Mencegah Diabetes Gestational Secara Alami

memeriksa kadar gula selama kehamilan

memeriksa kadar gula selama kehamilan

Diabetes gestational merupakan salah satu jenis penyakit diabetes yang umumnya mempengaruhi wanita hamil. Umumnya diabetes gestational muncul pada trimester ketiga masa kehamilan.

Umumnya gejala diabetes gestational tidaklah terlalu berat, namun bila tidak dicegah akan dapat menyebabkan komplikasi pada ibu maupun anak. Kebanyakan gejalanya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, namun dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes tipe 2 pada si ibu di kemudian hari.

Penyebab dari diabetes adalah karena reseptor insulin tidak mampu bekerja secara maksimal, sehingga menyebabkan ketidak stabilan gula darah. anak-anak yang lahir dari seorang ibu yang mengidap diabetes gestational cenderung mengalami obesitas serta rentan terserang berbagai penyakit lain, seperti diabetes, penyakit kuning, maupun masalah kesehatan lainnya.

Seperti bentuk diabetes lainnya, belum ada obat yang dapat mengobati diabetes gestational. Namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya diabetes gestational. Beberapa cara untuk mencegah diabetes gestational secara alami, adalah:

  • Makan secara teratur

Salah satu penyebab dari segala bentuk diabetes adalah makan yang tidak teratur. Makan yang tidak teratur akan meningkatkan kadar gula darah serta kalori dalam tubuh. Hal seperti ini nantinya akan mempersulit metabolism alami dalam tubuh kita. Jadi, untuk mencegah diabetes termasuk diabetes gestational adalah dengan makan secara teratur. Makan secara teratur akan membiasakan tubuh anda memperoleh nutrisi serta menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, sehingga akan ikut mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

  • Olahraga secara teratur
olahraga selama masa kehamilan

olahraga selama masa kehamilan

Olahraga mampu mencegah berbagai macam penyakit serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selama masa kehamilan, wanita akan mengalami peningkatan berat badan. Berat badna yang meningkat dapat dikelola dengan cara berolahraga secara teratur. Olahraga seperti jalan pagi setiap hari selama 30 menit, cukup unyuk meningkatkan detak jantung, merangsang metabolism, serta mencegah perkembangan diabetes gestational. Olarhaga lain seperti berenang juga bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya diabetes gestational.

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi penting bagi kesehatan kita, seperti kalsium, magnesium, zat besi, serta fosfor. Jadi, mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti jamur, tahu, maupun salmon selama masa kehamilan, akan mencegah terjaidnya diabetes gestational secara alami. Selain itu, vitamin D juga ikut merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang ikut berperan dalam menjaga kesehatan system pencernaan.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi siapa saja, termasuk ibu-ibu yang sedang hamil. Kekurangan vitamin C mampu menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes gestational pada ibu hamil. Wanita hamil yang kekurangan vitamin C cenderung mengalami berbagai gejala dari diabetes gestational, bahkan mampu mengembangkan penyakit diabetes tipe 2 dikemudian hari. Maka dari itu, sebaiknya cukupilah asupan vitamin C harian anda, selama masa kehamilan.

  • Astragalus

Berbagai penelitian terhadap diabetes gestational telah menemukan bahwa, astragalus memiliki efek yang kuat dalam mencegah diabetes gestational. Mengkonsumsi ekstrak astragalus mampu mengendalikan kadar gula darah secara signifikan. Namun,sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter ahli sebelum menggunakan ekstrak astragalus untuk mencegah diabetes gestational.

  • Asupan protein

Protein tidak hanya dibutuhkan untuk menambah massa otot saja. Namun, protein juga diperlukan untuk memecah karbohidrat menjadi senyawa yang lebih mudah untuk dicerna dan diolah oleh tubuh kita. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya diabetes gestational, anda bisa mengkonsumsi karbohidrat beserta protein secara bersamaan. Cara seperti ini nantinya akan mempermudah proses pencernaan serta metabolism karbohidrat. Cara seperti ini juga akan membuat hormone insulin dalam tubuh anda tidak dikeluarkan secara berlebihan untuk memproses karbohidrat. Selain itu, protein yang masuk dalam tubuh juga akan membantu pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan anda.

  • Konsumsi makanan berserat
mencegah diabetes gestational secara alami

mencegah diabetes gestational secara alami

Cara alami yang lain untuk mencegah diabetes gestational adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat mampu meningkatkan aktivitas reseptor insulin, menghambat pelepasan insulins ecara berlebihan dalam alirna darah, membantu menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh serta mencegah terjadinya diabetes. Berbagai jenis makanan yang kaya akan serat, seperti buah, sayur, biji-bijian maupun kacang-kacangan merupakan makanan yang paling baik untuk mencegah terjadinya diabetes gestational.

  • Konsumsi karbohidrat kompleks

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks merupakan salah satu cara untuk mencegah segala bentuk diabetes. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah karbohidrat kompleks selama masa kehamilan, untuk mencegah dampak buruk dari kekurangan insulin yang nantinya dapat menyebabkan diabetes gestational. Beberapa jenis karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, quinoa, maupun beras merah, bisa anda konsumsi untuk mencegah diabetes gestational. Hindari roti putih maupun junk food yang justru merangsang insulin untuk terus bekerja.

  • Kurangi gula

Penyakit diabetes sering dikaitkan dengan obesitas serta konsumsi gula. Maka dari itu, mengurangi asupan gula mampu mencegah terjadinya diabetes gestational secara alami. Sebaiknya gunakan pemanis alami atau madu, untuk mendapatkan rasa manis yang lebih menyehatkan.