Makanan Serta Minuman Penyebab Bau Mulut

bau mulut

bau mulut

Bau mulut yang tidak sedap dapat dipicu oleh berbagai macam hal, seperti kandungan senyawa tertentu yang terkandung di dalam makanan serta minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Ada banyak sekali jenis makanan serta minuman yang bisa menyebabkan munculnya masalah seperti bau mulut. Berbagai jenis makanan serta minuman dapat menyebabkan munculnya bau mulut karena adanya senyawa tertentu seperti protein atau asam.

Ada juga makanan serta miuman yang menyebabkan munculnya bau mulut karena sifat fisiknya. Contohnya, ada makanan serta minuman yang dapat menyebabkan mulut menjadi kering sehingga memicu pertumbuhan bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.

Beberapa jenis makanan sudah dikenal sebagai makanan serta minuman yang dapat menyebabkan munculnya bau mulut, seperti bawang, petai serta kopi.

Dibawah ini berbagai jenis makanan serta minuman penyebab bau mulut disertai dengan penjelasan mengapa makanan serta minuman tersebut dapat menyebabkan munculnya bau mulut.

  • Minuman energi serta alkohol

Minuman energi serta alkohol dapat menyebabkan dehidrasi sehingga kadar air luir dalam mulut menjadi turun. Padahal, air liur berfungsi untuk memusnahkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain minuman energi serta alkohol, minuman berelektrolit juga dapat menyebabkan bau mulut.Sebab, kadar asam yang terkandung dalam minuman elektrolit juga dapat menyebabkan mulut kering.

  • Susu dan produk olahan susu
produk olahan susu

produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu mudah menempel di bagian gigi serta mulut sehingga menjadi makanan bagi bakteri-bakteri penyebab bau mulut untuk berkembang biak.Sebagian orang tidak memiliki kemampuan untuk mencerna susu dengan baik karena mengalami intoleransi laktosa. Hal seperti inilah yang memicu munculnya bau mulut. Cara mencegah bau mulut karena susu adalah dengan mengkonsumsi yoghurt yang mengandung prebiotik. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt akan membantu kita untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

  • Permen

Selain dapat menyebabkan gigi keropos, permen juga dapat menyebabkan bau mulut. Bakteri dalam mulut yang bercampur dengan gula akan menyepaskan senyawa sulfur yang menimbulkan bau dalam mulut.

  • Daging merah

Daging merah kaya akan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan. Namun, daging merah juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Daging ayam maupun daging ikan juga mengandung protein tapi justru tidak menyebabkan bau mulut.

  • Bawang

Bawang seperti bawang merah, bawang putih maupun bawang bombai mengandung sulfur serta mercaptan yang memiliki bau yang tidak sedap. Sulfur serta mercaptan akan disalurkan oleh darah ke seluruh tubuh termasuk ke dalam organ paru-paru. Dari organ paru-paru uapnya akan keluar bersama dengan udara dari pernapasan sehingga memicu munculnya bau mulut.

  • Rempah-rempah

Rempah-rempah tertentu juga dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Untuk mencegah munculnya bau mulut karena pemakaian rempah-rempah dalam sebuah masakan, anda bisa memasukkan jeruk nipis ke dalam masakan .

  • Telur
telur ayam rebus

telur ayam rebus

Telur juga jenis makanan yang kaya akan kandungan protein sama seperti daging merah. Protein yang terkandung dalam telur nantinya akan menyebabkan munculnya bau mulut. Ketika protein ini bereaksi dengan cairan asam yang terdapat dalam saluran pencernaan, maka protein akan melepskan bau yang tidak sedap dayng akan terbawa kembali ke rongga mulut.

  • Kopi

Minuman seperti kopi dapat meningkatkan kadar keasaman dalam rongga mulut. Kopi akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob secara berlebihan sehingga mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Tembakau

Sebenarnya tembau bukanlah jenis makana serta minuman. Tembakau yang terdapat dalam rokok dapat membuat rongga mulut menjadi kering. Rongga mulut yang kering akan memicu bakteri anaerob untuk terus berkembangbiak dalam jumlah banyak sehingga muncul bau mulut.