Mengenal Air Bervitamin Secara Lebih Dekat

air bervitamin

air bervitamin

Akhir-akhir ini air bervitamin atau biasa disebut vitamin water mulai popular dimana-mana, bahkan sampai di Indonesia. Banyak yang menganggap bahwa seperti namanya, air bervitamin sangat baik untuk kesehatan.

Namun, apakah air bervitamin itu memang benar-benar sangat bermanfaat bagi kesehatan? Air bervitamin atau vitamin water memang mengandung vitamin. Namun, vitamin yang terkandung didalamnya merupakan vitamin sintetis atau vitamin buatan yang tidak alami.

Hingga saat ini, vitamin buatan yang sebenarnya berasal dari zat kimia, masih belum terbukti mampu memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti vitamin alami yang banyak terkandung pada buah dan sayuran. Jadi bisa dikatakan bahwa, air bervitamin tidak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, di dalam kemasan air bervitamin juga terkandung bahan-bahan lain, seperti pemanis buatan serta perasa buatan yang berbahaya bagi kesehatan. Malah ada juga air bervitamin yang didalamnya terkandung kafein.

Selain itu, air bervitamin harganya relative lebih mahal dari pada minuman-minuman yang lainnya di pasaran. Dan ternyata, botol untuk air bervitamin memiliki kualitas yang lebih baik serta harganya lebih mahal.

Minuman bervitamin yang memiliki warna cerah sangat mudah untuk membuat anak-anak menjadi tertarik untuk mengkonsumsinya. Namun sebaiknya kita, sebagai orang tua, mampu untuk mengatakan tidak. Karena kebanyakan warna cerah itu bisa saja mengandung pewarna dan gula yang tinggi.

air bervitamin dalam berbagai rasa

air bervitamin dalam berbagai rasa

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dapat meningkatkan obesitas pada anak. Para ahli gizi di Amerika percaya, bahwa minuman manislah yang menyebabkan terjadinya peningkatan kasus obesitas pada anak-anak di Amerika.

Minuman bervitamin boleh dikonsumsi, khususnya setelah melakukan aktivitas yang berat atau setelah berolahraga. Air bervitamin bisa dijadikan sumber energy atau untuk menggantikan energy yang hilang secara instan. Minuman bervitamin ada yang mengandung 100 sampai 125 kalori dalam 1 kemasan.

Bila anda selalu aktif bergerak maupun berolahraga, seperti para atlet, maka mengkonsumsi air bervitamin tidak memberikan dampak yang serius. Karena kalori di dalamnya akan mudah terbakar. Namun bila anda sehari-hari hanya duduk dan jarang sekali berolahraga, maka mengkonsumsi air bervitamin akan semakin membuat anda melar.

Ada yang berkata bahwa air bervitamin lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan minuman bersoda maupun jus dalam kemasan. Karena air bervitamin mengandung gula serta zat kimia yang relative lebih sedikit dibandingkan minuman bersoda serta jus dalam kemasan.

Memang, air bervitamin lebih menyehatkan karena mengandung lebih banyak nutrisi serta lebih rendah kalorinya jika dibandingkan dengan minuman bersoda maupun jus dalam kemasan. Maka dari itu, bila anda suka mengkonsumsi minuman bersoda maupun jus dalam kemasan, anda bisa beralih untuk mengkonsumsi air bervitamin.

air bervitamin yang lebih alami

air bervitamin yang lebih alami

Namun, meskipun termasuk dalam kategori minum yang “menyehatkan” sebaiknya air bervitamin tidak dikonsumsi setiap hari serta tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, bagaimanapun juga didalamnya masih terkandung bahan pemanis, perasa serta berbagai zat kimia lainnya yang bisa saja berbahaya.

Akan lebih baik bila anda mengkonsumsi air putih atau air mineral yang benar-benar menyehatkan. Bila anda bosan dengan air putih atau air mineral yang itu-itu saja, anda bisa menambah beberapa potong lemon, jeruk atau strawberry untuk memberikan rasa pada air yang anda minum. Menambahkan bahan-bahan alami pada air yang anda minum akan lebih bermanfaat untuk kesehatan anda.

Mengkonsumsi air putih atau air mineral akan semakin baik untuk kesehatan tubuh anda, bila anda kombinasikan dengan pola makan sehat, gaya hidup sehat serta rajin berolahraga.