Mengenal Lebih Dekat Tentang Mineral Boron

makanan yang kaya akan mineral boron

makanan yang kaya akan mineral boron

Boron merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh secara normal serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa kondisi gangguan kesehatan, seperti osteoporosis serta arthritis disebabkan karena kekurangan boron.

Bahkan mineral boron juga dapat mengurangi gejala menopause. Menurut banyak ahli kesehatan, mineral boron memiliki kemampuan untuk membantu penyerapan kalsium serta magnesium yang penting bagi tubuh kita.

Boron merupakan jenis mineral yang banyak ditemukan dalam makanan serta lingkungan sekitar kita. Beberapa orang juga menggunakan suplemen boron sebagai obat demi merangsang perkembangan otot serta menjaga kebugaran fisik.

Selain itu, orang-orang juga menerapkan asam borat pada kulit untuk mencegah terjadinya infeksi serta menggunakan asam borat untuk mencuci mata. Bahkan, pada tahun 1870 sampai tahun 1920 serta selama masa Perang Dunia ke I dan ke II, mineral boron digunakan sebagai bahan pengawet makanan.

Berbagai buah-buahan, seperti anggur merah, plum, pir, kiwi, jeruk, apel, alpukat, kurma merupakan jenis makanan yang kaya akan mineral boron. Berbagai sayuran, seperti tomat, bawang, kentang, dan buncis juga mengandung boron. Kacangan-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang borloti, kacang merah juga kaya akan boron.

Meskipun segala gejala defisiensi boron masih belum bisa diketahui secara pasti seperti apa bentuknya, namun telah diketahui bahwa kekurangan mineral boron mampu menyebabkan metabolism abnormal pada mineral kalsium serta magnesium.

Beberapa penyakit maupun gejala, seperti hipertiroidisme, ketidakseimbangan hormone seks, arthritis, osteoporosis serta kerusakan saraf, juga berkaitan dengan kekurangan mineral boron.

Berbagai manfaat dari mineral boron, meliputi:

  • Mencegah arthritis

Mineral boron dapat digunakan dalam hal mengobati serta mencegah terjadinya arthritis. Menurut para ahli kesehatan, penggunaan mineral boron dalam pengobatan arthritis akan menjaga kondisi persendian tetap sehat serta bebas dari adanya peradangan.

  • Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Boron mampu mengurangi berbagai gejala dari alergi serta mengurangi peradangan yang sangat berkaitan dengan kondisi rheumatoid arthritis.

  • Membangun otot tubuh
cara membentuk otot

cara membentuk otot

Mineral boron mampu meningkatkan kadar hormone testosterone pada pria. Konsumsi makanan yang mengandung boron akan ikut membangun otot serta tubuh pria maupun atlet. Banyak atlet binaraga yang menerapkan konsumsi boron dalam bentuk suplemen, namun masih belum ada bukti nyata atau penjelasan tentng mekanisme boron terhadap otot dan pembentukan tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Boron mampu membangun kapasitas tulang untuk menyerap kalsium secara lebih optimal. Tanpa kita sadari, boron ikut bekerjasama dengan kalsium dalam memperkuat tulang. Hal ini penting sekali artinya untuk mencegah serta mengurangi masalah kesehatan, seperti osteoporosis dan arthritis. Boron juga ikut berperan dalam metabolism mineral yang digunakan dalam perkembangan tulang, seperti kalsium, magnesium serta tembaga.

  • Mentabilkan hormone estrogen

Boron mampu menstabilkan bahkan meningkatkan hormone estrogen pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Boron memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi hormone seks alami dalam tubuh, sehingga mengurangi kebutuhan terapi sulih hormone.

  • Perkembangan janin

Tampaknya boron juga ikut berperan dalam reproduksi serta perkembangan janin. Sayangnya, belum ada banyak informasi tentang hal ini. Namun penelitian masih terus berlanjut.

  • Mencegah osteoporosis pasca menopause
osteoporosis

osteoporosis

Boron mampu meringankan gejala seperti hot flashes serta berkeringat di malam hari yang sangat berkaitan dengan menopause. Wanita yang telah mengalami menopause umumnya mengalami ketidakseimbangan hormone serta osteoporosis pasca menopause. Mineral boron akan membantu keseimbangan hormone dalam tubuh, sehingga mengurangi masalah setelah menopause.

  • Terapi kanker

Selain untuk terapi hormone, boron juga dapat digunakan untuk terapi kanker. Boron akan ikut berperan dalam menangkap neutron yang digunakan dalam terapi kanker serta dalam mengembangkan inhibitor enzim yang kuat dalam tubuh. Senyawa boron juga mampu digunakan untuk meniru sel antibody yang dapat mengidentifikasi sakarida maupun sel-sel kanker secara alami.

  • Mencegah penggumpalan darah

Boron, diyakini mampu mempengaruhi beberapa factor pembekuan darah dalam tubuh kita. Namun, masih belum dapat ditemukan mekanisme atau cara kerja boron dalam hal ini. Dengan kondisi seperti ini, maka bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung boron akan baik sekali dalam hal melawan penyakit jantung.

  • Menurunkan lemak plasma

Mineral boron juga dapat membantu mengurangi kadar lemak atau lipid dalam darah serta memungkinkan penghapusan kolesterol dalam berbagai macam cara. Dengan kondisi seperti ini, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung boron akan mencegah terjadinya atherosclerosis serta pembekuan darah, sehingga kita akan terhindar dari serangan jantung serta stroke.

  • Mengurangi infeksi jamur

Boron mampu melindungi tubuh kita dari serangan parasite, khususnya jamur, seperti candida albicans dan jamur-jamur lainnya. Jadi, untuk mencegah sera mengurangi masalah jamur, anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang kaya akan boron.

  • Menjaga fungsi serta kinerja otak
organ otak

organ otak

Dalam beberapa penelitian telah diketahui bahwa mineral boron mampu meningkatkan fungsi serta kinerja otak, menjaga koordinasi mata dnegan tangan, memori dalam jangka pendek serta kekuatan dalam berkonsentrasi.

  • Enzim inhibitor

Boron kemungkinan mampu diubah menjadi enzim inhibitor atau enzim yang memiliki kemampuan dalam menghambat berbagai enzim berbahaya serta pembentukan enzim-enzim yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, boron juga bertindak sebagai co-faktor untuk berbagai reaksi enzimatik yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Meskipun mineral boron sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, namun boron harus tetap dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Mengkonsumsi terlalu banyak boron, akan menyebabkan mual, muntah, kelemahan otot serta dermatitis. Dalam beberapa kasus, kelebihan boron juga mampu menyebabkan kelainan tulang.

Umumnya boron mudah diserap serta mudah dikeluarkan melalui urin. Namun, bagi beberapa orang khususnya yang memiliki masalah pada ginjal, kemungkinan boron akan menumpuk dalam organ hati, ginjal, otak serta jaringan dalam tubuhnya. Sehingga, anda tidak sadar akan berapa banyaknya mineral boron dalam tubuh anda, terlebih lagi bila anda juga menggunakan suplemen boron dosis tinggi.