Mencegah dan Mengobati Diverticulitis Secara Alami

gambaran divertikulitis

gambaran divertikulitis

Diverticulitis adalah suatu kondisi peradangan serta bintil-bintil atau biasa disebut diverticula pada bagian usus kecil maupun usus besar. Diverticula berbentuk seperti kantung yang berkembang dari waktu ke waktu dalam system pencernaan.

Penyebab munculnya diverticulitis masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli memperkirakan bahwa diverticulitis disebabkan karena adanya tekanan pada dinding usus saat kita mengejan, sehingga menyebabkan peradangan dan iritasi yang akhirnya membentuk kantung diverticula. Ketika salah satu kantung diverticula mengalami perdangan, maka kondisi itulah yang dinamakan diverticulitis.

Beberapa gejala dari diverticulitis, meliputi adanya darah pada tinja, sembelit, diare, mual, cepat lelah, perut kembung serta nyeri pada bagian perut. Gejala diverticulitis hampir mirip sepertii penyakit Crohn. Jadi sebaiknya segera periksa ke dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis yang benar.

Ada beberapa cara untuk mencegah serta mengobati diverticulitis secara alami. Yang paling utama adalah mengubah gaya hidup serta pola makan. Biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk menjaga kesehatan system pencernaan.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati diverticulitis secara alami, meliputi:

  • Kentang

Mengkonsumsi kentang memang terkadang terasa membosankan. Namun, kentang memiliki sifat menenangkan serta mengandung bahan alami yang bersifat anti-inflamasi. Kentang mudah untuk dicerna oleh system pencernaan serta tidak mengandung lemak. Kentang akan mengandung lemak apabila diproses atau dimasak dengan cara digoreng. Kentang goreng tidak bisa mencegah maupun mengobati diverticulitis. Kentang tumbuk merupakan makanan yang paling tepat untuk mencegah serta mengobati diverticulitis.

  • Pepaya serta pir
manfaat pepaya untuk kesehatan

manfaat pepaya untuk kesehatan

Buah pepaya serta pir mampu menjaga kesehatan system pencernaan. Sebab, buah pepaya serta pir kaya akan serat, vitamin dan mineral. Maka dari itu, mengkonsumsi buah pepaya maupun buah pir mampu untuk mencegah serta mengobati diverticulitis.

  • Buah dan sayur yang mengandung vitamin C

Berbagai buah dan sayur yang mengandung vitamin C dapat dikonsumsi untuk mencegah serta mengobati diverticulitis secara alami. Vitamin C diperlukan untuk proses pembuatan sel-sel baru, merangsang system kekebalan tubuh, untuk membangun jaringan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka. Mengkonsumsi vitamin C diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi peradangan pada system pencernaan.

  • Barley

Barley merupakan salah satu jenis serealia yang kaya akan serat. Selain itu barley juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan pada system pencernaan. Anda bisa mengganti nasi dengan barley saat anda makan pagi untuk mencegah serta mengobati diverticulitis.

  • Beras merah

Mengganti beras putih dengan beras merah merupakan cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berbagai nutrisi serta senyawa alami dalam beras merah mampu menjaga kesehatan system pencernaan khususnya kesehatan usus besar. Selain itu, beras merah juga mampu menenangkan peradangan pada usus.

  • Kacang-kacangan, biji-bijian serta jagung

Kacang-kacangan, biji-bijian serta jagung, bisa dikonsumsi untuk mencegah serta mengobati diverticulitis. Menjaga pola makan yang seimbang serta memperbanyak konsumsi makanan yang kaya serat akan menjaga kesehatan system pencernaan.

  • Bawang putih
bawah putih

bawah putih

Bawang putih juga bisa digunakan dalam mencegah serta mengobati diverticulitis. Bawang putih mengandung berbagai senyawa yang kuat untuk mencegah infeksi serta mampu mengurangi peradangan. Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi berbagai racun dalam tubuh maupun system pencernaan.

  • Yoghurt

Yoghurt juga bisa dikonsumsi untuk mencegah serta mengobati diverticulitis secara alami. Yoghurt akan mengurangi infeksi pada system pencernaan dengan cara menambah jumlah bakteri baik dalam usus anda. Kurangnya bakteri baik dalam usus merupakan penyebab berbagai masalah pada system pencernaan.

  • Lidah buaya

Lidah buaya sejak dulu telah dikenal sebagai agen anti-inflamasi serta memiliki sifat menenangkan. Mengkonsumsi lidah buaya mampu menenangkan serta mengurangi peradangan pada usus. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya untuk mencegah serta mengobati diverticulitis secara alami.

  • Minyak jarak

Cara terbaik untuk mencegah infeksi bakteri pada usus adalah dengan membersihkannya secara total. Minyak jarak mampu membersihkan usus dari berbagai macam bakteri . sayangnya, minyak jarak juga akan ikut membersihkan usus dari bakteri yang baik. Kondisi seperti ini tentunya akan menghilangkan berbagai bakteri baik dalam usus yang sehat. Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter ahli sebelum menggunakan minyak jarak untuk mencegah serta mengobati diverticulitis.