Memperhatikan Jumlah Serta Cara Membatasi Konsumsi Garam Berlebihan

garam meja

garam meja

Banyak sekali makanan yang mengandung garam. Makanan yang tidak diberi garam biasanya akan terasa hambar, sehingga banyak sekali cara yang dilakukan orang-orang agar makanan yang akan dikonsumsi nantinya terasa jadi lebih nikmat saat disantap.

Namun demikian, anda perlu untuk memahami jumlah konsumsi garam yang diperbolehkan dalam sehari-hari, yang nantinya tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita, seperti munculnya penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Hampir semua jenis makanan yang kita konsumsi mengandung garam, mulai dari gorengan, sup dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis makanan cenderung memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Hal seperti ini perlu sekali untuk diperhatikan karena hal seperti ini demi untuk kesehatan diri kita sendiri. Berbagai makanan yang mengandung garam yang tinggi, meliputi:

  • Makanan olahan
Makanan olahan dari daging merah

Makanan olahan dari daging merah

Berbagai makanan olahan seperti sosis, mie instan, gading kalengan, kentang beku dan lain sebagainya. merupakan makanan olahan yang memerlukan garam sebagai zat untuk mempertahankan kesegaran makanan itu sendiri. Biasanya penggunaan garam dalam tujuan sebagai pengawet makanan biasanya diberikan secara berlebihan. Anda seharusnya lebih berhati-hati dalam hal mengolah makanan olahan seperti itu sehingga efek jangka panjang dari kelebihan garam dapat anda hindari.

  • Saus serta penyedap rasa

Saus maupun penyedap rasa merupakan bahan pelengkap suatu makanan sebelum dikonsumsi. Penyedap rasa yang berbahan dasar MSG atau monosodium glutamate perlu diperhatikan dalam hal jumlah konsumsinya.

Selain jenis makanan, ada juga tempat-tempat yang menyajikan makanan yang cenderung mengandung garam yang tinggi. Tempat-tempat tersebut, adalah:

  • Rumah makan maupun restoran

Restoran maupun rumah makan merupakan salah satu tempat yang biasanya menajikan banyak makanan yang mengandung garam. Kita tidak bisa memperhatikan jumlah pemakaian garam dalam makanan yang kita pesan. Sebaiknya perlu untuk berpesan pada juru masak restoran tersebut agar tidak memberikan garam dalam jumlah yang terlalu banyak dalam makanan yang anda pesan.

Jumlah konsumsi garam yang boleh dikonsumsi sebanyak 2300 mg atau sama dengan satu sendok teh. Konsumsi garam dalam jumlah yang lebih dari itu akan berpengaruh pada kinerja organ tubuh kita seperti organ jantung maupun organ ginjal. Efek buruk seperti tekanan darah tinggi bisa terjadi karena adanya kelebihan jumlah garam dalam darah kita.

penambahan garam pada makanan

penambahan garam pada makanan

Maka dari itu, sudah barang tentu bagi kita untuk memperhatikan jumlah pemakaian garam dalam makanan kita sehari-hari. Selain minyak dan gula, garam juga merupakan salah satu pelengkap makanan yang perlu kita waspadai demi kesehatan tubuh kita.

Kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi garam karena selain dapat menyebabkan hipertensi, garam juga dapat merusak organ tubuh kita yang lainnya terutama ginjal.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membatasi konsumsi daram secara berlebihan, yaitu:

  • Perbanyak konsumsi makanan segar
  • Pilihlah makanan seperti ayam segar atau daging sapi segar yang bisa kita olah sendiri sehingga kita bisa mengetahui secara pasti berapa banyak garam yang kita tambahkan saat memasaknya.
  • Pilihlah produk makanan yang memiliki kandungan sodium rendah
  • Beberapa produk makanan olahan biasanya memiliki varian yang rendah garam.Jadi pilihlah produk makanan yang memiliki label rendah garam maupun rendah sodium.

Beberapa produk makanan memiliki label yang bertuliskan rendah sodium, rendah lemak maupun tanpa garam tambahan. Dibawah ini adalah pengertian dari label-label tersebut:

  • Bebas garam, tiap sajian mengandung kurang dari 5 mg garam
  • Sangat rendah garam, tiap sajian mengandung garam sebanyak 35 mg atau kurang dari itu
  • Rendah garam, tiap sajian mengandung garam sebanyak 140 mg atau kurang
  • Garam lebih sedikit, produk seperti ini biasanya mengandung garam sekitar 25% lebih sedikit daripada produk versi aslinya
  • Tanpa garam tambahan, tidak ada garam yang ditambahkan saat proses pengolahan. Namun makanan yang dilengkapi dengan label seperti ini kemungkinan kadar garamnya masih tinggi bila bahan dasarnya sudah mengandung garam

Maka dari itu, sudah sebaiknyalah agar kita mengganti garam dengan cara menggunakan bumbu rempah-rempah yang akan menambah citarasa pada masakan. Selain itu bisa juga kita ganti dengan menggunakan kecap asin rendah garam.

Sebagai gantinya, gunakan bumbu rempah-rempah untuk memberi citarasa pada masakan. Atau, gantikan garam kita dengan saus yang rendah garam, misalnya kecap asin rendah garam.

Bila kita sedang berada diluar rumah, semaiknya mintalah agar makanan seperti steak, sandwich, salad maupun spaghetti yang kita pesan dipisah dengan sausnya.