Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah

Hampir setiap rumah di Indonesia memiliki tanaman hias yang biasanya ditanam di area sekitar depan halaman rumah atau pekarangan.

Namun bagi keluarga yang memiliki rumah dengan ukuran halaman yang cukup luas biasanya memilih opsi menaruh tanaman hias di dalam rumah.

Dengan menempatkan tanaman hias di dalam ruangan rumah biasanya akan mempercantik interior rumah lagipula cara ini merupakan pilihan yang sangat baik karena juga bisa memberikan manfaat bagi keluarga yang ada di dalam rumah.

Menaruh tanaman hias di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang positif baik dalam hal fisiologis untuk setiap organ tubuh ataupun untuk psikologis.

manfaat-tanaman-hias-dalam-rumah

Berikut ini adalah Manfaat Tanaman Hias Dalam Rumah diantaranya :

Studi banding yang dilakukan oleh Dewan Produk Hortikultura dari Belanda menunjukkan hasil kesimpulan yaitu dengan menempatkan tanaman hias di dalam kantor kerja bisa mengurangi resiko sakit kepala, kecapekan, sakit tenggorokan, batuk dan gejala flu.

Sedangkan studi banding serupa yang dilakukan oleh Agricultural University di Norway mendapatkan hasil kesimpulan bahwa kantor yang di dalam ruangan kerjanya memiliki tanaman hias memiliki penurunan tingkat absen kerja yang disebabkan oleh sakit yang mencapai 60%.

 

  • Meningkatkan kebahagiaan

Hasil riset telah menunjukkan bahwa dengan adanya tanaman hias di dalam kantor bisa mengurangi rasa cemas, tingkat stres, meningkatkan suasana hati dan rasa tenang, menekan perasaan depresi dan meningkatkan rasa optimisme kerja.

 

  • Mengasah tingkat fokus

    kurang konsentrasi pada anak

    kurang konsentrasi pada anak

Royal College of Agriculture di Circencester, Inggris mengadakan penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa-siswa yang di dalam kelasnya terdapat tanaman hias memiliki 70% perhatian dan fokus yang lebih tinggi daripada siswa-siswa yang di dalam kelasnya tidak memiliki tanaman hias.

Masih dalam penelitian yang sama, disebutkan bahwa kelas yang memiliki tanaman hias memiliki tingkat kehadiran siswa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas yang tidak memiliki tanaman hias.

 

  • Menurunkan tekanan darah

Para peneliti yang berasal dari Kansas State University melakukan sebuah penelitian yang dilakukan di rumah sakit dan hasil riset menunjukkan bahwa pasien yang di dalam kamar rumah sakitnya terdapat tanaman hias memiliki tekanan darah dan jantung yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pasien yang berada di dalam kamar tanpa tanaman hias.

 

  • Menjernihkan udara

Ternyata tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan rumah bisa membersihkan racun dalam udara sampai 87% dari VOC (senyawa organik volatil) dalam setiap 24 jam.

Hasil riset yang dilakukan oleh NASA menunjukkan bahwa senyawa organik volatil termasuk zat formaldehida yang biasanya bisa ditemukan pada vinyl,karpet, kantong plastik dan asap rokok.

Selain itu senyawa organik volatil biasanya juga bisa ditemukan trichloroethylene dan benzena yang biasanya digunakan untuk tinta, serat buatan, cat dan pelarut.

Riset yang dilakukan oleh NASA juga menunjukkan hasil bahwa tanaman bisa menjadikan udara yang terperangkap menjadi lebih murni kemudian membawanya masuk ke dalam tanah lalu mikroorganisme di akar mengkonversi VOC sebagai makanan bagi tanaman.

 

  • Mempercepat masa pemulihan

Ternyata pasien rumah sakit yang di dalam ruangan kamarnya terdapat tanaman hias kebanyakan bisa mengalami pemulihan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pasien yang di dalam kamarnya tidak terdapat tanaman hias.

Sudah selayaknya jika berbagai rumah sakit di Indonesia menyediakan tanaman hias di dalam setiap kamar rumah sakit untuk membantu mempercepat pemulihan pasien.

 

  • Menghilangkan asap rokok tanaman-hias-peace-lily

Tanaman dikenal memiliki kemampuan bisa menjadikan udara menjadi lebih murni dan bisa menghilangkan polutan beracun yang ada di dalam asap rokok.

Salah satu jenis tanaman terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengurangi dampak negatif asap rokok adalah tanaman Spathiphyllum atau peace lily dimana tanaman ini sangat bermanfaat jika anda tinggal seatap dengan seorang perokok berat.

 

  • Melembabkan udara

Anda tidak perlu repot-repot mencari pelembab ruangan karena tanaman adalah pelembab alami yang biasa dikenal dengan istilah humidifier

Kelembaban udara sangat penting karena kelembababan udara bisa membantu mengatasi kekeringan kulit, bibir, hidung dan tenggorokan. Selain itu kelembaban udara juga bisa mencegah resiko penyakit flu.

 

  • Meningkatkan kualitas tidur tanaman-hias-gerbera-daisy

Bila selama ini anda memiliki masalah susah tidur maka anda bisa mencoba menyediakan tanaman hias di dalam ruang tidur anda.

Masalah susah tidur jika tidak segera diatasi maka hal ini akan menjadikan aktivitas atau jadwal kerja anda menjadi terganggu atau kacau.

Tanaman hias yang ada di dalam ruang tidur akan mengeluarkan oksigen yang akan bisa membantu anda untuk bisa tidur lebih nyenyak.

Contoh jenis tanaman yang merupakn penghasil terbaik oksigen adalah tanaman hias Gerbera Daisy.

Dengan meletakkan tanaman hias yang cantik ini maka masalah susah tidur anda akan segera hilang dan kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

 

  • Pengobatan penyakit tertentu

Selain bisa memberikan suplai oksigen, sebagian tanaman hias ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi jenis penyakit tertentu.

Contoh tanaman hias yang bisa dimanfatkan sebagai pengobatan adalah tanaman lidah buaya atau aloe vera.

Tanaman aloe vera bisa anda manfaatkan sebagai pengobatan jika sewaktu-waktu anda mengalami luka bakar, selain itu daging daun aloe vera juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut.