Mengenal Bakteri Probiotik

plain yoghurt dengan buah

plain yoghurt dengan buah

Anda pasti sudah sering mendengar tentang istilah probiotik. Istilah probiotik sering muncul di iklan-iklan susu maupun yoghurt. Namun, tahukah anda apa sebenarnya probiotik itu?

Probiotik merupakan sebutan untuk bakteri menguntungkan yang bersifat baik dan banyak ditemukan di dalam aluran pencernaan kita. Fungsi dari probiotik adalah untuk membantu kita dalam hal menjaga kesehatan seluruh sistem pencernaan kita.

Probiotik merupakan bakteri hidup dan baik untuk usus, yang nantinya akan menyeimbangkan ekosistem atau kondisi saluran pencernaan dalam tubuh kita. Probiotik berkembang dalam saluran pencernaan dan nantinya akan menjaga sistem pencernaan kita dengan cara menekan pertumbuhan bakteri yang berbahaya dalam pencernaan kita.

Jadi, dengan kata lain, tanpa adanya atau kurangnya bakteri probiotik dalam saluran pencernaan, nantinya akan meningkatkan munculnya bakteri jahat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti sakit perut serta diare.

Probiotik banyak ditemukan dalam yoghurt. Selain dalam yoghurt, bakteri probiotik juga dapat kita temukan pada jenis makanan lain, seperti susu, tempe, mentega maupun keju. Probiotik menjadi sangat terkenal karena peranannya dalam menjaga kesehatan manusia, seperti menjaga kesehatan organ pencernaan maupun menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Seorang ahli gizi dari Kanada yang bernama Mitchell Jones, telah menemukan bahwa mengkonsumsi probiotik dua kali dalam sehari cukup efektif dalam menurunkan kadar LDL dan bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol total.

bakteri probiotik

bakteri probiotik

Lalu Jones berusaha untuk meneliti lebih lanjut, apakah probiotik juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar koleterol ester, yaitu suatu molekul kolesterol yang umumnya menempel pada asam lemak. Kolesterol ester bersama-sama dengan LDL merupakan salah satu faktor resiko dari penyakit jantung serta penyakit pembuluh darah atau aterosklerosis.

Penelitian ini melibatkan sekitar 127 orang deasa yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sebagian responden diberi L.reuteri NCIMB 30242, yaitu suatu formula bakteri lactobacilus sebanyak dua kali dalam sehari. Sedangkan sebagian reponden yang lainnya diberikan kapsul plasebo.

Setelah 9 minggu hasilnya memperlihatkan bahwa orang-orang yang diberi formula probiotik tadi mengalami penurunan kolesterol jahat sebanyak 11,6 % jika dibandingkan dengan orang yang diberi kapsul plasebo. Kadar kolesterol ester juga ikut menurun sampai 6,3% serta koleterol ester asam lemak jenuh turun sampai 8,8%.

Selain itu, orang yang rajin mengkonumi probiotik juga mengalami penurunan kolesterol total mencapai 9,1%. edangkan kadar kolesterol baik atau HDL dengan kadar trigliseridanya tidak mengalami perubahan.

Para ahli kesehatan yang ikut dalam penelitian terebut menjelakan bahwa lactobailus maupun bakteri baik lainnya akan membantu kita dalam menurunkan kolesterol dengan berbagai macam cara, salah satu caranya adalah memecah bagian molekul yang biasa disebut dengan nama asam empedu.

Berdasarkan hubungan antara penurunan kolesterol jahat atau LDL dengan pengukuran asam empedu di usus, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa probiotik dapat memecah asam empedu sehingga terjadi penurunan penyerapan kolesterol pada usus serta menyebabkan turunnya LDL.

Untuk menurunkan kolesterol, kita perlu mengkonsumsi 200 mg probiotik setiap harinya. Jumlah seperti ini jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan konsumsi serat larut.

makanan yang mengandung probiotik

makanan yang mengandung probiotik

Karena begitu banyaknya manfaat probiotik untuk kesehatan, seperti untuk menurunkan kolesterol dan menjaga sistem pencernaan, maka banyak sekali produsen susu maupun yoghurt yang mengklaim bahwa produk buatannya mengandung probiotik.

Bahkan di Amerika, probiotik bukan saja terkandung dalam susu maupun yoghurt, karena ada juga produk lain seperti roti, cokelat, sereal, pasta gigi, jus bahkan sampai sedotan minum yang didalamnya terkandung bakteri probiotik.

Probiotik yang ditambahkan ke dalam produk-produk seperti ini dipercaya akan dapat meningkatkan nilai jual dari suatu produk tertentu karena berkesan dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh para konsumen.

Namun, benarkah probiotik yang terkandung dalam berbagai produk tersebut berguna sepenuhnya untuk kesehatan sistem pencernaan kita? Seorang profesor kedoteran anak di MassGeneral Hopital for Children di Boston yang bernama Dr Patricia Hibberd mengatakan, menambahkan probiotik pada makanan tidak langung membuat produk makanan tersebut menjadi lebih sehat atau bahkan lebih tinggi kualitasnya. Bakteri probiotik yang ditambahkan tidak akan memberikan manfaat apa-apa kecuali bila bakteri probiotik tersebut muncul secara alami dalam suatu makanan.

Memang, terkadang masyarakat terlalu berlebihan dalam menilai manfaat dari probiotik. Padahal, produk-produk yang dinyatakan mengandung probiotik seringkali harganya berkesan tidak masuk akal karena harganya lebih mahal daripada produk sejenis yang tidak memakai embel-embel probiotik.

Jadi sayang sekali kalau produk-produk yang harganya mahal itu tidak dapat memberikan manfaat yang baik sesuai dengan harganya yang mahal.

Sebelum membeli suatu produk yang dikatakan mengandung probiotik, sebaiknya anda perlu lebih mengetahui tentang apa itu probiotik:

  • Aturan khusus untuk probiotik

Probiotik memang merupakan bahan yang alami. Namun, produk seperti ini tidak seharunya beredar secara luas di pasaran. Harus ada izin khusus dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

  • Efek samping ringan

yogurtOrang-orang yang pertama kalinya mengkonsumsi suatu produk makanan yang mengandung probiotik biasanya akan mengalami keluhan, seperti adanya gas yang berlebihan pada sistem pencernaan serta rasa kembung. Efek samping seperti ini tergolong ringan serta nantinya akan hilang hanya dalam beberapa hari.

  • Jumlah bakteri probiotik tidak sama dengan yang lainnya.

Meskipun produknya sama, namun biasanya jumlah bakteri probiotik yang terkandung di dalamnya tidaklah sama. Ada yang lebih sedikit, ada juga yang lebih banyak. Semua itu tergantung pada sistem pengulturan atau pertumbuhan dari bakteri itu sendiri. Terkadang ada juga bakteri yang mati dalam suatu produk tertentu sehingga tidak bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan anda.

  • Tidak sepenuhnya aman

Probiotik aman untuk dikonsumi, dan bahkan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Namun, ada orang yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi probiotik. Orang yang daya tahan tubuhnya kurang serta pengidap kanker yang sedang menjalani terapi imun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi probiotik.

  • Memperhatikan tanggal kedaluwarsa

Sebelum membeli produk yang mengandung probiotik, sebaiknya tidak lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Bakteri yang masih hidup tentu akan mati bila sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Hal seperti ini perlu kita lakukan untuk bisa mendapatkan manfaat dari probiotik secara optimal. Selain itu, produk yang mengandung probiotik umumnya juga mencantumkan saran penyimpanan seperti disimpan dalam lemari es, dalam tempat yang gelap serta tidak terkena paparan inar matahari secara langung.

  • Membaca label kemasan

Jumlah bakteri yang terkandung dalam suatu produk makanan yang mengandung probiotik memang tidak tercantum. Namun jenis bakteri yang terkandung di dalamnya umumnya akan di cantumkan dalam label produk. Selain itu baca dan ikuti aturan takaran, frekuensi konsumsi serta cara penyimpanannya untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal untuk kesehatan kita.