  • Kopi

Jangan mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan. Kopi memiliki kemampuan untuk menekan depresi. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan menibulkan gejala yang tidak mengenakkan, seperti jantung berdebar, bingung, pusing dan mampu menyebabkan serangan jantung mendadak. Selain itu, konsumsi kopi terlalu berlebihan akan menyebabkan susah tidur.

  • Pala

Mengkonsumsi pala baik untuk mengurangi bau napas yang tidak sedap serta menghangatkan tubuh. Namun, biji pala memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Biji pala dapat menyebabkan seseorang mengalami halusinasi, selalu merasa cemas serta selalu merasa takut tanpa sebab apapun.

  • Jus dalam kemasan

Jus dalam kemasan, baik itu jus buah maupun jus sayuran sebenarnya sama buruknya dengan minuman ringan. Jus dari buah maupun sayuran segar yang kita buat sendiri akan lebih menyehatkan daripada jus buah maupun sayuran dalam kemasan. Jus dalam kemasan kebanyakan mengandung gula tinggi fruktosa yang kadarnya cukup tinggi. Mengkonsumsi jus dalam kemasan secara berlebihan akan membuat tubuh kita memproduksi insulin dalam jumlah yang lebih banyak untuk mencerna gula yang terkandung dalam jus dalam kemasan. Lama kelamaan insulin dalam tubuh kita menjadi kurang peka sehingga menyebabkan kita mengidap diabetes. Selain itu, gula yang berlebihan juga akan menyebabkan obesitas.

  • Air

air putih 4Air baik untuk mengembalikan cairan dalam tubuh sehingga mencegah kita dari bahaya dehidrasi. Namun, mengkonsumsi air secara berlebihan tanpa mempertimbangkan kadar kalium serta natrium di dalamnya akan membuat sel-sel darah dalam tubuh kita menjadi lebih encer. Sel-sel darah yang lebih encer tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya, karena mereka cenderung tidak memiliki kemampuan dalam mengirimkan sinyal listrik.

  • Air bervitamin

Sebenarnya, air bervitamin terbuat dari air yang dicampur dengan berbagai macam vitamin. Selain mengandung vitamin, air bervitamin juga mengandung gula. Tanpa kita sadari, kandungan gula dalam air bervitamin lebih tinggi daripada minuman bersoda.

  • Margarin

Penggunaan margarin secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Margarin mengandung lemak trans yang cukup tinggi. Margarin yang bentuknya padat justru memiliki lebih banyak lemak trans. Lemak trans mampu meningkatkan kadar LDL atau kolsterol jahat dalam tubuh kita. Peningkatan LDL dalam tubuh kita akan menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan stroke maupun jantung coroner.

  • Yoghurt rendah lemak

Yoghurt rendah lemak memang memiliki kandungan lemak yang rendah. Namun sayangnya, yoghurt rendah lemak justru mengandung lebih banyak pemanis buatan, yaitu aspartame. Pemanis buatan sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan munculnya tumor maupun kanker.