Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

buah melon

buah melon

Melon, merupakan salah satu jenis buah yang berbentuk bulat dengan kulit serta daging buah yang berwarna hijau kekuningan. Daging buah melon mengandung banyak air dan mirip sekali dengan buah semangka. Melon cocok untuk dikonsumsi ketika cuaca sedang panas untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Buah melon memiliki nama ilmiah Curcumis melo, masih berkerabat dengan buah semangka, labu serta blewah, karena masih termasuk dalam family Cucurbitaceae. Daging buah melon memiliki struktur yang lembut dengan rasa manis menyegarkan, sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

Melon berasal dari benua Afrika dan Asia barat daya. Namun secara bertahap buah melon mulai muncul di Eropa menjelang masa akhir kekaisaran Romawi. Buah melon mulai dibudi dayakan sejak tahun 1600an.

Beberapa suku asli di Amerika dan new Mexico, seperti Acoma, Isleta, Cochiti, Navajo, Santo Domingo serta San Felipe, mempertahankan keaslian dan karakteristik dari buah melon yang diperkenalkan di Spanyol. Bahkan ada sebuah organisasi di sana yang bekerja untuk melestarikan varian buah melon asli dari Spanyol.

Melon umumnya digunakan sebagai buah meja. Biasa dikonsumsi secara langsung maupun di jus. Namun, buah melon bukan hanya sekedar buah biasa karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melon merupakan jenis buah yang mengandung banyak gizi. Bukan hanya daging buahnya saja, benih atau biji melon digunakan untuk pengobatan demam serta gangguan pada system pencernaan di China. Bahkan di tempat lain benih melon di keringkan dan digiling sampai menjadi bubuk dan digunakan untuk pengobatan tuberculosis.

melon dan kerabatnya

melon dan kerabatnya

Buah melon disinyalir mengandung kalium yang cukup tinggi. Karena buah melon kaya akan kandungan air, buah melon termasuk dalam jenis buah yang bersifat diuretic.

Selain kandungan kalium, buah melon juga mengandung lycopene, suatu senyawa bersifat antioksidan yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Sehingga buah melon dipercaya mampu mencegah terjadinya kanker.

Mengkonsumsi buah melon secara rutin akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Kandungan nutrisi, vitamin serta mineral dalam buah melon dapat dikatakan lengkap.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah melon, meliputi:

  • Menjaga daya tahan tubuh

Buah melon mengandung vitamin C yang nantinya akan membuat daya tahan tubuh kita semakin meningkat. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh kita, maka kita akan tetap sehat dan terjaga dari baha berbagai penyakit.

  • Menjaga kesehatan mata

Buah melon mengandung vitamin A yang relative tinggi. Vitamin A yang terkandung di dalam buah melon akan membantu kita dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita, khususnya mata. Dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin maka daya penglihatan mata kita akan semakin tajam.

  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Buah melon juga mengandung kalsium. Menjaga kesehatan tulang dan gigi tidak hanya membutuhkan kalsium saja. Dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi kita juga perlu vitamin A. Kandungan vitamin A dalam buah melon juga akan ikut membantu dalam menjaga kesehatan serta memperkuat tulang dan gigi.

  • Menjaga kesehatan jantung

melon potonganKandungan kalium serta potassium dalam buah melon dapat membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi serta mengurangi dampak buruk dari makanan yang mengandung natrium.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi akan meningkatkan tekanan darah, yang nantinya juga akan berdampak buruk pada kesehatan organ jantung kita.

  • Mencegah terjadinya kanker

Sama seperti kerabat dekatnya, yaitu semangka, melon juga mengandung lycopene yang mampu mencegah terjadinya kanker. Lycopene merupakan senyawa antioksidan yang baik sekali untuk mencegah berbagai jenis penyakit kanker.

  • Mencegah penuaan dini

Selain mengandung antioksidan, melon juga mengandung kolagen. Kolagen sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan kolagen dalam buah melon akan menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya penuaan dini.

  • Menjaga kesehatan organ pencernaan

Melon memiliki banyak kandungan air dan serat yang nantinya akan membantu kita dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat dalam buah melon akan menjauhkan kita dari sembelit atau susah buang air besar.

  • Mencegah stroke

Buah melon juga bisa kita konsumsi untuk mencegah penyakit stroke. Melon mengandung adenosine yang akan membantu kita dalam mengatasi serta mencegah terjadinya penggumpalan darah yang merupakan gejala awal dari penyakit stroke.

  • Mencegah diabetes

melon thumbnailBuah melon termasuk jenis buah yang rendah kalori serta rendah lemak. Mengkonsumsi buah melon segar secara rutin akan mengurangi resiko terserang berbagai penyakit serius, salah satunya adalah diabetes.

  • Meredakan panas dalam

Melon mengandung banyak air. Dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin pada cuaca yang panas akan mencegah terjadinya panas dalam. Selain mencegah juga bisa meradakan panas dalam.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan air dalam buah melon juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi buah melon maka kita akan terhindar dari bahaya penyakit ginjal.

  • Baik untuk ibu hamil

Umumnya, ibu-ibu yang sedang hamil akan lebih sering merasakan mual dan ingin muntah. Dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin, akan mencegah timbulnya rasa mual dan ingin muntah pada ibu-ibu yang sedang hamil. Selain itu buah melon juga akan membantu dalam hal pertumbuhan janin selama masa kehamilan.