Manfaat Ginseng Untuk Menjaga Kesehatan

ginseng China

ginseng China

Ginseng adalah tanaman akar yang sudah sangat terkenal dalam ilmu pengobatan herbal karena telah dipergunakan sejak ribuan tahun lamanya.

Berbagai menelitian telah menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek antialergi serta antiinflamasi. Ginseng yang memiliki nama ilmiah Panax ginseng ini juga ikut berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh serta memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Maka dari itu, ginseng sangat efektif untuk mencegah serangan penyakit flu. Dengan cara mengkonsumsi ekstrak ginseng merah dalam jangka panjang juga akan bermanfaat untuk menangkal berbagai macam infeksi dari berbagai macam penyakit.

Ekstrak ginseng korea dibuat dengan cara memanaskan akar ginseng yang masih segar dan kemudian dikeringkan. Setelah itu ginseng tersebut bisa direbus dalam air.

Penelitian pada tikus di laboratorium telah menunjukkan abhwa tikus yang diberi terapi ginseng dengan cara diminum membuat daya tahan tubuh tikus tersebut semakin tinggi sehingga dapat melawan berbagai virus, seperti virus flu. Selain membuat daya tahan tubuh semakin kuat, ginseng juga akan berperan serta dalam menekan pertumbuhan virus.

tonik ginseng

tonik ginseng

Maka dari itu, ginseng sering disebut juga sebagai “ramuan ajaib”, sebab memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Akar ginseng dipercaya dapat mengatasi banyak masalah kesehatan. Bukan hanya dapat menangkal virus, ginseng bahkan dapat menurunkan kondisi hipertensi serta dapat menaikkan tekanan darah bagi orang-orang yang mengalami kondisi hipotensi.

Sebenarnya, ginseng sudah dikenal sejak jaman dahulu serta telah dimanfaatkan dalam pembuatan teh herbal di China. Di Indonesia sendiri, ginseng juga dipergunakan dalam ilmu pengobatan tradisional.

Ada banyak sekali kandungan bioaktif yang terdapat dalam ginseng, seperti pithosterol, saponin, peptide, polisakarisa, asam lemak , polyacetylene, vitamin dan juga mineral.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari ginseng agar tubuh kita selalu sehat, meliputi:

  • Meredakan stres karena tekanan mental

Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental seseorang, selain itu juga dapat merubah mood seseorang menjadi lebih baik serta membuat rasa lelah menjadi berkurang. Ginseng juga dapat digunakan sebagai obat antidepresan serta anticemas. Saat seseorang merasa stres yang berlebihan, hormon adrenal akan mengalir keluar secara berlebihan sehingga dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan. Dengan mengkonsumsi ginseng maka hormon adrenal dalam tubuh anda akan tetap stabil sehingga anda tidak mudah mengalami stres.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan syaraf

Ginseng memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak ahli obat-obatan herbal yang mengatakan bahwa ginseng mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Mengkonsumsi ginseng akan membuat daya tahan tubuhnya meningkat dan kesehatan syarafnya selalu terjaga sehingga membuat seseorang akan selalu merasa awet muda. Pada orang-orang lanjut usia, mengkonsumsi ginseng akan memulihkan sel-sel dalam tubuh yang rusak.

  • Meredakan diabetes

siberian ginsengGinseng juga dapat meredakan diabetes. Kadar gula darah akan berkurang hanya dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, bila anda menjalani tetapi pengobatan antidiabetes dai dokter, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter anda. Sebab, mengkombinasikan obat antidiabetes dengan ginseng dapat membuat kadar gula dalam darah anda semakin menurun. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda bila anda ingin mengkonsumsi ginseng.

  • Mengurangi pertumbuhan kanker

Ginseng dapat mengurangi pertumbuhan jenis-jenis tertentu dari sel-sel kanker.Dalam Chinese Medicine Journal, ginsenosides juga memiliki sifat antitumor. Dengan mengurangi pertumbuhan kanker, ginseng akan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ginseng juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan sel pada jenis kanker tertentu, seperti kanker ovarium, kanker prostat serta kanker otak.

  • Mengurangi kolesterol

Dalam beberapa penelitian, ginseng juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Para ilmuwan mempercayai bahwa kandungan alami ginsenocides yang terdapat dalam ginseng yang berperan aktif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mengurangi rasa lelah

Kandungan lain dalam ginseng diyakini dapat memberikan berbagai perubahan fisiologis bagi tubuh manusia sehingga manusia tersebut merasa lebih bahagia dan mampu bekerja lebih lama. Mengkonsumsi ginseng akan membuat anda tidak mudah lelah karena ginseng juga memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa lelah.

  • Meningkatkan stamina

Ginseng cocok bagi para pekerja maupun atlet. Ginseng memiliki kemampuan dpat meningkatkan stamina sehingga sering dijadikan sebagai tonik stimulan stamina yang alami bagi para atlet.

Selain berbagai manfaat seperti diatas, ginseng juga masih memiliki kemampuan yang lain. Ada sebuah penelitian yang telah menemukan bahwa suplemen berbahan ekstrak ginseng mampu mengatasi kelelahan serta kurang energi pada para pengidap kanker baik selama masa diagnosa, selama masa pengobatan dan setelah pengobatan. Bahkan efeknya akan tetap terasa sampai beberapa tahun setelahnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute menyatakan bahwa, para pasien kanker maupun para survivor mengalami perbaikan dari masalah kelelahan yang mereka alami setelah mengkonsumsi suplemen ekstrak ginseng secara rutin selama dua bulan.

suplemen ekstrak ginseng

suplemen ekstrak ginseng

Rasa lelah dan lesu pada para pengidap kanker tidak mampu dihilangkan dengan cara tidur maupun istirahat yang cukup. Sebab, kelelahan tersebut bersifat mendalam dan mampu mempengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya juga menunjukkan bahwa ginseng memiliki potensi untuk mengatasi rasa lelah berkepanjangan. Ginseng telah lama dikena sebagai rempah-rempah penambah stamina. Bahkan banyak pengidap kanker yang telah menggunakan ginseng sebagai metode pengobatan kanker yang dialaminya meskipun belum terbukti secara ilmiah.

Ginseng memiliki efek antiinflamasi. Para peneliti berpikir bahwa kelelahan pada para pengidap kanker lebih disebabkan oleh adanya inflamasi.

Meskipun hasil dari penelitian ini tampaknya sangat menjanjikan, namun para peneliti masih belum menyarankan dokter untuk memberikan suplemen ekstrak ginseng pada para pasiennya. Sebab masih belum diketahui apakah ginseng dapat berinteraksi dengan obat maupun terapi pengobatan kanker.

Umumnya, penggunaan ginseng tidak diperbolehkan khususnya untuk para ibu hamil maupun ibu menyusui, untuk mencegah terjadinya kontraindikasi. Selain itu, ginseng juga mampu mempengaruhi reaksi obat, seperti aspirin.