Masalah Kesehatan Yang Sering Terjadi Di Musim Kemarau

musim kemarau

musim kemarau

Musim kemarau yang relative panas umumnya sangat menguntungkan bagi orang-orang yang suka bepergian karena tidak akan kehujanan saat bepergian.

Namun, seperti musim hujan yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, musim kemarau juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang dapat menghambat aktivitas kita.

Saat musim kemarau, umumnya suhu udara menjadi panas. Suhu udara dan cuaca yang panas dapat meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme, seperti virus, bakteri serta kuman penyebab penyakit.

Selain itu, musim kemarau juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita menjadi menurun. Saat musim kemarau, sumber air bersih akan semakin berkurang serta udara menjadi lebih kering dari biasanya, sehingga lingkungan di sekitar kita menjadi semakin tidak sehat.

Berbagai macam masalah kesehatan yang sering terjadi di musim kemarau, meliputi:

  • Infeksi jamur

 

gatal-gatal karena jamur

gatal-gatal karena jamur

Jamur dapat tumbuh diberbagai tempat pada tubuh kita. Bagian tubuh yang terlalu lembab karena keringat memicu pertumbuhan jamur serta bakteri. Jamur dapat tumbuh di kulit kaki, lipatan kulit serta area kemaluan karena dibagian tersebut selalu dalam keadaan lembab.

Bila terdapat tanta-tanda bahwa kulit tubuh anda terkena infeksi jamu, sebaiknya diobati sesegera mungkin. Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti mengganti baju, celana serta papun yang anda kenakan bila anda merasa sudah lembab. Anda juga bisa menggunakan bedak antijamur sebelum memakai pakaian maupun kaos kaki.

  • Keracunan makanan

Musim kemarau merupakan situasi yang sangat mendukung cepatnya proses pembusukan makanan. Maka dari itu, sebaiknya anda selalu memeriksa kualitas bahan makanan anda, seperti daging, susu, salad dan lain sebagainya sebelum mengkonsumsi makanan tersebut. Keracunan makanan dapat menyebabkan berbagai macma gangguan pada kesehatan, seperti gangguan fungsi tubuh, diare bahkan dapat menyebabkan kematian.

  • Sakit kepala serta migraine

Sakit kepala serta migraine merupakan dua jenis penyakit yang dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Sakit kepala serta migraine solah-olah terasa semakin menyakitkan saat terjadi di musim kemarau. Bahkan bagi sebagian orang, sakit kepala serta migraine akan terjadi lebih sering ketika di musim kemarau.

Paparan sinar ultraviolet serta panasnya sinar matahari secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Akibatnya, otot diwajah menjadi semakin tegang serta kepala menjadi terasa pusing. Keringat yang bercucuran karena panasnya sinar matahari di musim kemarau juga dapat menyebabkan migraine, mual serta muntah. Untuk mencegah sakit kepala serta migraine di musim kemarau,sebaiknya gunakan paying, kacamata maupun topi saat anda melakukan aktivitas di luar ruangan untuk mengurangi masalah seperti sakit kepala serta migraine. Selain itu, perbanyak minum air agar anda tidak mengalami dehidrasi.

  • Infeksi saluran kemih
minum air putih

minum air putih

Bila anda pernah mengalami penyakit infeksi saluran kemih, maka musim kemarau akan membuat penyakit tersebut lebih cepat kambuh. Kambuhnya penyakit infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh karena cuaca yang panas serta kurangnya konsumsi air di musim kemarau. Bila anda kurang minum air, maka air seni anda menjadi lebih kental dan akan membentu kristal atau batu yang nantinya akan mengendap di salurna kemih. Kondisi seperti ini akan semakin berbahaya, karena dapat menyebabkan terjadnya infeksi.

Maka dari itu, sebaiknya perbanyak minum air di musim kemarau untuk menjaga kesehatan salurna kemih serta menjaga kondisi kulit agar tetap lembab.

  • Radang rongga hidung serta sesak napas

Udara yang bercampur debu di musim kemarau, dapat menyebabkan radang rongga hidung, apalagi bila anda termasuk ornag yang memiliki rongga hidung lemah serta mudah terserang alergi. Debu yang masuk dalam rongga hidung akan berkumpul dan menyebabkan kerak yang tidka nyaman di rongga hidung. Musim kemarau juga sangat tidak baik bagi orang-ornag yang mengidap penyakit asma. Udara yang kering bercampur dengan debu yang terbawa angin dapat memperburuk keadaan penyakit asma serta dapat meningkatkan terjadinya infeksi pernapasan. Sebaiknya gunakanlah masker untuk menutupi saluran pernapasan anda saat anda berada diluar ruangan.

  • Mata merah

Udara yang kering dan bercampur dengan debu dapat menyebabkan terjadinya mata merah. Sebaiknya hindarilah mengucek mata dan gunakanlah saputangan maupun tis saat mata anda terasa gatal.

Bila anda merasa seperti ada sesuatu yang masuk atau terasa seperti ada yang mengganjal di mata anda, kemungkinan itu merupakan gejala awal dari infeksi mata merah. Segera obati bila anda merasa seperti ada benda yang masuk atau mengganjal di mata anda serta bila putih mata mulai nampak kemerahan. Bila mata anda mulai memerah, terasa nyeri, banyak keluar air mata serta kotoran mata, maka itulah yang diebut dengan infeksi mata merah.

  • Batuk

Batuk sebenarnya merupakan gejala awal dari penyakit saluran napas. Terkadang juga disertai dengan bersin, sesak napas dan demam ringan sampai sedang. Batuk saat musim kemarau, kemungkinan disebabkan karena suhu udara yang terlalu kering, kurang minum air, maupun karena debu maupun mikroorganisme yang masuk ke tenggorokan melalui mulut maupun hidung.