Mencegah Munculnya Penyakit Batu Empedu

posisi kandung empedu

posisi kandung empedu

Seperti kita ketahui bersama, penyakit batu empedu bukanlah penyakit yang tidak dapat diobati. Penyakit batu empedu dapat diobati dengan berbagai macam metode, tergantung dari tingkat keparahannya.

Penyakit batu empedu yang masih dalam stadium awal masih dapat diobati dengan cepat. Namun bila penyakit batu empedu sudah termasuk stadium akut, maka tindakan terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjalani operasi untuk mengangkat batu empedu.

Operasi pengangkatan batu empedu merupakan sebuah operasi yang cukup berat serta memerlukan biaya yang cukup banyak. Jadi ada baiknya bagi kita agar selalu menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah munculnya penyakit batu empedu.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai upaya untuk mencegah munculnya penyakit batu empedu, adalah sebagai berikut:

  • Latihan Kardiovaskular
berolahraga

berolahraga

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University dan sudah dipublikasikan di dalam Annals of Internal Medicine telah memonitor lebih dari 45.000 responden pria serta telah menemukan bahwa sepertiga dari kasus munculnya kasus penyakit batu empedu dapat dicegah dengan cara melakukan latihan kardiovaskular selama 30 menit setiap hari.

Latihan kardiovaskular meliputi jalan cepat serta lari. Berjalan maupun berlari-lari kecil selama lima kali dalam seminggu dalam waktu 30 menit saja setiap pagi akan dapat mencegah serta menjauhkan kita dari berbagai jenis penyakit termasuk penyakit batu empedu.

  • Ganti Menu Sarapan
oat dengan kismis

oat dengan kismis

Kita bisa memproteksi diri kita dengan cara mengkonsumsi oatmeal serta minum segelas jus jeruk saat sarapan pagi. Dalam sebuah penelitian, telah ditemukan bahwa serat yang mudah larut seperti oatmeal merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan serat.

Jus jeruk merupakan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita dalam mencegah terjadinya penyakit batu empedu.

  • Perbanyak Sayur Dan Buah
sayur dan buah

sayur dan buah

Sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam serta kangsung merupakan contoh jenis sayuran yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan organ hati serta kandung empedu.

Sayuran yang berdaun hijau mengandu klorofil yang dapat menjaga tubuh kita terap dalam keadaan basa. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga dapat membuang berbagai residu yang bersifat asam dari dalam tubuh kita.

Dengan cara seperti ini, maka beban kerja organ hati dalam tubuh kita menjadi berkurang. Sehingga dapat melarutkan batu empedu yang nantinya akan menjaga kandung empedu tetap sehat.

Sayuran lain seperti lobak juga dapat memecah lemak serta mampu mencegah terjadinya batu empedu. Begitu juga dengan kunyit. Kunyit mengandung kurkumin yang mempu mengurangi peradangan serta mampu melarutkan batu empedu dalam kandung empedu. Kunyit akan semakin efektif bila dipadukan dengan lada hitam sebagai bumbu dalam masakan.

Buah apel dipercaya memiliki kemampuan dalam menyehatkan kandung empedu. Apel mengandung asam malat serta tartarat yang memiliki kemampuan untuk memecahkan kolesterol dalam tubuh kita. Buah apel baik dalam kondisi segar maupun yang sudah dijus dapat dikonsumsi untuk mencegah munculnya penyakit batu empedu.

Sayuran serta buah yang lain yang bisa dikonsumsi untuk mencegah munculnya batu empedu, meliputi brokoli, bawang putih, seledri, wortel, semangka, bit serta lemon.

  • Kurangi Serta Jauhi Makanan Berlemak

Ada baiknya untuk mengurangi serta menjauhi makanan berlemak tinggi. Ganti kebiasaan mengkonsumsi makanan berlemak dengan cara mengkonsumsi kacang-kacangan serta kopi.

Kopi, dapat menurunkan berkembangnya penyakit batu empedu. Orang-orang yang minum kopi sebanyak 2 cangkir kopi sehari mengalami pengurangan resiko terjadinya batu empedu sebanyak 40%. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan adalah salah satu cara agar tubuh kita tetap mendapatkan lemak yang baik untuk metabolisme tubuh kita.

Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan seperti makanan pedas, makanan cepat saji, daging merah, susu serta jagung. Jauhi makanan yang bersifat asam seperti produk olahan daging, gula, biji-bijian serta alkohol. Karena makanan serta minuman tersebut dapat meningkatkan residu asam dalam tubuh kita.

  • Konsumsi Vitamin

Vitamin seperti vitamin E dapat dikonsumsi untuk mencegah munculnya penyakit batu empedu. Karena banyak sekali kasus batu empedu yang terjadi karena tubuh kekurangan vitamin E. Dosis vitamin yang diperbolehkan adalah sekitar 200 UI per hari.

Selain itu, vitamin lainnya seperti vitamin A juga sangat diperlukan untuk menurunkan jumlah sel-sel yang mati yang nantinya bisa masuk ke dalam kandung empedu.

Selain itu, vitamin B kompleks juga sangat berperan dalam membuat zat-zat yang tersisa termasuk sisa-sisa metabolisme kolesterol yang masih menempel di dalam kandung empedu. Vitamin C juga diperlukan dalam membantu melarutkan batu empedu dengan cara mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang tidak berbahaya bagi tubuh kita.