Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Wanita

woman-eating-saladPola makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh serta kestabilan hormone, baik pada pria maupun wanita. Berbeda dengan pria, wanita mengalami mestruasi serta menopause.

Selain itu, wanita juga lebih sering mengalami atau merasakan kembung. Maka dari itu, wanita perlu untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Pada umumnya, wanita memiliki susunan hormone tubuh yang unik daripada pria.

Itulah sebabnya beberapa jenis makanan tertentu dapat mempengaruhi kesehatan serta keseimbangan hormonal dalam tubuh wanita. Namun, terkadang wanita memiliki pandangan atau pesepsi yang salah tentang beberapa jenis makanan yang menyehatkan.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh wanita, untuk menjaga kesehatan tubuh serta keseimbangan hormone dalam tubuh:

  • Soda rendah kalori
minuman bersoda dalam botol

minuman bersoda dalam botol

Minuman bersoda yang rendah kalori belum tentu menyehatkan. Banyak wanita yang berpikir bahwa mengkonsumsi soda diet yang rendah kalori akan membantu dalam hal mengurangi berat badannya.

Soda rendah kalori tetap mengandung soda dan tetap mengandung kalori, walaupun sedikit. Nyatanya, dalam sebuah penelitian, minuman soda rendha kalori tidak mengandung nilai gizi sama sekali sehingga justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda jenis apapun. Selain memicu buang air kecil yang lebih sering, minuman bersoda jenis apapun juga akan memperberat kerja ginjal. Minuman yang mengandung soda juga dapat memicu terjadinya penyakit maag dan dapat menyebabkan stress serta depresi. Sebaiknya konsumsilah minuman yang lebih sehat, seperti the serta air putih.

  • Permen karet

Mengunyah permen karet dapat mengurangi stress dan baik untuk kesehatan. Belakangan ini banyak sekali permen karet bebas gula yang dijual dipasaran.

Permen karet bebas gula ini umumnya mengandung bahan kimia yang bisa saja berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, mengunyah permen karet terlalu lama akan menyebabkan udara masuk ke dalam perut sehingga nantinya akan memicu rasa kembung.

  • Daging merah
daging merah

daging merah

Daging merah baik untuk kesehatan, selama dikonsumsi secara bijak. Berdasarkan sebuah penelitian di Harvard, terlalu banyak mengkonsumsi daging merah akan membuat berat badan wanita menjadi meningkat sehingga lebih cepat gemuk.

Selain itu, kita perlu lebih waspada terhadap daging merah karena bisa saja masih terdapat hormone pertumbuhan yang sering digunakan untuk menggemukkan hewan ternak.

Sebaiknya kurangi konsumsi daging merah dan perbanyak konsumsi ikan maupun biji-bijian yang baik untuk keseimbangan hormone wanita.

  • Yoghurt

Pada dasarnya, yoghurt merupakan jenis makanan yang menyehatkan. Konsumsi yoghurt baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Namun, yoghurt juga mengandung perasa serta gula yang tersembunyi. Selain itu ada juga yoghurt yang kandungan lemaknya tinggi.

Sayangnya, yoghurt rendah lemak justru nilai gizinya kurang. Bahkan ada yang menyatakan bahwa yoghurt rendah lemak juga dapat berpengaruh pada kesuburan wanita. Sebaiknya pilihlah yoghurt polos atau plain yoghurt tanpa perasa serta jangan terlalu banyak topping. Semakin sederhana yoghurt yang anda konsumsi akan sangat baik untuk kesehatan tubuh serta hormone anda.

  • Suplemen kalsium tinggi

Kalsium tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga, banyak sekali wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium tinggi. Namun, bila kalsium dikonsumsi secara berlebihan nantinya justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Suplemen kalsium tinggi bisa saja mengandung zat kapur. Zat kapur sulit sekali untuk dicerna oleh tubuh kita. Maka dari itu, sebaiknya kurangi penggunaan suplemen kalsium tinggi. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung kalsium untuk mendapatkan kalsium yang baik dalam jumlah yang cukup demi menjaga kesehatan serta keseimbangan hormonal.

  • Kafein

KafeinSebaiknya hindari juga jenis makanan maupun minuman yang mengandung kafein, khususnya selama menstruasi. Kafein memiliki efek yang buruk yaitu dapat menyempitkan pembuluh darah.

Saat pembuluh darah mengalami penyempitan, maka akan menyebabkan dehidrasi yang sulit untuk dihindari. Dehidrasi pada saat menstruasi pada wanita dapat menyebabkan depresi ringan serta sakit kepala yang sulit disembuhkan.

  • Ragi

Jenis makanan yang mengandung ragi, seperti keju, roti, pasta, tapai dan lain sebagainya, sebaiknya juga dihindari. Meski belum dapat ditemukan secara spesifik, ragi disinyalir dapat memicu timbulnya cairan yang menyebabkan keputihan secara berlebihan. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya keputihan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung ragi.

  • Garam

Makanan yang kaya akan garam, seperti keripik, dapat memicu hormone kortisol yang nantinya akan memproduksi hormone yang menyebabkan stress.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam, akan menyebabkan stress berkepanjangan. Hal seperti ini akan mempengaruhi kondisi psikologis pada seorang wanita, terlebih lagi pada wanita yang sudah menopause.