Manfaat Kesehatan Buah Amla

Buah malaka atau yang biasa disebut Amla (Phyllanthus emblica) mempunyai banyak zat aktif dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ataupun untuk kesehatan tubuh.

Buah amla termasuk ke dalam golongan buah berry yang memiliki nama global Indian gooseberry.

Buah amla memiliki nama lain di beberapa daerah di Indonesia misalnya buah nillika, amala, ammalaki dan lain-lain.

Buah amla memiliki ciri fisik yang mirip dengan buah cerme termasuk dengan bentuk pohonnya, hanya saja ukuran pohon buah amla lebih besar dan berkelok-kelok jika dibandingkan dengan pohon buah cerme.

Buah amla yang berwarna kuning kecoklatan juga mirip dengan buah cerme hanya saja buah amla rasanya masam dan getir.

manfaat-kesehatan-buah-amla

Kandungan Buah Amla

Bisa dikatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman amla bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk berbagai jenis penyakit.

Bahkan di dalam pengobatan India bagian tanaman dari tanaman amla seperti daun, buah, akar dan biji digunakan untuk terapi pengobatan.

Di dalam buah amla terdapat berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, protein, karbohidrat, zat gula, lemak, serat, ascorbic acid, polifenol, tannoids dan tannin tertentu

Bukan hanya itu karena di dalam buah amla juga terdapat mineral penting seperti magnesium, natrium, kalsium, kalium, zinc, dan zat besi.

Kandungan asam askorbat pada buah malaka 160 kali lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan asam askorbat pada buah apel.

Selain itu kandungan asam amino dan mineral pada buah amla juga lebih banyak jika dibandingkan dengan buah apel.

Bagian daun dan akar pohon amla mengandung flavanoida sedangkan daun amla mengandung saponin.

buah-amla

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan Buah Amla diantaranya :

1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang kuat pada buah amla menjadikan buah ini bermanfat untuk melawan ancaman serangan radikal bebas yang bisa memicu resiko kanker dan mencegah tumbuhnya sel-sel karsinogenik penyebab kanker.

Dengan mengonsumsi buah amla dalam jangka waktu yang teratur maka anda telah mencegah timbulnya resiko kanker perut, kulit dan hati.

 

2. Melancarkan kemih

Buah amla memiliki sifat diuretik alami sehingga dengan mengonsumsi buah amla maka bisa membantu anda untuk mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh.

 

3. Mengurangi kolesterol jahat

Kandungan nutrisi seperti vitamin C, pektin dan asam amino pada buah amla memiliki peranan penting untuk menaikkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Selain bisa mengatasi masalah kolesterol 3 zat penting ini juga bermanfaat untuk mencegah menumpuknya plak dan lemak pada pembuluh darah dan arteri.

 

4. Meningkatkan stamina tubuh

menjaga stamina

menjaga stamina

Bila stamina tubuh anda mudah drop atau capek maka anda bisa mengambil manfaat dari kandungan nutrisi pada buah amla.

Caranya cukup mudah yakni jus buah amla dengan blender kemudian campur 1 sendok makan jus buah amla dengan madu secukupnya.

Dengan minum jus buah amla secara teratur maka stamina tubuh anda akan tetap terjaga, selain itu jus ini juga bisa mencegah penyakit jantung.

 

5. Baik untuk sistem pencernaan

Selain bisa mendinginkan tubuh dan menetralkan keasaman, kandungan serat yang tinggi pada buah amla bisa melancarkan pergerakan usus sehingga kotoran yang berada di dalam saluran pencernaan mudah dikeluarkan.

 

6. Mengobati penyakit rabun mata

Jus buah amla yang dikombinasikan dengan madu sangat efektif untuk mencegah ketegangan intravascular dan mengobati mata rabun.

Dosisnya yaitu 1 mangkok jus buah amla ditambah dengan madu secukupnya, kemudian campuran ini diminum dua kali dalam sehari.

 

7. Mengobati disentri

Buah amla bisa digunakan untuk mengobati disentri basiler yang parah caranya cukup mudah yakni jus buah amla ditambah dengan air jeruk nipis lalu minum air campuran ini dengan teratur setiap hari.

 

8. Mengobati rematik rematik

Siapkan 1 sendok teh bubuk amla kemudian dicampur dengan 2 sendok teh jiggery lalu seduh dengan air panas.

Minum ramuan ini dengan rutin setidaknya 2 kali dalam sehari dan lakukan selama 30 hari.

 

9. Mencegah sembelit, wasir, dan penyakit kolik

Dengan mengonsumsi buah amla secara langsung atau dalam kondisi segar maka bisa mencegah penyakit wasir dan sembelit kronis.

 

10. Menjaga fungsi otak

Mengonsumsi buah amla secara rutin bisa membantu meningkatkan memori otak, intuisi, fungsi mental, kewaspadaan dan daya intelektual.

 

11. Mengobati sariawan

sariawan di bibir

sariawan di bibir

Untuk mengobati sariawan anda bisa menumbuk daun dan kulit amla, kemudian ambil airnya dan gunakan untuk berkumur.

 

12. Menghaluskan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah amla bisa mencegah gejala penuaan dini misalnya kulit keriput.

Dengan rutin mengonsumsi buah amla secara teratur maka kulit anda akan menjadi lebih halus, mencegah timbulnya jerawat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

 

13. Menyuburkan rambut dan mencegah uban

Buah amla bisa anda gunakan untuk mencegah munculnya uban sekaligus untuk menyuburkan rambut.

Caranya yaitu rebus 1 cangkir bubuk amla ke dalam empat cangkir air yang sudah ditambahkan dengan sedikit gula.

Biarkan airnya menyusut hingga tinggal 1 cangkir saja. Kemudian campur dengan kuning telur dan air lemon, lalu terapkan pada kulit kepala dan rambut anda.

Tunggu selama 120 menit, lalu cuci rambut anda dengan menggunakan shampoo yang biasa anda gunakan dan air yang mengalir.

Minyak darkish merupakan minyak rambut yang terkenal di India dimana minyak ini bermanfat untuk mencegah uban dini.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah caranya yaitu daun amla diiris-iris lalu direbus dengan minyak kelapa hingga jadi kental.

 

14. Menurunkan berat badan

lapar mata

lapar mata

1 Sendok makan jus amla dicampur dengan 1 cangkir jus labu segar kemudian minum jus ini dengan teratur selama 2 bulan berturut-turut untuk menurunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet dan mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes.