Manfaat Dari Berkeringat

berkeringat

berkeringat

Berkeringat kemungkinan dapat membuat kita merasa risih karena biasanya keringat itu identik dengan suhu ruangan yang panas serta identik dengan tubuh yang kotor.

Orang yang berkeringat sering dianggap menjijikkan selain itu berkeringat juga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya, keringat yang keluar karena kita melakukan aktivitas dapat memberikan banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Fungsi utama dari keringat adalah untuk menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi ketika kita melakukan aktivitas yang berat. Jadi, ketika kita berjalan di bawah matahari yang terik, kita akan langsung berkeringat.

Selain keringat berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh, keringat yang keluar dari tubuh kita juga akan membawa racun-racun yang masuk ke dalam tubuh kita keluar.

Orang yang sering melakukan aktivitas atau rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat, karena bersih dari racun-racun yang berbahaya jika dibandingkan dengan orang yang jarang berkeringat.

Selain itu, masih banyak manfaat dari berkeringat bagi tubuh kita, antara lain:

  • Menurunkan berat badan

Berkeringat merupakan salah satu cara yang baik untuk membakar kalori dalam tubuh. Bila anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, anda cukup dengan duduk-duduk di sauna untuk membantu menurunkan berat badan.

  • Membuang racun

Semua racun yang ada didalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat. Dengan cara seperti ini, maka organ-organ lain dalam tubuh kita, seperti ginjal, usus, hati maupun organ-organ vital yang lainnya akan bersih dari racun-racun.

  • Meredakan stres

Selama ini yang kita ketahui adalah latihan fisik dapat membantu dalam hal mengatasi stres. Padahal sebenarnya, justru keringat yang keluar karena aktifitas fisik tersebut yang meredakan stres.

  • Menstabilkan suhu tubuh

panasSaat kelenjar keringat kita sedang aktif, maka tubuh akan mengeluarkan cairan. Berkeringat merupakan cara yang alami dan bagus untuk mendinginkan suhu tubuh. Coba anda bayangkan bila kita merasa panas namun tidak bisa berkeringat. Sem ua panas tubuh akan terjebak di dalam tubuh kita serta akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan kita.

  • Menstabilkan cairan tubuh

Kalium dan natrium sangat diperlukan untuk menstabilkan cairan tubuh kita. Bila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium maupun natrium, maka akan dikeluarkan melalui keringat.

  • Membersihkan pori-pori kulit

Infeksi kulit maupun jerawat biasanya terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran. Manfaat dari berkeringat adalah membuka serta membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran. Selain itu, berkeringat juga akan membuat kulit kita menjadi lebih sehat dan bersinar.

  • Membantu proses cairan tubuh

Berkeringat sama pentingnya dengan buang air kecil yang nantinya akan membuat anda merasa haus dan ingin minum. Berkeringat merupakan salah satu cara tubuh kita mengirim sinyal pada otak kita dan membuat kita jadi merasa haus. Keluarnya keringat membuat kita merasa haus dan minum air sehingga tubuh kita tidak kekurangan cairan.

  • Meningkatkan peredaran darah

Ketika kita berkeringat umumnya kulit kita menjadi berwarna kemerahan. Proses seperti ini terjadi karena ketika kita berkeringat nantinya dapat menarik darah menuju ke kulit serta membantu meningkatkan peredaran darah.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Berkeringat membantu tubuh kita untuk membuang racun-racun yang berbahaya dari dalam tubuh kita. Selain itu, berkeringat juga akan membantu tubuh kita tetap bersih serta meningkatkan sistem imunitas tubuh kita terhadap penyakit.

  • Mempercepat metabolisme

MAnfaat yang lain dari berkeringat adalah membantu tubuh kita untuk menggunakan kalori serta meningkatkan proses metabolisme tubuh kita. Bila proses metabolisme dalam tubuh kita tetap terjaga dengan baik, maka nafsu makan kita pastinya akan menjadi lebih baik lagi. Sehingga tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.