Mengatasi Demam Berdarah Secara Alami

penyebab demam berdarah

penyebab demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dan sangat berbahaya. Demam berdarah adalah penyakit berupa demam akut yang lebih disebabkan karena adanya virus dengue, yang memasuki peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty.

Penyebaran virus dengue sangat cepat sekali serta dapat terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Umumnya, kasus demam berdarah sering ditemukan pada musim hujan. Korban demam berdarah terus meningkat dari tahun ke tahun.

Peningkatan jumlah korban demam berdarah umumnya disebabkan oleh penanganan yang lambat. Karena, umumnya orang-orang menganggap demam yang terjadi merupakan gejala demam biasa serta hanya diobati dengan obat penurun demam biasa yang banyak dijual dipasaran.

Penyakit demam berdarah banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis serta subtropics. Umumnya demam berdarah lebih sering terjadi ketika musim hujan. WHO memperkirakan bahwa paling tidak ada 50 sampai 100 juta kasus infeksi demam berdarah di berbagai belahan dunia dalam setiap tahunnya.

Selain diatasi dengan menggunakan obat sesuai dengan resep dokter, demam berdarah juga dapat diatasi dengan penggunaan obat-obatan yang bersifat alami. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam berdarah.

Berbagai tanaman obat tersebut dapat diramu dan diolah dalam bentuk sirup maupun serbuk. Beberapa jenis tanaman yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam berdarah, meliputi:

  • Meniran
tumbuhan meniran

tumbuhan meniran

Meniran memiliki nama ilmiah Phyllanthus urinaria. Mengkonsumsi air rebusan daun meniran mampu mengobati penyakit hati, diuretic alami untuk menjaga hati dan ginjal, pengencer dahak, antidiare, mencegah panas dalam, pencegah kolik, serta sebagai tonik untuk lambung.

Meniran berfungsi untuk menghambat serangan virus hepatitis pada DNA, antibakteri, anti jamur serta mencegah penyakit pada pencernaan. Meniran juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh selalu dalam keadaan sehat.

Meniran mengandung flavonoid yang baik sekali untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Meniran juga mengandung senyawa lainnya seperti asam fenolat, alkaloid, triterpenoid serta tannin, sehingga membuat meniran memiliki sifat antivirus.

  • Kunyit

Kunyit atau Curcuma domestica juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam berdarah. Selain itu, kunyit juga bersifat antimikroba, antioksidan, antivirus, antikanker serta menjaga kesehatan organ pencernaan.

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan dalam pembuatan ramuan tradisional untuk kesehatan. Karena, kunyit mampu mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit serta sifat baik lainnya seperti gangguan darah, menjaga hati, mengobati luka pada lambung, antiinflamasi, mencegah sakit perut, gangguan pencernaan serta antioksidan.

Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit memiliki antivitas sebagai antimikroba alami, antirematik, mengobati tukak lambung, antikanker serta antitumor.

  • Pepaya gandul

Pepaya gandul adalah pepaya jantan. Pepaya sering dibagi menjadi 2 macam yaitu pepaya betina dan pepaya jantan. Pepaya jantan adalah pepaya yang tidak bisa berbuah. Daun pepaya gandul mengandung berbagai macam enzim yang baik, seperti karpain, papain, nikotin, kontinin, pseudokarpain, glikosida karposid serta miosmin.

Daun pepaya gandul tidak hanya untuk mengatasi demam berdarah, tapi juga bisa digunakan untuk merangsang cairan empedu, obat sakit perut, demam karena malaria, cacingan serta membantu proses pencernaan. Sedangkan getah pepaya gandul baik untuk obat pencahar.

Kandungan papain dalam daun pepaya memiliki efek terapi yang baik bagi pengidap inflamasi maupun pembengkakan pada hati, mata, kelamin maupun usus halus. Seseorang yang mengalami demam berdarah juga mengalami pembengkakan pada hati. Selain itu daun pepaya juga bersifat antioksidan, antikoagulan serta dapat menyembuhkan luka pada usus maupun lambung.

  • Temu hitam
temu hitam

temu hitam

Temu hitam juga dapat mengobati efek samping dari demam berdarah, seperti kerusakan pada sel-sel hati. Selain itu, temu hitam juga dapat digunakan untuk mengobati luka pada usus dan lambung, penyakit batuk, asma, mencegah obesitas, menambah nafsu makan, serta mencegah rematik.

Temu hitam banyak mengandung minyak atsiri yaitu zingiberene dan turmeron, kurkuminoid, saponin, alkaloid, pati, damar serta lemak.

  • Jambu biji

Jambu biji merupakan makanan yang kaya akan vitamin C serta flavonoid yang fungsinya untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Selain itu daun jambu biji mengandung tannin , minyak lemak serta minyak atsiri.

Daun jambu biji telah terbukti mampu menghambat aktivitas enzim serta penyebaran virus dengue. Yang menyebabkan daun jambu biji mampu menghambat penyebaran virus dengue adalah adanya kandungan tannin.