Makanan Serta Minuman Untuk Memperkuat Tulang

tulang manusia

tulang manusia

Tulang dalam tubuh kita berfungsi untuk menyangga berbagai organ yang ada pada tubuh kita. Tanpa adanya tulang, tubuh kita akan sulit sekali untuk berdiri dengan baik.

Tulang dalam tubuh kita mulai terbentuk sejak manusia masih berada di dalam kadungan serta terus menerus berlangsung sampai dekade kedua dalam sebuah susunan yang teratur.

Agar tulang dapat tumbuh dengan baik, maka kita harus menjaga pertumbuhan serta kesehatan sejak usia dini. Salah satu cara yang terbaik tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta berolahraga secara teratur.

Seperti yang kita ketahui bersama, makanan yang baik untuk tulang kita pada dasarnya terdiri dari dua jenis yaitu vitamin D serta kalsium.

tulang manusia

tulang manusia

Vitamin D diperlukan bagi tubuh kita karena berperan penting dalam menyerap kalsium untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang.

Kalsium sendiri merupakan mineral yang penting dalam tubuh kita yang disimpan di dalam tulang. Bila kita tidak mendapatkan kalsium dalam jumlah yang mencukupi, maka tulang akan cenderung mengalami kerapuhan serta mudah sekali untuk patah.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang berbagai jenis makanan dan minuman yang baik sekali untuk menjaga serta menguatkan tulang.

  • Susu

Susu baik untuk kesehatan serta menguatkan tulang. Susu mengandung banyak kalsium serta vitamin D yang dapat dikonsumsi secara teratur 2 sampai 3 kali secara teratur untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dalam tubuh kita.

Apalagi bila anda mengkonsumsi susu yang khusus untuk menjaga pengeroposan tulang yang didalamnya terkandung kalsium dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Selada air dan kangkung

Selada air dan kangkung juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Bayam juga merupakan sayuran yang berdaun gelap namun mengandung asam oksalat sehingga dapat membuat kalsium yang terkandung di dalam bayam tidak dapat diseraps ecara sempurna oleh tubuh kita.

  • Ikan Salmon
ikan salmon

ikan salmon

Vitamin D juga dapat ditemukan pada ikan salmon. Cukup dengan cara mengkonsumsi ikan salmon maka kebutuhan akan vitamin D harian dalam tubuh kita akan dapat tercukupi dengan baik. Tulang dari ikan salmon juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh kita.

  • Lele

Lele merupakan jenis makanan yang banyak disukai karena selai rasanya yang gurih dan enak serta harganya tidak terlalu mahal.

Lele mengandung vitamin D serta kalsium yang baiks ekali untuk pertumbuhan serta memperkuat tulang dalam tubuh kita.

  • Keju

Keju merupakan makanan dari olahan susu yang juga mengandung kalsium. Keju jenis mozarella justru mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga bagus sekali jika dikonsumsi untuk pertumbuhan serta memperkuat tulang.

  • Yoghurt

Yoghurt juga merupakan produk olahan susu yang juga mengandung kalsium bahkan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan susu. Bila anda mengalami alergi susu, maka anda dapat menyiasatinya dengan cara mengkonsumsi yoghurt untuk mencukupi kebutuhan kalsium bagi tubuh kita.

  • Kacang almond

Kacang almond ternyata juga mengandung kalsium yang dapat menjaga serta memperkuat tulang kita. Almond juga mengandung kolesterol serta rendah lemak dan juga mengandung protein yang baik untuk tubuh kita.

  • Brokoli

Brokoli mengandung vitamin D serta mengandung kalsium yang cukup tinggi karena hampir sama dengan kalsium yang terkandung di dalam segelas susu.

Selain mengandung vitamin D dan kalsium, brokoli juga mengandung vitamin C, serta serta berbagai nutrisi lain yang dapat melawan kanker.

Itulah berbagai macam makanan dan minuman yang dapa memperkuat tulang karena mengandung vitamin D serta kalsium yang baik sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.