Mengenal Lebih Dekat Tentang Kanker Ginjal

kanker ginjal

kanker ginjal

Belakangan ini, hampir semua jenis penyakit mulai semakin berbahaya. Seolah-olah ingin menyaingi berbagai penemuan di bidang kedokteran yang semakin modern.

Mungkin masyarakat belum begitu mengenal tentang apa itu yang dimaksud dengan kanker ginjal. Karena kebanyakan masyarakat lebih mengenal penyakit kanker serta penyakit ginjal saja, dan kedua penyakit tersebut tidak akan mungkin bisa bersatu.

Sebenarnya, yang menyebabkan terjadinya kanker ginjal adalah adanya sel kanker yang terletak di bagian renal parenchyma, yang dapat menyebar dan menyerang ke bagian organ tubuh yang paling dekat yaitu ginjal. Penyebaran terjadi melalui saluran limfatik atau yang disebut juga dengan pembuluh darah vena.

Kasus terjadinya kanker ginjal mencapai 3 sampai 6% dari semua kategori kanker ganas. Setiap tahun kasus terjadinya kanker ginjal meningkat sebanyak 2%, dan pengidap kanker ginjal yang meninggal karena penyakitnya semakin parah, sebanyak 100.000 kasus per tahun.

Kanker ginjal kebanyakan terjadi pada orang-orang dewasa. Dan umumnya penyakit kanker ginjal lebih banyak dialami oleh pria daripada wanita pada berbagai tingkat usia. Biasanya, kanker ginajl baru mulai menampakkan gejalanya ketika seseorang telah berusia 50 sampai 70 tahun.

Berapa lamakah seseorang yang mengidap kanker ginjal dapat terus bertahan hidup? Semua itu sangat tergantung pada system imunitas tubuh dari orang itu sendiri.

Ginjal adalah dua buah organ yang berbentuk seperti kacang serta keduanya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Ginjal terletak di bagian belakang organ perut, dengan satu ginjal di setiap sisi tulang belakang.

Pada orang dewasa, jenis kanker ginjal yang paling umum adalah karsinoma sel ginjal. Jenis lain yang kurang umum juga bisa terjadi. Anak-anak juga rentan untuk mengalami kanker ginjal, namun jenis yang sering terjadi pada anak ini disebut tumor wilms.

Penyakit kanker ginjal jarang sekali menimbulkan gejala yang signifikan di tahap awal. Pada tahap tinggi atau penyakitnya mulai parah, gejala-gejala yang kemungkinan terjadi, meliputi:

  • Adanya noda darah dalam air seni. Terkadang berwarna merah muda, merah tua sampai merah kehitaman
  • Rasa nyeri pada bagian punggu di bawah tulang rusuk yang tidak kunjung sembuh
  • Adanya masalah dengan berat badan
  • Cepat lelah
  • Demam dalam waktu yang lama

Masih belum jelas apa yang menyebabkan terjadinya karsino pada sel-sel ginjal. Para dokter dan ahli kesehatan berpendapat bahwa kanker ginjal terjadi karena ada beberapa sel ginjal yang bermutasi. Mutasi menyebabkan sel ginjal tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Adanya peningkatan sel abnormal membentuk tumor yang dapat melebihi ukuran dari ginjal itu sendiri. Beberapa sel yang bermutasi terus berkembang biak dengan membelah diri dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Beberapa factor yang bisa memicu terjadinya kanker ginjal, meliputi:

  • Factor usia

Resiko terjadinya kanker ginjal akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia.

  • Kebiasaan buruk

Seorang perokok berat akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker ginjal jika dibandingkan dengan seorang yang tidak merokok. Resikonya akan semakin menurun apabila anda berhenti merokok.

  • Obesitas

ayah-anak-obesitasSeseorang yang mengalami obesitas memiliki resiko terserang penyakit kanker ginjal lebih tinggi jika dibandingkan dengan seseorang yang berat badannya normal. Untuk mengurangi resiko terserang kanker ginjal,sebaiknya turunkan berat badan anda.

  • Mengidap hipertensi

Seseorang yang mengidap hipertensi akan mengalami tekanan darah yang sangat tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker ginjal.

  • Mengidap gagal ginjal

Seseorang yang mengidap gagal ginjal diharuskan untuk melakukan dialysis dalam jangka panjang untuk mengobati penyakit gagal ginjal yang diidapnya. Seseorang yang mengidap penyakit gagal ginjal kronis umumnya akan lebih mudah mengalami penyakit kanker ginjal.

  • Mengidap penyakit Von Hippel Lindau

Penyakit Von Hipple Lindau merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan beberapa gangguan pada system metabolism tubuh. Seseorang yang mengidap penyakit Von Hipple Lindaukemungkinan akan menimbulkan beberapa jenis kanker, termasuk kanker ginjal.

  • Karsinoma sel ginjal karena keturunan

Seseorang yang mengidap karsinoma sel ginjal umumnya memiliki keturunan yang lebih rentan untuk mengidap penyakit kanker ginjal.

Dokter umumnya akan melakukan diagnosis ada tidaknya kanker ginjal. Setelah melakukan diagnosis dokter akan menentukan stadium dari penyakit kanker ginjal yang anda alami. Tes untuk kanker ginjal biasanya dengan menggunakan CT scan maupun tes pencitraan lainnya yang menurut dokter lebih sesuai.

 

stadium kanker ginjal

stadium kanker ginjal

Tahapan dari kanker ginjal, meliputi:

  • Kanker stadium 1. Dalam tahap ini, masih berbentuk kanker dengan diameter kurang dari 7 cm, yang muncul masih terbatas dalam area ginjal.
  • Kanker stadium 2. Dalam tahap ini kanker yang ada berukuran lebih besar dari 7 cm dan letaknya masih terbatas dalam area ginjal.
  • Kanker stadium 3. Dalam tahap ini kanker sudah memiliki ukuran yang lebih besar daripada ginjal dan mulai menginvasi daerah sekitar ginjal maupun menginvasi kelenjar getah bening di dekat ginjal.
  • Kanker stadium 4. Kanker sudah menyebar kemana-mana, baik itu ke beberapa kelenjar getah bening atau ke bagian luar ginjal, seperti tulang, jantung bahkan ke paru-paru.