Mengenal Lebih Dekat Tentang Kalori

olahraga lari

olahraga lari

Tubuh kita masih memerlukan apa yang disebut dengan kalori. Kalori berfungsi untuk menghasilkan panas yang nantinya digunakan untuk membuat organ-organ tubuh kita bisa bekerja dengan baik. Untuk menghasilkan panas inilah, maka kalori dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tentunya anda pernah merasakan tubuh anda menjadi lemas serta seolah tak bertenaga karena belum makan. Tenaga yang dihasilkan oleh tubuh kita semua berasal dari kalori yang terkandung dalam makanan.

Apabila tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan yang mengandung kalori, maka tubuh kita akan mengalami kekurangan tenaga. Kalori sendiri terkandung di dalam berbagai jenis makanan, meliputi karbohidrat, protein serta lemak.

Jenis makanan yang banyak sekali mengandung kalori adalah lemak. Dalam 1 gram lemak murni terdapat sekitar 9 kalori. Jenis makanan karbohidrat serta protein dalam setiap gramnya mengandung kalori sebanyak 4 kalori.

Maka dari itu, sangatlah penting sekali artinya bagi kita untuk mengetahui berapa banyak jumlah kalori yang kita butuhkan sehingga dapat mempermudah program diet serta untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Sebab, bila kita mengkonsumsi semua jenis makanan tanpa memperhitungkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya, bisa jadi kita akan mengalami kelebihan kalori yang nantinya langsung berpengaruh pada peningkatan berat badan.

food-scaleCara untuk mengetahui berapa banyak jumlah kalori dari suatu makanan yang akan anda konsumsi, anda dapat melihatnya dari label yang tertera dibalik kemasan makanan. Dengan cara seperti ini, anda bisa menghitung sudah berapa banyak jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda setiap hari. Sedangkan untuk mengetahui jumlah kalori yang bagus untuk anda, anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi maupun ahli diet.

Tubuh kita memerlukan kalori sebagai sumber energi dalam hal pemenuhan kebutuhan setiap sel dalam tubuh kita. Kalori fungsinya sama dengan bahan bakar untuk menjalankan semua fungsi dalam tubuh. Namun, bila kalori yang masuk ke dalam tubuh kita jumlahnya terlalu banyak serta tidak terbakar dengan sempurna, nantinya akan berubah menjadi lemak. Inilah penyebab dari terjadinya kenaikan pada berat badan serta tidak baik untuk kesehatan kita.

Cara yang paling bijaksana dalam menyikapi ini semua adalah dengan cara memilih makanan yang baik bagi anda yang mengalami kelebihan berat badan. Kesalahan dalam hal memilih makanan nantinya justru membuat anda mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, walaupun sudah mengurangi jenis makanan yang dikonsumsi secara radikal. Hal seperti biasanya karena masih adanya asupan makanan yang kaya akan kalori.

Beberapa jenis makanan dan minuman mengandung kalori. Tergantung dari makanan maupun minuman itu sendiri. Ada makanan dan minuman yang rendah kalori, ada yang sedang, dan ada juga yang tinggi akan kalori.

Makanan yang rendah kalori maupun sedang, tentunya tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan maupun berat badan. Dengan catatan selama makanan dam minuman tersebut dikonsumsi secara bijak.

Ada baiknya untuk mengurangi atau bila berlu menghindari makanan maupun minuman yang banyak mengandung kalori. Berbagai jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung kalori, meliputi:

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti burger maupun kentang goreng mengandung banyak lemak. Semakin banyak lemak maka semakin tinggi juga kandungan kalorinya. Tingginya kandungan kalori tidak sebanding dengan kandungan nutrisi sehat yang terdapat di dalam burger maupun kentang goreng.

  • Gorengan

Makanan seperti gorengan tidak baik untuk kesehatan karena digoreng dengan meinyak yang terkadang tidak diganti setiap kali dipakai untuk menggoreng. Selain mengandung lemak dan kalori tinggi, gorengan juga tidak terjamin kebersihannya karena banyak dijual di pinggiran jalan.

  • Soda

Minuman bersoda memiliki rasa yang manis sehingga banyak sekali yang menggemari minuman ini. Minuman bersoda mengandung gula , sodium serta kalori yang tinggi, sehingga minuman seperti ini tidak mengandung nutrisi yang menyehatkan.

  • Sushi

Kebanyakan sushi terdiri dari sayuran yang rendah kalori, namun anda tetap perlu waspada. Campuran mayonnaise serta seafood yang membuat satu roll sushi memiliki kalori sebesar 500 sampai 600 kalori. Belum lagi kalau ditamabh dengan saus kecap yang mengandung sodium yang membuat kita jadi ingin terus makan dan minum.

  • Nasi goreng

Nasi goreng merupakan salah satu hidangan yang paling favorit bagi masyarakat di Indonesia. Nasi goreng sangat mudah sekali dicari dimana-mana. Tahukah anda bahwa satu porsi nasi gorengan mengandung kalori yang sangat tinggi. Nasi yang digoreng dengan minyak ditambah dengan lauk pauknya mengandung 740 kalori.

  • Pizza

pizzaMakanan khas dari Itali ini memiliki kadar kalori yang paling tinggi. Satu porsi pizza ukuran besar yang dipotong-potong menjadi 8 bagian memiliki total keseluruhan kalori sebesar 1920 kalori.

  • Cokelat

Cokelat yang dijual dipasaran biasanya sudah dicampur dengan susu, kacang, gula, gula palem dan lain sebagainya. Dalam sebatang cokelat ukuran 100 gram mengandung kalori sebanyak 500 kalori.

  • Snack

Snack yang dijual dipasaran umumnya mengandung mentega, gula, fruktosa, cokelat, pati dan lain sebagainya dalam proses pembuatannya. HAmpir semua produk snack yang dijual dipasaran mengandung kalori tinggi.

  • Makanan beku

Setiap makanan beku dalam kemasan kalengan yang dijual di supermarket biasanya mengandung banyak sekali kalori, lemak serta sodium. Kalori, lemak serta sodium merupakan elemen yang mudah sekali meningkatkan berat badan bila dikonsumsi secara berlebihan.