Manfaat Kesehatan Coklat

Ada kalanya kita tidak menyadari bahwa di sekitar kita banyak makanan yang sehat termasuk dengan cemilan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Sebagian besar masyarakat kita memiliki anggapan bahwa coklat termasuk jenis makanan yang tidak sehat serta bisa menjadi penyebab kegemukan padahal coklat memiliki banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Coklat salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang karena coklat memiliki rasa manis yang khas.

Berikut ini adalah kandungan zat nutrisi dalam coklat diantaranya : coklat

  • 14% karbohidrat
  • 9% protein yang terdiri dari zat protein, asam amino triptofan dan tyrosin, fenilalanin
  • 31% lemak
  • alkanoid (zat yang membuat coklat terasa pahit)
  • dan berbagai zat lain

 

Dengan berbagai kandungan zat dan nutrisi yang penting inilah yang menjadikan coklat sebagai makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Coklat memiliki senyawa antioksidan yang dikenal dengan nama flavonoid sedangkan tanaman kakao yang merupakan bahan coklat tinggi akan kandungan flavanols, jenis fitokimia flavonoid.

Jenis tanaman lain yang kaya akan kandungan flavanols adalah tanaman anggur, jeruk dan teh. Dengan mengonsumsi coklat yang mengandung flavonoid maka akan ikut memberikan pengaruh positif bagi sistem kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan Coklat diantaranya : manfaat kesehatan coklat

  • Meningkatkan Produksi Insulin

Belum lama ini di negara Italia ada sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 15 orang relawan selama 15 hari yang mengkonsumsi 3 ons cokelat putih atau cokelat hitam dalam jumlah yang sama yang tidak mengandung phytochemical flavonoid.

Setelah itu hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa faktor risiko untuk diabetes (resistensi insulin) mengalami penurunan yang tajam pada mereka yang mengonsumsi cokelat hitam.

 

  • Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Masih berhubungan dengan penelitian sebelumnya bahwa ditemukan juga hasil tekanan darah yang setiap hari diukur dan akhirnya menjadi lebih rendah.

Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah) pada kelompok makan coklat hitam yang diukur setiap hari.

Coklat memiliki antioksidan alami yang berasal dari kandungan zat flavonoid dimana anggur juga memiliki manfaat yang sama dari antioksidan yang sama pula.

 

  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung

John Hopkins yang merupakan seorang peneliti dari University School of Medicine mengungkapkan bahwa coklat hitam bisa mengurangi 50% resiko serangan jantung

Sedangkan Diane Becker, MPH, ScD mengatakan bahwa hal ini berhubungan dengan orang yang makan cokelat akan mengalami pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat.

Hal ini sangat penting bagi kesehatan karena serangan jantung bisa disebabkan oleh pembentukan trombosit yang mengalami pembekuan dan blok bekuan dalam pembuluh darah.

 

  • Membantu program diet
diet

diet

Buah-buahan dikenal sebagai makanan wajib bagi mereka yang sedang menjalani program diet sedangkan coklat dianggap sebagai sumber makanan yang bisa menyebabkan kegemukan.

University of Copenhagen melakukan penelitian dimana hasilnya menunjukkan bahwa coklat hitam bisa memberikan efek merasa lebih kenyang, sifat yang sama juga ditunjukkan oleh buah apel dan jambu biji.

Dengan kata lain coklat cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan atau membantu program diet.

 

  • Perlindungan Terhadap Sinar Matahari

Para peneliti di London melakukan penelitian mengenai perlindungan terhadap sinar matahari dari kandungan flavanol.

Penelitian yang dilakukan selama 90 hari dilakukan dengan mengonsumsi coklat yaitu mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar.

Sedangkan pada coklat yang memiliki kandungan flavanol yang rendah tidak memperoleh perlindungan matahari yang sama.

 

  • Mengatasi Diare

Sebagian besar masyarakat kita memiliki anggapan bahwa hanya daun jambu biji yang bisa memberikan kesembuhan pada penderita diare.

Padahal jika dilihat dari sejarah Eropa dan Amerika Selatan pada abad ke 16 diketahui sudah menggunakan kakao sebagai obat diare.

Hal ini pada akhirnya juga diperkuat oleh ilmu sains modern dimana ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa kakao mengandung flavonoid yang bisa mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berperan mengatasi diare.

 

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Bila dalam aktivitas kerja keseharian anda sering mengalami tekanan maka disarankan untuk mengonsumsi coklat hitam.

Selain bisa menghilangkan stres yang disebabkan oleh lingkungan, coklat juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir otak.

Hal ini diungkapkan oleh tim peneliti dari A University of Nottingham yang mengemukakan bahwa Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek.

 

  • Mengatasi Sindrom Kelelahan Kronis
tubuh cepat lelah

tubuh cepat lelah

Pada sebuah penelitian sederhana yang dilakukan di Inggris yang terdiri dari sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis yang mengonsumsi 1,5 ons 85% cocoa dark chocolate selama 2 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang memakan coklat tersebut pada akhirnya merasa tidak terlalu kelelahan.

Namun anehnya kata Steve Atkin, PhD, meskipun mengonsumsi coklat tersebut tapi tidak ada kenaikan berat badan pada peserta penelitian.

Para peneliti meyakini bahwa coklat bisa meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin yang bisa membantu mengatasi permasalahan pada gangguan tidur dan meningkatkan suasana hati.

Meski demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hasil pasti dari penelitian tersebut.

Selain berbagai manfaat kesehatan coklat yang telah disebutkan di atas, masih terdapat berbagai manfaat coklat yang lain diantaranya :

  • Mencegah resiko penyakit jantung
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Sebagai anti depresi
  • Membantu menurunkan kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan peredaran darah
  • Mengatasi kelelahan kronis
  • Mengurangi resiko penyakit kanker
  • Membantu menghaluskan kulit tubuh

Dampak Mengkonsumsi Coklat Berlebihan

Walaupun memiliki banyak manfaat kesehatan namun tidak disarankan untuk terlalu sering mengonsumsi coklat dengan berlebihan.

Penelitian yang dilakukan selama 8 tahun dengan menggunakan wanita yang berusia mulai dari 48-83 tahun memberikan kesimpulan bahwa dengan mengonsumsi 19-30 gr coklat per minggu bisa mengurangi gagal jantung.

Sedangkan bagi mereka yang mengonsumsi coklat setiap hari ternyata setelah dilihat tidak ada manfaat yang jelas pada organ jantungnya.

Namun tidak bisa disangkal bahwa pada coklat yang memiliki kandungan lemak yang tinggi bisa memberikan pengaruh pada berat badan.

Maka dari itu untuk mendapatkan manfaat kesehatan coklat ada baiknya jika anda tidak mengonsumsi coklat dengan jumlah yang berlebihan.