Manfaat Kesehatan Ketan Hitam

Jika anda sering mengonsumsi es bubur kacang ijo, es bubur sumsum, atau tape ketan maka biasanya anda akan menemukan ketan hitam di dalamnya.bubur ketan hitam

Ketan hitam diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan bahkan dalam literatur kesehatan disebutkan bahwa jenis beras ketan hitam adalah jenis beras yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Ketan hitam dikenal bisa mengatasi berbagai macam penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit, menjaga kesehatan kulit, membersihkan racun dan kotoran dalam tubuh (detoksifikasi) dan mengembalikan metabolisme dan fungsi organ tubuh.

Ketan hitam mirip dengan beras namun memiliki warna yang gelap, pendek dan saat dimasak akan menjadi lengket sepenuhnya,

Menurut American Chemical Society, walaupun ketan hitam berwarna ungu gelap namun ketan hitam lebih sehat dan memiliki manfaat yang lebih banyak dari beras merah.

Ketan hitam bisa dijadikan pilihan alternatif makanan sehat atau tambahan dalam menu makanan sehari-hari dalam keluarga anda.

ketan hitam

 

Kandungan Gizi Ketan Hitam

Berikut ini adalah kandungan nutrisi ketan hitam dalam setiap 100 gr ketan hitam :

  • Energi 356 kg kalori
  • Protein 7 gr
  • Karbohidrat 78 gr
  • Lemak 0,7 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Fosfor 148 mg
  • Zat besi 1 mg
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin B1 0,2 mg
  • Vitamin C 0 mg

 

Dalam setiap butir ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi yaitu sebesar 15,52 ppm yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam setiap butir ketan hitam juga terdapat zat anthocyanin yang merupakan zat alamiah antioksidan tinggi yang memiliki peranan penting untuk menjaga tanaman dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet.

Sedangkan pada tubuh manusia zat anthocyanin memiliki fungsi untuk melindungi kerusakan sel akibat oksidasi zat berbahaya seperti obat-obatan kimia, pewarna makanan buatan, pestisida dan lain-lain.

Hasil dari suatu penelitian medis menyebutkan bahwa zat zat anthocyanin juga memberikan perlindungan pada sistem kardiovaskular dan juga bisa berfungsi untuk mengatasi penyakit jantung, kanker dan berbagai penyakit lain.

 

Manfaat Kesehatan Ketan Hitam

Berikut ini adalah manfaat kesehatan ketan hitam diantaranya :

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Harap diingat bahwa ketan hitam bukanlah obat instan sehingga tidak bisa langsung menyembuhkan penyakit anda.

Namun ketan hitam bisa menjaga daya tahan tubuh anda dari ancaman penyakit terutama jika memasuki perubahan musim.

Kesimpulannya adalah orang yang mengkonsumsi ketan hitam akan memiliki daya kekebalan tubuh yang lebih baik.

 

2. Mencegah Resiko Diabetes

Ketan hitam kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dengan sering mengkonsumsi ketan hitam maka anda memiliki resiko yang kecil untuk terkena diabetes dan Alzheimer.

 

3. Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Ketan hitam memiliki kepekatan yang bisa menggantikan sel kulit yang mati dengan sel kulit yang baru, lebih lembut dan halus.

Selain itu ketan hitam mengandung antioksidan dan pelembab alami yang juga bisa berfungsi untuk mendinginkan kulit.

 

4. Memperbaiki Kerusakan Sel Hati

Hati merupakan organ yang berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh sehingga peranan hati sangat penting bagi tubuh.

Karena memiliki peranan yang sangat penting maka kita juga harus mengimbanginya dengan asupan gizi yang tepat untuk meminimalisasikan resiko kerusakan hati.

Kandungan nutrisi dalam ketan hitam diketahui bisa memperbaiki kerusakan hati seperti pengerasan hati atau chirosis dan hepatitis.

 

5. Mencegah Tumor dan Kanker

Tumor atau kanker meripakan sel yang tumbuh tanpa terkendali dimana kedua penyakit ini bersifat sangat berbahaya dan sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan hingga 100%.

Meski demikian anda bisa melakukan pencegahan dimana ketan hitam memiliki kandungan zat yang bisa melindungi tubuh dari serangan tumor atau kanker.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika sesekali mengkonsumsi ketan hitam untuk menjaga kesehatan anda.

 

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada hitam yang sangat tinggi yaitu 15,52 ppm akan mampu menjadikan tubuh anda merasa segar bugar dan tidak mudah lesu, dan karena terpenuhinya kebutuhan zat besi maka anda akan terhindar dari anemia.

gejala anemia

gejala anemia

 

7. Memperlambat Penuaan

Kandungan antioksidan di dalam ketan hitam bisa menangkal serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Dengan demikian jika anda sering menonsumsi ketan hitam maka anda akan senantiasa terlihat awet muda.

 

8. Membersihkan Kolestrol dalam Darah

Kadar kolesterol dalam darah anda akan meningkat jika anda sering makan makanan yang berminyak atau berlemak.

Kandungan nutrisi di dalam ketan hitam diketahui bisa mentralisir kolesterol dalam darah maka dari itu anda bisa memperbanyak konsumsi ketan hitam untuk membersihkan kolesterol dalam darah.

9. Menyuburkan Rambut

Dalam suatu penelitian kesehatan diketahui bahwa ketan hitam bisa menjadikan rambut menjadi lebih subur.

Akar rambut menyerap nutrisi dari apa yang setiap hari anda makan, dan nutrisi dari ketan hitam bisa membuat rambut anda tumbuh lebih lebat.

 

rambut sehat

10. Membuat Otot Tubuh Menjadi Padat

Jika anda merasa bahwa tubuh anda kurus atau ingin otot terlihat lebih padat atletis maka anda bisa mengonsumsi ketan hitam.

Kandungan nutrisi dalam ketan hitam diketahui bisa menjadikan otot anda menjadi lebih padat dan berisi.

Hal penting lainnya adalah penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, berolahraga secara rutin dan istirahat secara teratur maka tubuh anda akan senantiasa sehat, terhindar dari penyakit dan tubuh terlihat atletis.

 

itulah berbagai manfaat kesehatan dari ketan hitam dan mulai saat ini mari kita konsumsi ketan hitam demi menjaga kesehatan tubuh kita.