Manfaat Tumbuhan Dandelion Untuk Kesehatan

manfaat tumbuhan dandelion untuk kesehatan

manfaat tumbuhan dandelion untuk kesehatan

Dandelion atau randa tapak memiliki nama ilmiah Taraxacum officionale. Dandelion merupakan tumbuhan genus Taraxacum, yaitu salah satu genus terbesar dalam keluarga Asteraceae. Dandelion merujuk pada tumbuhan yang memiliki bunga berbentuk kecil yang akan terbang ketika tertiup angina.

Dandelion merupakan tumbuhan asli dari benua Eropa dan Asia, namun sekarang sudah menyebar kemana-mana. Yang disebut dengan bunga dari tumbuhan dandelion sebenarnya adalah buahnya.

Dandelion merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh sebagai tanaman liar. Bunganya berwarna kuning dan berdaun hijau yang bentuknya bergerigi. Tumbuhan ini diberi nama dandelion karena bentuk daunnya yang bergerigi. Secara harfiah, kata dandelion berasal dari bahasa Prancis yang artinya gigi singa.

Daun bergerigi pada tumbuhan dandelion bertujuan agar air yang mengalir bisa langsung masuk ke akarnya. Akarnya berdaging dan berwarna coklat gelap serta rapuh. Akar dandelion mengandung getah yang berwarna putih seperti susu yang rasanya pahit namun memiliki aroma yang segar.

Dandelion lebih popular sebagai tanaman hias daripada sebagai tanaman obat karena bentuk dan warnanya yang indah. Tanpa kita sadari, dandelion mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh kita, yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalsium, serta magnesium.

Maka dari itu, dandelion sejak dahulu sudah banyak dimanfaatkan dalam bidang pengobatan. Baik akar, daun sampai bunganya bisa dijadikan obat untuk mengobati penyakit tertentu. Bunga dandelion sering dikonsumsi serta digunakan dalam campuran minuman. Daun dan akar dandelion digunakan untuk mencegah berbagai penyakit dalam system pencernaan.

akar tumbuhan dandelion

akar tumbuhan dandelion

Akar dandelion mengandung levulin serta inulin yang baik sekali untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Rasanya pahit, namun baik untuk melancarkan aliran empedu ke hati. Akar dandelion juga mengandung choline yang baik untuk menjaga kesehatan organ hati.

Selain untuk melancarkan buang air kecil dan menurunkan tekanan darah, dandelion juga bisa digunakan untuk memperkuat tulang, gigi serta menjaga kesehatan gusi.

Dalam metode pengobatan ala barat, daun dan akar dandelion sering digunakan dalam pengobatan gangguan hati, mengobati dan menjaga kesehatan ginjal, mengurangi bengkak atau edema, mengatasi masalah kulit, sakit perut serta mulas.

Sedangkan dalam metode pengobatan tradisional China, dandelion sering digunakan dalam pengobatan gangguan pencernaan, radang usus buntu, radang pada payudara hingga memperbanyak ASI bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Berbagai manfaat dari tumbuhan dandelion untuk kesehatan, meliputi:

  • Melancarkan buang air kecil

Dandelion merupakan obat diuretic alami yang mampu meningkatkan produksi air seni dengan cara membantu ekskresi garam dan air dalam organ ginjal.

Dandelion dapat digunakan sebagai pengobatan alternative untuk berbagai kondisi yang memerlukan pengobatan diuretic ringan, seperti masalah pencernaan yang buruk, gangguan ginjal, gangguan hati serta tekanan darah tinggi.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan
tumbuhan dandelion

tumbuhan dandelion

Dandelion kering maupun segar dapat digunakan sebagai obat untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Akar dandelion dipercaya memiliki efek laksatif ringan sehingga sering digunakan untuk memperbaiki masalah pencernaan, seperti sembelit.

Akar dandelion akan meningkatkan kesehatan serta meningkatkan fungsi bakteri alami dalam saluran pencernaan kita. Selain itu, akar dandelion juga mampu meningkatkan fungsi hati serta fungsi kandung kemih.

  • Meningkatkan nafsu makan

Akar dandelion sering juga digunakan untuk memperbaiki serta meningkatkan nafsu makan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Nafsu makan yang baik dan system pencernaan yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  • Menjaga kestabilan gula darah dan kolesterol

Dandelion mampu menjaga kestabilan gula darah serta memperbaiki profil lipid. Dengan mengkonsumsi dandelion, maka kadar gula, kolesterol maupun trigliserida akan tetap stabil.

  • Membuat kulit tetap sehat

jus daun dandelionGetah akar dandelion dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti eksim, gatal-gatal bahkan mampu mengobati jerawat.

Getah dandelion mengandung alkalin yang bersifat antikuman dan bakteri. Selain itu getah dandelion juga mengandung antioksidan yang baik sekali untuk kulit.

  • Meningkatkan kerja system pencernaan

Dandelion mampu merangsang kerja organ hati, meningkatkan aliran empedu serta membantu kelancaran kerja organ pencernaan. Selain itu, dandelion juga mampu membuang gas berlebihan dalam tubuh kita.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan vitamin A dan C dalam daun dandelion mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.