Manfaat Beligo

beligo

Kundur atau orang biasa menyebutnya beligo memiliki nama ilmiah Benincasa hispida, merupakan jenis tumbuhan merambat serta memiliki buah yang dapat dimakan. Meskipun sekilas mirip dengan melon tapi buah ini termasuk dalam jenis sayuran.

Buah ini memiliki kulit yang halus seperti mentimun serta berbulu pada pemukaan kulitnya saat masih mentah. Saat matang, bulunya akan menghilang serta dagingnya akan menjadi lunak, dan mampi bertahan lama.

Bentuknya ada yang bulat, juga ada yang bulat memanjang dan bahkan bisa mencapai hingga dua meter panjangnya, walaupun dipasaran ukuran panjangnya sekitar setengah hingga satu meter saja.

Dagingnya berwarna putih dengan deretan biji-biji berukuran kecil, mirip seperti mentimun. Meskipun lebih mirip mentimun, namun beligo termasuk dalam keluarga labu-labuan.

Daging buahnya selain dapat diolah menjadi sayuran, bisa juga di manfaatkan sebagai bahan minuman. Orang Tiongkok biasa mengolah dagingnya menjadi manisan yang biasa disebut dengan nama manisan Tangkwee.

kebun beligo

Beligo memiliki banyak nama di berbagai tempat, seperti Butong, Gundur, Sardak, Leyor, Kundo, Laha, atau Undru dan masih banyak lagi. Sedangkan di luar negeri buah ini sering disebut winter melon karena kulit buahnya yang berselaput putih seperti diselimuti salju.

Beligo mengandung air, protein, karbohidrat, serat pangan, kalori, kalsium, zar besi, karoten, serta vitamin. Dan ternyata kandungan vitamin C dalam beligo sangat tinggi. Bahkan katanya 200% lebih tingg bila dibandingkan dengan tomat.

Beligo tidak mengandung lemak, sehingga cocok sekali untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Beligo memiliki banyak manfaat yaitu untuk mencegah serta mengatasi penyakit, seperti lever, sirosis, hepatitis, diabetes, beri-beri, TBC, kanker, radang pada ginjal, diare, keracunan, memperlancar buang air kecil maupun besar, hingga menghaluskan kulit.

Dengan kandungan kalium yang tinggi namun rendah sodium, maka cocok sekali untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi, gangguan ginjal, serta beri-beri.

Beligo juga mengandung senyawa molydenum yang dapat menghancurkan zat yang bersifar karsinogenik yang dapat menimbukan penyakit kanker.

Beligo juga mengandung karotenoid, Vitamin A dan C, serat serta mineral. Dapat dijadikan sebagai obat untuk tekanan darah tinggi serta untuk mengobati diabetes.