Manfaat Dan Dampak Buruk Dari Kelebihan Vitamin D

sumber vitamin D

sumber vitamin D

Vitamin D, merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani. Bagian dari tubuh kita yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin D adalah tulang. Vitamin D dapat membantu metabolisme kalsium serta untuk memineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D ketika terkena paparan sinar matahari atau sinar ultaviolet.

Bila kadar vitamin D dalam tubuh kita terlalu rendah, maka tubuh kita akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O serta X. Selain itu, gigi juga akan mudah sekali mengalami kerusakan serta otot dalam tubuh kita akan sering mengalami kejang.

Penyakit lain yang terjadi karena kekurangan vitamin D adalah osteomalasia, yaitu suatu penyakit karena hilangnya unsur kalsium serta fosfor secara berlebihan pada bagian tulang. Penyakit ini sering ditemukan pada remaja.

Sedangkan pada manula, kekurangan vitamin D akan menimbulkan penyakit osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang sebagai akibat dari berkurangnya kepadatan tulang.

Berbagai sumber vitamin D, meliputi:

  • Sinar matahari pagi

Paparan sinar matahari yang berlebihan memang dapat menyebabkan munculnya kanker kulit, namun tubuh kita tetap harus terkena sinar matahari. Vitamin D bisa kita dapatkan dari sinar matahari. Dalam kulit kita terdfapat suatu hormon yang nantinya akan berubah menjadi vitamin D bila terkena paparan sinar matahari. Setelah itu vitamin D akan disimpan dalam organ hati serta diaktifkan kembali dalam ginjal untuk membantu kita dalam menyerap kalsium serta fosfor.

  • Susu
minum susu

minum susu

Susu terbagi menjadi dua, yaitu susu dari hewan seperti susu sapi maupun susu dari tumbuhan seperti susu kedelai. Susu merupakan penyumbang vitamin D terbanyak. Susu mengandung vitamin D sebesar 98 IU atau sekitar 25% dari kebutuhan tubuh kita akan vitamin D. Selain memberikan vitamin D, susu juga dapat menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Pastikan anda mengkonsumsi susu rendah lemak.

  • Telur

Telur juga mengandung vitamin D. Bagian kuning telur mengandung banyak vitamin D yang baik untuk tubuh kita. Kuning telur mengandung 40 IU vitamin D. Maka dari untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tidak ada salahnya bila kita mengkonsumsi telur sebanyak 1 sampai 2 butir per hari agar tubuh kita tetap sehat.

  • Ikan

Ikan juga dapat kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Ikan umumnya memiliki kandungan omega 3 yang juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, omega 3 juga bermanfaat untuk tumbuh kembang otak anak-anak kita. Namun tidak semua jenis ikan yang bisa kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D banyak terdapat pada ikan salmon, tuna maupun sarden.

  • Keju

Keju merupakan produk olahan susu. Karena keju merupkana produk olahan susu, maka keju juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan kita. Namun anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi keju karena kandungan lemaknya juga cukup tinggi. Sebaiknya cukup dengan mengkonsumsi selembar keju setuap hari untuk bisa mencukup kebutuhan vitamin D harian.

  • Jamur
sup krim jamur

sup krim jamur

Jamur merupakan tanaman yang juga mengandung vitamin D yang lebih banyak dari pada tanaman yang lain. Namun, tidak semua jenis jamur yang memiliki banyak kandungan vitamin D. Jamur mengandung senyawa ergostreol yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin D bila terkena paparan cinar matahari pagi. Jenis jamur yang banyak mengandung vitamin D adalah jamur tiram yang nilai kandungan vitamin D nya mencapai 272 IU.

  • Udang

Udang juga mengandung vitamin D. Dalam 85 gram udang terkandung 129 IU vitamin D atau sebanyak 32% kebutuhan vitamin D bagi tubuh kita. Namun pada sebagian orang, udang juga dapat menyebabkan alergi. Jika memang anda memiliki masalah alergi udang sebaiknya konsumsi makanan yang lain yang juga mengandung vitamin D.

  • Sereal

Sereal ternyata juga mengandung vitamin D yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan vitamin D dalam sereal tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 40 IU saja. Maka dari itu, anda bisa mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan anda sebelum beraktivitas untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

Dalam berbagai riset, telah terbukti bahwa vitamin D mampu mencegah munculnya penyakit kronis seperti gangguan otot, diabetes, sampai gangguan tulang. Namun anda sebaiknya jangan mengkonsumsi vitamin D terlalu berlebihan.

Ada sebuah penelitian dari John Hopkins University yang menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat apapun bagi tubuh anda, bahkan justru sangat berbahaya.

minyak ikan

minyak ikan

Studi yang telah dimuat dalam American Journal of Medicine ini merekomendasikan untuk tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan. Vitamin D dalam dosis yang tepat akan melindungi pembuluh darah serta organ jantung. Namun jika vitamin D dikonsumsi secara berlebihan maka akan meningkatkan resiko gangguan kardiovaskular.

Orang yang tubuh sehat tidak perlu mengkonsumsi siplemen vitamin D karena tidak akan memberikan manfaat apapun. Memang ada kelom pok tertentu yang membutuhkan tambahan dosis vitamin D, seperti orang-orang lanjut usia, wanita yang memasuki menopause serta pengidap penyakit ginjal.

Kadar vitamin D dalam darah sebanyak 21 nanogram per 25 milliliter darah seudah dapat dikatakan cukup. Bila kadar vitamin D dalam darah tetap dalam kondisi normal akan memberikan manfaat yang baik, yaitu menurunkan resiko kematian akibat dari penyakit kardiovaskular sampai 50%.

Kadar vitamin D dalam darah lebih dari 21 nanogram, justru akan memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh kita. Kita masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dari sinar matahari serta konsumsi susu, ikan, telur maupun jamur. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli apakah kita memerlukan tambahan vitamin D atau tidak.