Manfaat Kesehatan Push Up

Ada kalanya kesibukan kerja membuat jadwal makan anda menjadi terganggu dan hal inilah yang menjadikan tubuh anda kurang fit atau mungkin malah menjadi sakit.

Belum ditambah dengan jadwal kerja padat di kantor yang biasanya membuat anda menjadi kurang gerak atau tidak sempat untuk melakukan olahraga ringan.

Sebenarnya anda bisa mengatur waktu anda untuk mengisinya dengan melakukan olahraga ringan seperti push up.

Push up tidak membutuhkan ruangan yang luas karena olahraga ringan ini bisa dilakukan walaupun di tempat yang sempit sekalipun.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari olahraga yang murah meriah dan tidak harus dilakukan dengan mengeluarkan uang banyak ini.

manfaat-kesehatan-push-up

Berikut ini adalah manfaat kesehatan push up diantaranya :

  • Membentuk otot tubuh

Pada saat anda melakukan push up, sebagian otot tubuh bekerja dengan sangat kuat terutama pada lengan, dada dan bagian bahu depan.

3 otot yang bekerja untuk sistem tubuh akan terlatih bila anda rutin melakukan push up, dimana pada bagian bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh anda.

Serabut otot kecil yang ada pada bagian lengan belakang juga akan menjadi lebih kuat bila anda sering berlatih push up.

Selain itu otot pada bagian lengan, dada dan bahu bagian atas akan terbentuk secara alami.

 

  • Memperkuat Otot Perut gerakan-push-up-yang-benar

Pada saat melakukan gerakan push up naik turun biasanya akan terlihat lengkungan sedangkan salah satu inti gerakan push up yang tepat adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang.

Gerakan push up yang tepat adalah terlihat ratanya semua bagian tulang belakang dan terlihat stabil.

Yang harus anda perhatikan adalah jangan sampai pada saat badan mengangkat ke atas, tulang belakang ikut tertarik ke bawah karena hal ini bisa menjadi penyebab cedera tulang belakang .

 

  • Membantu Kekuatan Tulang

Tulang merupakan kekuatan inti tubuh yang sangat penting karena kita melakukan berbagai macam aktivitas gerak seperti berdiri, jalan, duduk, dan sebagainya dengan menggunakan tulang.

Ada kalanya gangguan kesehatan yang berhubungan dengan tulang menjadi keluhan seperti nyeri sendi, ngilu, tulang keropos yang biasanya hal ini dialami oleh seseorang yang memasuki usia lanjut.

Masalah kesehatan pada tulang yang terjadi pada orang tua biasanya terjadi karena ketika masih berusia muda jarang melakukan gerakan, terutama pada bagian tulang rawan.

Maka dari itu bila anda ingin mencegah resiko penyakit yang berhubungan dengan tulang ketika memasuki masa tua nanti maka anda bisa rutin melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian pergelangan tangan, kaki, bahu dan lengan.

 

  • Membuat Otot Dada menjadi Kuat

Pada saat melakukan gerakan push up dada adalah bagian tubuh yang memiliki peranan penting.

Gerakan push up akan memaksa otot pektoralis (dada) untuk menekan dan menarik badan tapi tidak bertumpu pada bagian tubuh yang lain.

Bila anda rutin melakukan gerakan push up maka massa otot yang sehat akan terbentuk dan otot dada kalian akan terjaga.

 

  • Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Dengan melakukan latihan angkat beban anda bisa membentuk masa otot bisep dan trisep, hanya saja mungkin karena faktor kesibukan kerja maka anda tidak bisa untuk melakukan latihan angkat beban.

Dengan melakukan push up yang dilakukan secara teratur maka kinerja otot bisep dan trisep akan meningkat.

Perkembangan otot bisep dan trisep anda akan terbentuk dengan lebih cepat bila anda melakukan gerakan push up dengan cara yang tepat.

 

  • Push Up Bisa Membentuk Perut perut-six-pack

Bila anda memiliki perut dengan bentuk six pack atau bentuk perut yang terlihat seperti susunan 6 kotak maka hal ini akan menunjukkan bahwa anda memiliki otot perut yang kuat dan keras.

Bila anda ingin memiliki bentuk perut six pack maka anda bisa rutin melakukan gerakan push up untuk mempertahankan semua otot perut, tulang belakang dan pinggul.

 

  • Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Penampilan anda dipengaruhi oleh postur tubuh anda sendiri dimana postur tubuh yang tidak sempurna biasanya ditunjukkan dengan bahu yang tidak seimbang, tulang belakang yang tidak tegak dan lengan yang kurang stabil.

Jika anda berkunjung ke dokter terapi dengan keluhan tersebut maka biasanya anda akan disarankan untuk ikut terapi tertentu, padahal sebenarnya anda bisa mengatasinya dengan rutin melakukan gerakan push up.

 

  • Bisa Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

Jangan merasa takut bila anda tidak mau melakukan rutinitas push up karena takut otot pada bagian lengan, bahu dan dada akan memiliki ukuran yang besar.

Teori ini tidaklah benar karena pada saat anda melakukan gerakan push up, otot-otot lain seperti panggul, tulang belakang dan otot perut juga akan ikut bekerja sehingga pembentukan otot pada bagian bawah dan atas tubuh bisa menjadi lebih seimbang.

 

  • Bisa Melatih Otot Jantung

Selain bisa membentuk otot dada, lengan dan bahu menjadi lebih besar, gerakan push up juga memiliki manfaat yang penting untuk otot jantung.

Faktanya adalah seseorang yang rutin melakukan push up biasanya memiliki jantung yang lebih sehat daripada seseorang yang jarang melakukan push up.

Dengan rutin melakukan gerakan push up maka aliran darah akan bekerja dengan lebih cepat karena otot jantung bekerja lebih keras dimana hal ini akan menjadikan sistem metabolisme dalam tubuh anda menjadi lebih baik.